Beranjak usia, pengalaman hidup kita pun bertambah, tidak terkecuali dengan pengalaman soal percintaan. Buat kamu yang beruntung, kamu mungkin tidak perlu menghadapi perpisahan untuk bertemu jodoh. Namun, sebagian besar dari kita pasti sudah mengalami momen putus atau pisah dengan orang yang pernah kita sayang. Sedih? ya pasti sedih, tapi hidup harus lanjut lagi. 

Setelah bersyukur dapat pacar baru, entah karena penasaran, atau sekedar iseng, eh “si dia” yang sekarang tiba tiba bertanya tentang mantan kamu dan kisah cinta yang pernah kamu jalin sebelumnya, Duh! Apa yang kamu harus lakukan ketika menghadapi momen kayak gini?

1. Banyak Kisah Mantan yang Berhubungan dengan Rasa Sakit

Past Relationship via http://www.google.com

Ingat, Ketika hubungan yang dibangun berakhir, ada “pukulan” emosional dan psikologis yang membuat kita trauma dan pengen jauh-jauh dari cerita tentang kisah tentang mantan. Walaupun kita yakin sudah move-on, namun bagian dari emosi kita selalu ingat dengan pengalaman traumatis yang pernah dialami. Oleh sebab itu, secara refleks banyak orang yang langsung merasa canggung atau bahkan langsung menghindari topik tentang hubungan terdahulu. Simply saying, Kita hanya gak ingin merasa sakit lagi…

2. Mantan Bukan Topik Tabu dalam Hubungan

Couple Talk via http://www.google.com

Seperti pembahasan sebelumnya, beberapa dari kita menjauh dari topik mantan karena adanya kenangan buruk dimasa lalu. Namun, ketika dihubungkan dengan membangun hubungan baru, perbincangan tentang mantan justru bagian dari proses yang sehat dan dianjurkan.

Advertisement

Saling membuka diri untuk sharing soal pengalaman sebelumnya terbukti secara psikologis merupakan aktifitas yang sehat dalam hubungan. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Social Psychology bahkan menyatakan kalau pasangan yang saling terbuka mengenai kisahnya dengan mantan bisa menjadi lebih dekat secara emosional dan mendorong pasangan lebih terbuka di aspek-aspek lain.

3. Setiap Pasangan Merasa Insecure dengan Hubungannya

Insecurities via http://www.google.com

Kamu harus mengerti kalau dia gak sepenuhnya salah menanyakan tentang mantan ke kamu, asalkan masing masing paham batas dimana membahas mantan untuk “sekedar tahu” dan membahas mantan untuk “mencari tahu”.

Ketika si dia bertanya tentang mantan kamu, sebenarnya dia juga sedang merasa insecure dengan dirinya sendiri. Mantan adalah orang yang pernah kamu sayang, yang pernah merasakan perlakuan manis dari kamu sama besarnya dengan yang dia rasakan sekarang dan orang spesial yang pernah mengisi hati kamu. Mana ada pacar yang merasa aman kalau dihadapkan di momen itu.

4. Jadi Kesempatan Buat Saling Memahami

Romantic Couple via http://www.google.com

Pepatah bilang, tak kenal maka tak sayang. Kamu pasti mau mengenal dengan baik orang yang ingin kamu jadikan pasangan hidup nantinya. Kalau kamu mau menerima kelebihannya, kamu juga mau menerima kekurangan dan kesalahan yang pernah ia lakukan sebelumnya, salah satunya adalah mengenai masa lalunya dengan mantannya.

Masa lalu membangun karakter dan belajar tentang masa lalu membuat kamu menjadi karakter yang lebih baik. Perbincangan tentang mantan adalah proses untuk menerima kekurangan masing-masing. Momen ini juga mendorong kita untuk refleksi diri tentang hubungan. Misalnya, ternyata kamu putus dengan pacar sebelumnya karena sikapmu yang posesif. jadi di hubungan selanjutnya kamu terdorong untuk belajar lebih percaya dengan pacarmu di hubungan sekarang.

5. Buktikan Kedewasaan Kamu Bersikap

Couple Talking via http://www.google.com

Ketika pacarmu bertanya tentang mantan, sebenarnya dia secara gak langsung menguji kedewasaan kamu menerima kegagalan dalam hubungan. Tanamkan pemahaman bahwa dengan kamu mulai berkomitmen dalam hubungan baru, maka segala urusan dengan mantan hanyalah masa lalu yang sudah gak perlu dikenang dengan serius. Fokus ke hubungan kamu yang sekarang dan buktikan ke diri kamu dan si dia bahwa dengan semakin banyak pengalaman kamu dalam percintaan, maka semakin bisa kamu meneirma seseorang yang kamu sayangi dengan apa adanya dan menunjukan rasa sayang kamu ke dia dengan sebesar-besarnya.Ini juga jadi momen buat memahami pacar kamu khususnya tentang apa yang menjadi prinsip penting bagi dia dalam hubungan.

Perbincangan tentang mantan bukan untuk kamu melihat kebelakang, namun justru mendorong kamu melihat kedepan dengan persektif yang lebih baik tentang hubungan. Hubungan masa lalu mengajarkan kamu tentang banyak hal, yang justru menjadi amunisi kamu membangun hubungan yang lebih baik