Indonesia merupakan negara yang sangat banyak sekali potensi sumber daya alam. Indonesia juga merupakan negara yang kaya akan kebudayaan. sesuai dengan semboyannya yaitu Bhinneka Tunggal Ika, patutlah kita harus sangat berbangga hati berada di Indonesia.

Dengan keberagaman kebudayaannya Indonesia kini semakin dikenal di mata dunia. Namun, sayangnya semakin berkembang nya zaman, Kebudayaan yang berada di Indonesia mulai ditinggalkan. Terutama bagi kalangan millenial yang sudah terpengaruh dengan kebudayaan luar yang masuk ke dalam Indonesia. Misalnya saja jika kita ingin pergi berlibur sudah pasti kita sangat ingin berlibur ke luar negeri.

Tanpa kita sadari bahwasanya Indonesia sendiri punya berjuta tempat liburan yang gak kalah menariknya dengan luar negeri. Mau tau lebih lanjut? Apa aja sih yang membuat kamu harus bangga sama Indonesia?

Berikut alasan kamu harus bangga dengan Indonesia. 

1. Terdapat Resort-Resort Kelas Dunia

Pulau Nikoi-Kepulauan Riau

Pulau Nikoi-Kepulauan Riau via https://www.tempat.me

Pulau Nikoi merupakan salah satu Pulau yang berada di provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berada berdekatan dengan pulau beralaskan pasir yang juga tak kalah indahnya dengan pulau ini.

Advertisement

Pulau Nikoi juga pernah dinobatkan sebagai The Best Private Island 2016 oleh media massa pariwisata global terkemuka yaitu Conde Nast Traveller yang perlu kamu ketahui aktris drama Korea Selatan Lee Sung Kyung  juga pernah berlibur ke salah satu resort ternama di Kepulauan Riau.

Tak heran jika Kepulauan Riau sering dibilang Bali kedua oleh turis-turis asing. 

2. Keberagaman Kebudayaan dan Keagamaan

Keberagaman kebudayaan Indonesia yang memperkuat persatuan Indonesia

Keberagaman kebudayaan Indonesia yang memperkuat persatuan Indonesia via https://www.kabarrantau.com

Berbeda bukan berarti pecah. Indonesia punya nanyak sekali kebudayaan-kebudayaan. Indonesia juga mempunyai banyak bahasa daerah dan lagu-lagu daerah, yang paling membanggakan ialah dimana Indonesia mempunyai 6 agama yang diakui secara resmi oleh pemerintah.

Advertisement

Hal tersebut yang membuat rasa toleransi masyarakat Indonesia semakin  dipacu untuk menerima perbedaan. Dengan diakuinya 6 agama tersebut kita sebagai masyarakat multikultural juga dapat merasakan euforia-euforia hari-hari besar keagamaan tersebut.

Contohnya saja seperti hari raya Idul Fitri, tetangga-tetangga non-muslim juga bisa berkunjung ke rumah-rumah yang merayakannya. Begitu juga pada perayaan Natal, Tahun baru China (Imlek) dan lain-lain. Betapa Serunya tinggal di Indonesia bukan? 

3. Produk-Produk yang Sudah Mendunia

Produk Indonesia yang sudah ada di mancanegara

Produk Indonesia yang sudah ada di mancanegara via https://ekbis.sindonews.com

Seperti yang kita lihat sekarang, bahwasanya tingkat daya beli masyarakat terhadap produk dalam negeri mengalami penurunan. Jika kita telaah lebih dalam, pasti jawabannya adalah kualitas yang berbeda dengan produk impor.

Tahukah Anda?
Banyak produk-produk Indonesia yang sudah mendunia. Seperti yang kita tahu Indomie, Tolak Angin, Polygon dan masih banyak lagi. Tak sedikit pula aktris-aktris luar negeri yang bangga memakai Batik Indonesia.

Banyak juga para wirausahawan muda Indonesia yang mulai merintis usaha hingga menyentuh pasaran mancanegara. Masih mau berdiam diri dan menikmati barang impor terus? Kenapa bukan kita yang mengekspor? 

4. Hidangan Nusantara yang Menggugah Lidah Orang Asing

Dengan keberagaman budaya, munculah berbagai macam makanan khas daerah juga. Masing-masing daerah mempunyai ciri khas tersendiri dengan resep makanan daerahnya. hal ini juga dipengaruhi oleh faktor sumber daya alam dan faktor geografis daerah tersebut.

Rendang, sate, nasi goreng dan kue lapis legit pernah dinobatkan sebagai kudapan terbaik versi CNN. Hal ini membuktikan bahwasanya makanan khas Nusantara juga berpotensi untuk mendunia!

Misalnya tempe. Tempe saat kini sedang gencar di mancanegara. Di Eropa harga tempe bisa mencapai 1.8 euro atau setara dengan 30.500/potong. Bukankah itu sebuah peluang usaha yang menjanjikan? 

Namun, kenapa kita masih terus mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji yang dibawa masuk dari luar negeri? 

5. Bangga terhadap Sejarah Bangsa Indonesia

Kutipan kalimat Ir. Soekarno

Kutipan kalimat Ir. Soekarno via https://www.google.com

Indonesia adalah bangsa yang besar. Indonesia adalah bangsa yang kaya. Bangsa sebesar Indonesia ini, tentu memiliki sejarah yang besar pula.

Kita sebagai masyarakat yang berada, tinggal dan hidup di Indonesia sudah sepatutnya kita terus melestarikan sejarah yang ada di Indonesia dan terus belajar dari sejarah tersebut.

Karena sejarahlah yang membentuk kita sekarang. Jika tidak ada sejarah, maka Indonesia akan statis dan tidak berkembang bahkan maju. Belajarlah dari sejarah. Banggalah dengan sejarah-sejarah pahlawan yang sudah mendahului kita.

Mungkin wujud dari sang pahlawan tersebut hanya bisa kita lihat di lukisan atau gambar-gambar. Akan tetapi, semangat dan perjuangan mereka masih ada di jiwa-jiwa kita masyarakat Indonesia. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya