Kesal rasanya jika kita sudah memiliki mood bagus pada saat bangun tidur tiba-tiba harus bad mood. mungkin karena berbagai tekanan pekerjaan, lingkungan atau sumber lain entah pasangan, anak, keluarga, rekan kerja, klien di kantor, teman baik atau bahkan dari orang-orang di sekitar kita, yang kita tidak kenal sebelumnya.

Karena pikiran negatif yang muncul dari diri kita sendiri. Bad mood yang awalnya mungkin bisa diatasi dengan hitungan 10 semakin merambah ke emosi yang meledak-ledak akibat ke " gue" an dan ke " elu" an.

1. Hitung Angka 1-20

Angka 1-20

Angka 1-20 via https://kayu-seru.com

Ketika anda sedang marah hitunglah 1-20 secara perlahan. Menghitung secara perlahan sama saja memberi kesempatan tekanan darah dan detak jantung Anda menurun kembali ke normal hingga perasaan Anda reda kembali. Hal ini juga sekaligus akan mencegah Anda mengatakan hal-hal yang akan Anda sesali nantinya. Ingat ya dihitung secara perlahan-lahan.

2. Inhealt and exhealt

Apa itu Relaksasi Nafas

Apa itu Relaksasi Nafas via https://www.kajianpustaka.com

Advertisement

Ketika Anda benar-benar merasa ingin 'meledak' maka tarik nafas dalam-dalam sebelum Anda benar-benar akan mengeluarkan rasa marah. Cara ini mampu menurunkan tekanan darah Anda saat marah.

3. Memaafkan dan Jangan menyimpan dendam

Memaafkan Bisa Menyehatkan

Memaafkan Bisa Menyehatkan via http://doktersehat.com

Belajarlah memaafkan meski terkadang sulit. Memaafkan bukan berarti Anda kalah, justru sebaliknya. Jika Anda memaafkan dengan ikhlas, hati Anda akan lebih tenang dan hal ini tidak akan memicu stres. Karena sifar manusia ialah tidak luput dari kesalahan, jadi memaafkan juga dapat menjadi bahan introspeksi diri untuk lebih baik kedepannya.

4. Ekspresikan kemarahan Anda

Anda dapat meluapkan emosi lewat tulisan yang dapat mewakili perasaan anda atau ekspresikan rasa frustrasi Anda dengan cara yang tegas. Nyatakan kekhawatiran dan kebutuhan Anda dengan jelas dan langsung, tanpa menyakiti atau mengendalikan orang lain.

5. Mencari Solusi

Hindari Miskomunikasi

Hindari Miskomunikasi via http://www.hellominata.com

Advertisement

Alih-alih berfokus pada apa yang membuat Anda marah, usahakan untuk mencari solusi. Apakah pasangan Anda tidak membalas Whatsap? Terjadikah miskomunikasi? Bicarakan solusi bukan kembali kepada kesalah pahamamn. Apakah anda tidak suka diperlakukan tidak adil oleh teman anda? Bicarakan empat mata. Ingatkan diri Anda bahwa kemarahan tidak akan memperbaiki apa pun, justru memperburuk suasana.

6. Alihkan kemarahan Anda

Jika Anda merasa kemarahan Anda meningkat, pergilah ke luar rumah untuk jalan santai atau lari. Pergilah untuk menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan fisik seperti olahraga di tempat fitness, melakukan olahraga zumba atau olahraga lain yang dapat mengalihkan fokus anda.

Karena zumba merupakan salah satu kegiatan sehat yang merangsang otak dan fisik kita sehingga kita bisa lebih tenang dan bahagia dari sebelumnya. Jadi "jangan marah" ya karena marah itu tidak ada gunanya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya