Keren Banget, Intip 5 Inspirasi Ruangan dengan Keramik Teraso

Ide Aplikasi Keramik Teraso pada Interior Rumah

Terdengar dari namanya aja, mungkin kalian berpikir: keramik teraso, tuh, yang kayak gimana, ya? Keramik teraso atau terrazzo bisa dibilang keramik yang asal-usulnya menarik. Beda dari marmer atau granit yang terbentuk secara alami, keramik teraso adalah keramik yang terdiri dari campuran berbagai material lain.

Keramik teraso sendiri adalah keramik yang berisi pecahan marmer, batu kuarsa, granit, dan kaca yang berwarna-warni. Kemudian, pecahan-pecahan ini dibentuk dalam wadah khusus yang diisi dengan semen dan material polimer yang membentuk lempengan keramik teraso.

Makanya kalau kalian lihat, ciri khas keramik teraso adalah motif bintik warna-warninya yang cantik. Ini merupakan hasil dari gabungan banyak material batu alam dan kaca. Proses pembuatannya sendiri kompleks dan memakan waktu yang lama. 

Jadi jangan heran kalau keramik teraso yang bisa dibilang keramik daur ulang dari pecahan marmer dan granit, malah punya harga yang lebih mahal daripada marmer dan granit itu sendiri. Bukan main! 

Belum lagi pemasangannya yang juga perlu diperhatikan dan menggunakan tenaga ahli. Tapi, semuanya sepadan sama daya tahannya. Keramik teraso adalah salah satu keramik paling tahan lama dengan umur lebih dari 50 tahun.

Tentu aja sama kemampuannya yang bisa kasih tampilan unik pada sebuah ruangan dari motif bercak warna-warninya yang enggak bisa didapat dari keramik lain. 

Buat kalian yang kurang cocok sama nuansa elegan dan mewah yang dibawa sama marmer dan granit, mungkin keramik teraso bisa jadi pilihan yang lebih eklektik, retro, dan menarik. Dekoruma punya lima inspirasi ruangan dengan keramik teraso yang bisa jadi referensi. 

Advertisement

1. Bawa Pengaruh Mid-Century Modern Yang Kental di Ruang Keluarga dengan Lantai Keramik Teraso

Sumber: Envy Interior Design Studio

Sumber: Envy Interior Design Studio via https://www.envyinteriordesignstudio.com

Asal-usul teraso sendiri adalah salah satu material lantai dan dinding favorit yang digunakan untuk desain interior mid-century modern, salah satu desain interior paling ikonik dan berpengaruh sampai sekarang. 

Diadopsi dan dikombinasikan dengan desain interior modern saat ini, lantai teraso jadi salah satu cara untuk kasih nuansa retro khas mid-century modern pada hunian saat ini.

Advertisement

Dipadukan dengan furnitur-furnitur khas mid-century modern yang punya garis tegas dan dinamis, keramik teraso mampu menciptakan tampilan interior yang unik dan menarik untuk dilihat. 

2. Cantiknya Warna-warni Keramik Teraso di Dapur. Gunakan Teraso Buat Permukaan Konter dan Backsplash Dapur

Sumber: MyDomaine

Sumber: MyDomaine via https://www.mydomaine.com

Sebagai pengganti marmer atau granit yang biasanya dipakai untuk permukaan konter dapur dan backsplash, keramik teraso adalah alternatif yang tidak kalah cantik dan menarik. Terlebih dengan motif warna-warninya yang bisa menghidupkan tampilan dapur lebih jauh lagi.

Seperti di ruang keluarga, teraso di dapur memberikan tampilan yang lebih retro, eklektik, dan menyenangkan. Terlebih saat dipadukan dengan konter dan kabinet kayu serta kursi bar dari kulit seperti pada gambar. Semakin membuat dapur berkarakter. 

Advertisement

3. Hitam Putih Kamar Mandi Serba Teraso. Lantai dan Dinding Teraso Buat Kamar Mandi Yang Tampil Menarik

Sumber: Complete Home

Sumber: Complete Home via https://www.completehome.com.au

Keramik teraso juga akan menjadi sentuhan yang tidak biasa pada kamar mandi. Bahkan, pada kamar mandi berdesain modern dengan nuansa hitam putih di atas, keramik teraso berhasil memberikan sentuhan yang lebih berkarakter dan menjauhkan kamar mandi dari kesan dingin dan membosankan.

Meskipun menggunakan banyak furnitur putih dengan finishing hitam, perpaduan keramik teraso dengan subway tiles pada bagian walk-in shower menghadirkan tampilan yang menarik.

Inilah juga yang merupakan kelebihan teraso, yaitu bisa dengan mudah disesuaikan dengan warna yang ingin diaplikasikan dalam satu ruangan.

4. Furnitur Bermotif Teraso Jadi Daya Tarik Utama Ruangan. Meja Makan Teraso Yang Menarik Perhatian

Sumber: Luxury Bathrooms

Sumber: Luxury Bathrooms via https://www.luxurybathrooms.eu

Daritadi kita udah lihat penggunaan keramik teraso buat dinding, lantai, sampai permukaan konter dapur. Kreasi keramik teraso yang lain adalah furnitur yang seluruhnya terbuat dari keramik teraso kayak meja makan ini. 

Dengan warna dasar biru tua dan motif pecahan keramik warna-warni, ruang makan jadi tampil khas dan beda dari yang lain. Apalagi dipadukan sama kursi meja makan dan dinding warna kuning yang bikin meja makan teraso jadi makin mencolok.

Kalian bisa mengkreasikan teraso untuk furnitur lain kayak coffee table atau meja kerja yang terbuat dari teraso untuk furnitur yang one-of-a-kind dan cuma kalian yang punya. 

5. Hadirkan Suasana Hangat dan Nyaman. Ruang Baca Atau Perpustakaan Rumah Semakin Bergaya dengan Teraso

Sumber: Contemporist

Sumber: Contemporist via https://www.contemporist.com

Ruang baca atau perpustakaan dengan area duduk seperti ini juga pas untuk didesain pakai keramik teraso. Mengusung desain mid-century modern, penggunaan keramik teraso di lantai menjadi pemanis dari furnitur lain yang terasa maskulin dan tegas khas mid-century modern

Tak lupa rak buku dinding untuk menaruh buku dan benda-benda pajangan lain, sofa kulit, coffee table berdesain kontemporer, dan juga meja kerja yang menghadap ke jendela untuk pemandangan yang luar biasa. Semuanya dipadukan dengan selaras untuk suasana yang homey dan hangat. 

Jangan lupa kalau keramik teraso butuh proses pemasangan yang khusus dari tenaga ahli. Belum lagi mencari produsen yang bisa memenuhi permintaan kustomisasi untuk hunian kalian. Maka dari itu, konsultasikan pada jasa desain rumah terpercaya yang punya kemampuan untuk memasang keramik teraso di rumah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE