Kesalahan Fatal yang Gak Boleh Dilakukan Karyawan Baru di Tempat Kerja, Kamu Wajib Hindari!

Tanpa disadari karyawan baru bisa melakukan kesalahan fatal, hindari 5 kesalahan ini

Hari-hari pertama di tempat kerja selain dipenuhi semangat, rasa gugup dan tegang juga pasti ada karena takut melakukan kesalahan. Lebih lagi kita belum menyesuaikan diri dan saling mengenal banyak karyawan lain di tempat kerja baru. Beberapa orang lainnya mungkin gak mengalami hal ini tapi tanpa sadar melakukan beberapa kesalahan yang membuatnya berada dalam posisi yang terancam. Kesalahan ini bisa berakibat fatal dan mencerminkan profesionalisme mereka. Pastinya kamu nggak mau kan dicap jelek sama rekan-rekan kerjamu di tempat baru?

Untuk itu hindari 5 kesalahan ‘mematikan’ ini di tempat kerja baru.

Advertisement

1. Baru beberapa hari kerja udah sering terlambat

Photo by yanalya via freepik.com

Photo by yanalya via freepik.com via http://freepik.com

Terlambat jadi kesalahan pertama yang harus dihindari semua karyawan, baik yang baru maupun lama. Tapi biasanya karyawan baru yang belum terbiasa dengan jadwal kerja lebiih sering melakukannya. Jadi, lebih baik bangun lebih awal dan berangkat lebih cepat untuk menghindari terlambat. Ada baiknya kamu sudah tau rute jalan dan transportasi tercepat ke kantor, supaya menghindari macet dan perjalanan ke kantor jadi lebih efisien.

2. Tidak jujur pada pekerjaan/ peraturan yang sebenarnya belum dipahami

Photo by pressfoto via freepik.com

Photo by pressfoto via freepik.com via http://freepik.com

Wajar memang dengan semangat yang tinggi di kantor baru kamu ingin menunjukkan kalau kamu berkompeten. Tapi, kalau nggak jujur dengan kemampuan yang kamu punya, malah akan berisiko untuk perjalanan karir kamu kedepannya. Nggak usah malu bertanya dan meminta saran dari rekan kerja lain yang sudah lebih senior.

Advertisement

3. Membandingkan cara kerja maupun budaya kerja kantor lama dan sekarang

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://freepik.com

Biasanya kesalahan yang satu ini dilakukan oleh karyawan yang baru aja pindah kerja. Setiap perusahaan punya budaya dan cara kerja dan tentunya tujuannya juga beda. Dan setiap kantor juga punya plus minusnya masing-masing, kalau memang ada yang lebih baik di kantor sebelumnya ya simpan aja opini pibadimu sendiri, jangan terlalu sering membaningkanya. Kantor baru, tantangan baru, jadi kamulah yang seharusnya beradaptasi agar memberikan perubahan positif juga untuk perkembangan karir kamu.

4. Mengubah rencana tanpa meminta saran dan persetujuan rekan kerja/ atasan

Photo by Atstock Productions via shutterstock

Photo by Atstock Productions via shutterstock via http://shutterstock.com

Yang satu ini juga jangan dibiasakan, memulainya saja nggak bagus dalam sistem kerja profesional. Kamu bekerja di sebuah perusahaan atas dasar prinsip kerja sama. Kamu dan karyawan lainnya saling membutuhkan untuk mencapai tujuan. Bedakan inisiatif dan membuat keputusan sendiri, pahami resikonya apalagi keputusan yang kamu ambil akan berdampak besar bagi perusahaan. Kalau gak setuju, ajukan pendapatmu di dalam forum, sampai semua sepakat dan menghasilkan solusi.

5. Mengekspresikan kekecewaan langsung di hadapan karyawan lain

Advertisement
Photo by master1305 via freepik

Photo by master1305 via freepik via http://freepik.com

Terkadang pekerjaan di kantor baru nggak berjalan sesuai ekspektasi, entah sebab orang-orangnya atau pekerjaannya itu sendiri. Tapi jangan sampai sekali-kali kamu ungkapkan kekecewaan dan respon yang negatif secara langsung. Jika hal ini dilakukan kamu akan dianggap kurang menghormati dan gak profesional.

Sudah siap kerja di kantor baru?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE