Penenang untukmu yang Sering Diremehkan, Karena Pekerjaanmu Tak Seindah Kata Orang

Penenang saat pekerjaan diremehkan

Setiap manusia perlu bekerja demi mencukupi kebutuhan hidup, utamanya kebutuhan pokok, sandang, pangan dan papan. Namun, karena tuntutan kebutuhan hidup yang semakin tinggi, seringkali membuat orang rela bekerja apa saja, meski pekerjaan itu tidak sesuai dengan keinginan dan passion kita, atau pekerjaan itu dianggap kurang prestise dan membanggakan. Akibatnya, banyak orang memandang sebelah mata dan meremehkan pekerjaanmu. 

Advertisement

1. Pekerjaanmu halal dan tidak merugikan orang lain

Hobi Industri

Hobi Industri via http://unsplash.com

Semua pekerjaan asalkan tidak melanggar kaidah dan norma agama, derajatnya sama di mata Tuhan. Selama pekerjaan yang kamu lakukan tidak merugikan orang lain, serta niat kamu baik dan tulus, tidak perlu gelisah karena dipandang rendah orang lain, yang penting Tuhan sudah melihat usahamu dan hanya Tuhan yang berhak menilai segala jerih payah dan usahamu.

2. Semua pekerjaan itu sulit, tapi kamu sanggup melakukannya

Rafika Manullang

Rafika Manullang via http://unsplash.com

Setiap pekerjaan memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Begitu juga dengan pekerjaanmu. Tidak semua orang sanggup melakukan pekerjaanmu tapi karena ketekunan dan kerja kerasmu kamu sanggup melakukannya. Setidaknya, kamu harus sering-sering mengapresiasi diri sendiri. Jangan larut karena komentar meremehkan dari orang lain sehingga kamu ikut membenci pekerjaanmu dan merasa usahamu sia-sia.

Advertisement

3. Melakukan berbagai jenis pekerjaan membuat mentalmu teruji

Artem Beliaikin

Artem Beliaikin via http://unsplash.com

Mumpung masih muda, tidak ada salahnya kamu mencoba berbagai jenis pekerjaan demi mencari pengalaman hidup. Berinteraksi dengan bermacam jenis karakter orang, menghadapi rekan kerja atau atasan yang menyebalkan, atau seringnya kamu ditegur karena berbuat kesalahan saat bekerja, membuatmu belajar bagaimana menghadapi orang lain, belajar sabar dengan terus berusaha memperbaiki kesalahan, pelan-pelan mentalmu akan terbentuk. Pribadi yang tangguh akan menjadi modal berharga saat kamu berusaha meraih kesuksesan.

4. Kamu melakoni pekerjaan itu dengan tujuan dan niat yang baik

Paolo Nicolello

Paolo Nicolello via http://unsplash.com

Seringkali orang terlalu cepat menghakimi dan memandang rendah orang lain. Padahal, kamu memiliki alasan dan tujuan tersendiri kenapa melakoni pekerjaan itu. Misalnya, kamu tulang punggung keluarga, sehingga segala kebutuhan hidup keluargamu, bergantung dari hasil jerih payahmu.

Atau, kamu ingin belajar mandiri dengan tidak lagi menjadi beban untuk orang tuamu. Tidak perlu menjelaskan alasan mu kepada orang lain, mereka tidak butuh penjelasanmu. Fokus saja dengan tujuanmu sehingga kamu bisa bekerja dengan baik dan lebih giat.

Advertisement

5. Kamu masih punya mimpi dan sedang berusaha mewujudkannya

Kate Stokes

Kate Stokes via http://unsplash.com

Setiap manusia pasti punya mimpi, begitu juga denganmu. Dan kamu sedang giat bekerja demi modal untuk mewujudkan mimpimu. Meski sekarang kamu bekerja tidak sesuai dengan keahlianmu, diam-diam kamu masih memelihara mimpimu dengan baik. Jadikan pandangan rendah orang lain sebagai motivasi untuk terus berusaha mengejar mimpimu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Just Ordinary woman who like explore the words

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE