Dalam menjalin sebuah hubungan dengan seseorang, tentunya kita mengidam-idamkan sebuah hubungan yang sehat dan bahagia. Menjaga keutuhan hubungan hingga dapat bertahan lama adalah hal yang gampang-gampang susah. Seringkali kita temui berbagai kendala dalam hubungan yang tengah berjalan.

Berselisih paham, rasa cemburu, bahkan pertengkaran kerap terjadi. Alasannya juga bervariasi. Seringkali kita temui dua orang sejoli yang saling mengekang satu sama lain karena rasa memiliki yang berlebihan terhadap pasangannya. Padahal kita semua, terlebih untuk kaum lelaki menginginkan sebuah hubungan yang ‘merdeka’.

Berikut ini adalah beberapa rangkuman keluh kesah cowok tentang hubungan yang tengah mereka jalani. Barangkali bisa jadi jawaban kalian, para cewek tentang; Dear cowok, hubungan yang merdeka itu seperti apa sih?

1. "Cewek punya keahlian untuk memutar-balikkan fakta. Berdebat sama mereka cuma bikin kita makin serba salah." –Jun, 21 tahun.

Kalau salah sekali, belajar lagi. Kalau salah dua kali, harus lebih teliti. Tapi kalau salah terus, fix! Ini pasti LELAKI.” Pernah dengar kalimat ini? Eh, kalian para cewek jangan senyum-senyum saja, ya. Entah dari mana mulanya, kaum adam adalah pihak yang paling “dipersalahkan” jika terlibat masalah dengan kaum hawa.

Advertisement

Apapun perkaranya, bagaimanapun sumber masalah yang sebenarnya, lelaki adalah biang dari segalanya. Sedangkan para wanita adalah makhluk suci tanpa dosa yang menyerahkan segalanya pada lelaki. True?

Menjadi sumber kesalahan dalam hubungan adalah hal yang tidak disukai siapapun, begitupula cowok-cowok di seluruh muka bumi ini. So, untuk mewujudkan sebuah hubungan yang merdeka, cobalah untuk pahami posisi masing-masing dan mulailah belajar untuk meluruskan masalah tanpa harus menyalahkan siapapun.

2. "Please, girls. Kami ini bukan dukun." –Adrian, 21 tahun.

apa lagi sih?

apa lagi sih? via https://f.ptcdn.info

Ya, mau bagaimana lagi. Cewek memang terlahir dengan kemampuan untuk merubah sesuatu yang dia pikirkan menjadi segelintir kode-kodean yang tersirat. Dan tugas cowok adalah menebak semua kode-kode yang diberikan dengan benar. Salah sedikit, siap-siap diterkam deh.

Advertisement

Mengutip pengakuan Adrian yang mulai putus asa, ada baiknya dalam hubungan yang kurang sehat seperti ini, ngambek dengan alasan ‘cowok yang kurang peka' harus mulai dikurangi. Berbicara jujur adalah satu-satunya cara untuk membuat cowokmu tak harus merasa tertekan.

3. "Wajib lapor 24 jam. Kabar hilang, pacar juga ikut hilang." –Podo, 23 tahun.

ah, stres lah.

ah, stres lah. via http://www.jmlalonde.com

Rasa cemburu adalah hal yang lumrah dalam sebuah hubungan. Baik lelaki ataupun wanita, semuanya memiliki rasa cemburu. Apalagi kalau sudah terlanjur sayang dan tidak mau si dia sampai berpindah ke hati yang lain. Sah-sah saja cemburunya, asal jangan sampai berlebihan sehingga membuat pasanganmu merasa frustasi.

Jangan ngaku hubungan kalian merdeka kalau salah satu dari kalian masih giat membatasi ruang gerak pasanganmu. Cemburu boleh, tapi harus dalam batas wajar. Logikanya adalah; si dia yang betul-betul sayang, mana tega membagi hatinya untuk orang lain. Setuju, girls?

4. "Dunia kami isinya bukan kamu saja." –Pungki, 23 tahun.

Sedikit-sedikit telepon pacar, sedikit-sedikit tanya dimana, lagi apa. Facebook, Twitter, BBM, Instagram, isinya kamu semua! Jangan jadi egois, girls. Seperti halnya kamu, pasanganmu juga punya dunianya sendiri. Dia punya keluarga, punya teman-teman, punya hobi, yang dia temui lebih dulu daripada kamu.

Beruntung memang kalau punya pasangan yang super perhatian dan selalu memberi kabar. Tapi, bagaimana jika pasanganmu adalah tipe cuek yang merasa cukup memberimu kabar sekali dalam sehari? Jangan melulu ngambek, sesekali cobalah mengerti sambil membangun pikiran yang positif. Anggap saja ini kesempatan buatmu juga untuk “me time”.

5. "Justru rasa percaya dari kalian yang bikin kami nyaman dan makin sayang." –Dean, 25 tahun.

it's difficult, but I'll try.

it's difficult, but I'll try. via http://www.ummi-online.com

Nah, sebentar lagi negara tercinta kita ini akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-72. Indonesia sudah merdeka, loh. Bagaimana denganmu? Hubunganmu? Sudah merdeka, belum? Harus merdeka, dong ya.

Yup, merdeka adalah bebas tanpa terikat pada apapun. Kamu yang hobinya masih mengikat pasanganmu dengan aturan ini-itu yang kurang masuk akal, bahkan membatasi segala kebebasannya, mulai sekarang harus lebih introspeksi diri lagi ya? Ini semua demi kebaikan hubungan kalian kedepannya. Jangan buat si dia merasa terkekang olehmu, tapi buatlah dia merasa nyaman dengan kepercayaan sepenuhnya darimu. Semoga bermanfaat, selamat hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Merdeka!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya