Perpisahan memang jarang menghadirkan kebahagiaan dan mungkin kenangan yang tersisa dari perpisahan adalah rasa sakit. Mungkin, ada hal yang sulit untuk diungkapkan, ada hal yang tak sempat terselesaikan, ada kesalah pahaman yang sulit diluruskan hingga ada hati yang sebenarnya masih ingin bertahan dan berjuang hingga rasa sakit yang tak terelakkan kerap kali menyiksa. Namun, setiap kisah yang dimulai memiliki akhir. Dan akhir dari kisah yang telah kita jalani tidak selalu bahagia seperti yang kita inginkan. Manusia memang dapat memiliki segudang rencana, tetapi tetap Sang Pencipta yang berhak menentukan hidup kita. Ketika kamu melewati tahap-tahap ini, apakah kamu masih merasa dirimu adalah orang yang sama dengan sebelumnya ?

1. Masa Rapuh dan Selalu Meratap.

broken heart wallpaper via http://www.hdwallpaper.nu

Masa ini adalah masa dimana kita merasa bersedih, kita merasa bahwa rasa sakit terus menghampiri, menyiksa hingga ke dasar hati kita. Ini adalah tahap yang wajar ketika kita kehilangan dan berduka. Mungkin akan sulit melupakan kenangan kenangan di masa lalu, ketika teringat tempat khusus ketika bersamanya kita akan mulai bersedih hingga mata terasa panas dan perih karena terus mengeluarkan air mata. Betapa kita meratapi masa lalu segala kenangan-kenangan indah ketika awal berjumpa dengan si dia hingga akhir kalimat yang ia ucapkan terakhir kalinya terasa sangat menusuk hingga ke lubuk hati yang terdalam. Pada masa ini akan sulit bagi kita untuk tersenyum dan bersyukur atas apa yang telah menimpa kita. Bahkan kita hanya akan mengingat rasa sakit yang menghujam hingga ke tulang. Ketika orang orang berpandangan sebaliknya seolah kamu harus lekas tertawa setelah hatimu diguncang badai hebat? Tidak, kamu tidak perlu lekas tertawa karena nanti ada masanya dimana kamu disembuhkan oleh waktu dan luka hatimu akan terobati. Menangislah jika perlu, karena air mata dapat melegakan hatimu !

2. Masa Mengenang Hingga Menyesali Diri

Ketika air mata mengenang segala kenangan-kenangan tentang dirinya yang menorehkan luka, pikiran kita akan dipenuhi dengan segala kenangan seolah kembali ke masa lalu. Masa dimana kita mulai saling memandang dengan tatapan hangat hingga kita mulai saling menyapa satu sama lain, kemudian kita akan merasakan bahwa kita mulai sama -sama merindu karena terbiasa bertukar pesan bersama setiap hari. Menceritakan kejadian-kejadian yang kita alami dan merasa perlu berbagi segala suka dan duka bersama dengannya. Pikiran kita akan dipenuhi dengan segala cerita masa lalu dimulai dari hal-hal bahagia. hingga hal – hal yang selalu membuat kalian bertengkar, saling berkeras hati karena sebuah masalah sepele hingga badai besar dalam hubungan kalian yang mampu kalian lalui. Akan ada masa dimana kamu berfikir bahwa kalian dapat menghadapi dan menemukan jalan keluar untuk badai besar yang kalian hadapi di masa lalu kemudian menyesali alasan mengapa kalian dapat berpisah karena alsan tertentu. Sakit hati adalah suatu reaksi yang wajar mengingat bahwa kalian pernah menjadi pasangan yang hebat dan menjadi sangat kuat terhadap masalah di masa lalu. Namun, banyak hal menakjubkan akan terjadi di hidupmu ! persiapkanlah dirimu untuk menjalani hal tersebut !

Advertisement

“Nak, apakah ada yang pernah berpikir hidup ini bukan soal pilihan? Karena jika hidup hanya sebatas soal pilihan, bagaimana caranya kau akan melanjutkan hidupmu, jika ternyata kau adalah pilihan kedua atau berikutnya bagi orang pilihan pertamamu.”
Tere Liye

 

3. Masa Berfikir

Masa ini adalah masa dimana kamu harus menata hidupmu kembali! Mempersiapkan dirimu untuk menjalani rencana-Nya yang indah dalam hidupmu, dan bersiap untuk dapat membuka hati untuk masa depan yang baik untukmu !

Ketika kamu mulai mencintai Penciptamu dan mulai mencintai dirimu sendiri, kamu akan mulai menyadari bahwa dirimu diciptakan untuk menjalani setiap langkah terbaik, dari sebuah patah hati yang hebat dan mulai bangkit kemudian menjadi lebih kuat menjalani masa depanmu!

Luangkan waktu sejenak bersama teman lamamu dan juga temuilah teman barumu jika perlu. Gunakan setiap waktu yang kau punya untuk berbahagia dengan orang – orang yang mencintai dirimu !

Hidupmu tidak hanya diciptakan untuk dihabiskan bersama dengan kekasih saja, namun untuk dapat bertukar pengalaman, berbagi cerita, berbagi keluh kesah, hingga menjalani hal gila dan belum pernah kau lakukan sebelumnya. Dunia ini luas nak, pergunakanlah waktumu dengan bijak bersama orang-orang yang memberikan suasana positif dalam hidupmu!

4. Perubahan Pola Pikir

Ketika kamu mulai menikmati waktumu bersama orang-orang yang dapat memberimu semangat baru. Ingatlah mereka tidak hadir secara kebetulan untuk dapat menyembuhkan lukamu. Namun, mereka dipersiapkan Sang Pencipta untuk menyembuhkan hatimu ! waktu dapat menyembuhkan luka, dan orang – orang yang penuh semangat positif akan membangun jiwamu menjalani hidupmu yang baru !

Pada masa ini, kamu akan menyadari betapa berartinya dirimu ! dan betapa banyaknya orang – orang yang perduli kepadamu ! kamu dipersiapkan untuk menjalani hal yang hebat ! dan setiap langkahmu kini adalah langkah baru yang bahagia. Tidak akan ada lagi waktu bersedih, karena banyak hal yang dapat kamu lakukan sekarang dengan penuh semangat! Banyak pintu akan terbuka untukmu yang mulai mencintai dirimu sendiri dan berbahagia akan apa yang kamu miliki !

“Rasa sakit hati itu indah. Setidaknya patah-hati memberikan sensasi bahwa kita memang masih hidup. Lagipula siapa bilang ditolak cinta itu tidak indah? Itu indah, Bung! Pikirkanlah dari sudut yang berbeda!”
Tere Liye

5. Mampu Merelakan

Masa ini adalah masa dimana kamu merasa bahwa kamu dapat bangkit dan mengingat kenangan-kenangan indah yang terlewati adalah suatu kejadian yang dapat mengajarimu untuk menjadi lebih kuat! Kejadian dimana kalian pernah menjadi pasangan yang kuat adalah suatu kejadian yang tak perlu disesali lagi, karena masa yang terlewat itu membentuk karakter yang penuh kasih terhadap pasanganmu nanti. Kamu telah menjalani suatu perjalanan panjang dimana kedewasaan dan pengendalian diri adalah hal utama yang kamu pelajari dari segala hal yang telah terjadi padamu di masa lalu! kamu telah menjadi lebih kuat, lebih sabar, dan bijak dalam mengambil keputusan! Kamu adalah pribadi yang baru yang akan menjadi pasangan hebat yang dapat membuka hati dan mulai menjalani kisah baru yang penuh warna dalam hidupmu !

Sadarilah! betapa berartinya dirimu untuk dapat melangkahkan kaki pada kisah barumu. Sang waktu telah mengubahmu dan mulai membangun suatu ruang baru untuk dapat diisi dengan kisah hebat yang akan segera kau mulai! Bersiaplah!