5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Temanmu Mengalami Kehilangan, Selain Pukpuk Doang

ketika temanmu kehilangan

Kehilangan seseorang yang sangat kita cintai memang suatu hal yang sangat berat. Apalagi orang tersebut sangat penting di kehidupan kita. Rasa kehilangan itu bahkan dapat memengaruhi kesehatan psikis dan fisik individu yang ditinggalkan. Bila kesedihan ini dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan masalah dalam kehidupan.

Tak sedikit orang mengalami depresi hiangga gangguan jiwa akibat kematian seseorang yang dicintainya. Tak sedikit pula orang melakukan hal yang senonoh hingga bunuh diri karena beranggapan bahwa dirinya sudah tidak berarti tanpa kehadiran yang dia cintai. Namun terkadang hal hal tersebut bisa terjadi karena faktor sosial dan lingkungan mereka. Apabila lingkungan dan sosial mereka mendukung perilakunya tidak akan terjadi hal hal yang tak diinginkan seperti itu.

Setiap individu memiliki reaksi dan cara tersendiri untuk menghadapi musibah kesedihannya. Menurut pengalaman yang saya rasakan kehilangan tersebut bisa pulih kembali setelah beberapa waktu dan dukungan lingkungan sosial yang baik serta melakukan kebiasaan yang sehat.

Mengapa mereka bisa seperti itu?

Rasanya seperti kehilangan arah, semangat bahkan keyakinan untuk  melanjutkan hidup ketika seseorang yang kita cintai meninggal dunia. Pastimereka merasa sangat putus asa, menjalani hidup tanpa tujuan yang jelas. Karena perasaan kita terlarut dalam kesedihan yang sangat mendalam. Untuk melupakan itu semua tidaklah mudah, karena seseorang tersebut sangat berperan penting dalam di segala kehidupan mereka.

Namun bagaimanapun juga, mereka harus bisa mengatasi perasaannya. Mereka juga harus bisa merasakan sebuah ketenangan di sekelilingnya. Meskipun tidak akan bisa membangkitkan kembali orang terdekatnya yang telah meninggal, atau berhenti memikirkannya. Memang sih pikiran mereka tidak akan lari dari kejadian kejadian terbesar yang telah mereka alami. Namun kemampuan mereka untuk  mengambil langkah dalam mengatasi rasa sakit tersebut dan melangkah maju untuk menjalani hidup yang bermakna dan memuaskan.

Lalu bagaimana caranya menghadapi orang yang sedang mengalami kesedihan?

Advertisement

1. Mendengarkan apa yang diceritakan

Memahami Kekuatan dari Mendengarkan

Memahami Kekuatan dari Mendengarkan via https://www.google.com

Seorang yang baru saja kehilangan pasti tidak bisa menerima kenyataan pahit yang sedang menimpanya. Bahkan mereka terkadang memberontak diluar kesadarannya. Butuh beberapa saat untuk menenangkan perasaannya.

Ketika mereka sudah mulai tenang di saat itulah mereka membutuhkan teman untuk bercerita. Maka dari itu kita sebagai kerabat bisa menemaninya untuk bercerita. Biarkanlah mereka menceritakan semua yang ada di dalam isi hatinya. 

Advertisement

Supaya perasaan mereka lebih lega dan tenang. Dengan bercerita terkadang seseorang biisa mengungkapkan semua isi hatinya kepada seseorang yang ia percaya. Temani mereka  sampai mereka menceritakan semuanya. Tunggulah ia samppai selesai, karena ketika seseorang pada fase berduka tidak bisa memikirkan apa yang akan dilakukannya.

Mereka cenderung terdiam dan melamum. Maka dari itu ketika mereka cerita tentang apa yang dirasakan maka dengarkanlah. Karena jarang jarang mereka bisa mengkomunikasikan apa yang telah ia rasakan.

2. Mencoba memberi saran

Kritik dan Saran jujur dari Pegawai

Kritik dan Saran jujur dari Pegawai via https://www.google.com

Memang tak sedikit waktu untuk membiarkan perasaan mereka pulih dengan sempurna setelah mengalami kejadian yang menurut mereka sabgat berat. Tetapi di sela-sela kesedihannya mereka pasti membutuhkan masukan tentang masalah yang sedang dihadapinya karena komdisi seperti ini tidak memungkinkan seseorang bisa berpikir jernih tentang jalan keluar yang akan mereka lalui. 

Kebanyakan orang pikiran mereka cenderung pendek, mereka tidak memikirkan dampak yang terjadi kedepannya baik untuk kehidupan mmereka sendiri maupun dengan kehidupan orang lain. Oleh karena itu, mereka perlu masukan dan saran supaya mereka bisa berfikirtentang perannya dalam kehidupan orang lain. Dan membuka pikirannya untuk berpikir jernih tentang masa depan yang telah menantinya.

3. Memberi semangat

Kata Penyemangat ini Bisa Bikin Mood Kamu kembali On, Percaya Deh!

Kata Penyemangat ini Bisa Bikin Mood Kamu kembali On, Percaya Deh! via https://www.google.com

Untuk menghadapi kondisi tersebut mereka perlu adanya penyemangat untuk kehidupan yang akan dijalaninya. Karena semangat merupakan salah satu sumber kekuatan yang bisa didapatkan oleh seseorang dikala mereka mengalami masa sulit maupun masa duka. Memang pada saat itu kita tidak bisa merasakan apa yang mereka rasakan. 

Namun suatu saat kita pasti merasakannya. Tanpa adanya penyemangat mereka akan kehilangan arah,  bahkan masa depannya akan hancur. Untuk menyikapi hal itu, diharapkan supaya orang terdekat untuk selalu memberi semangat dan mendorong mereka untuk bangkit dan memulai kehidupan demi masa depan mereka yang masih panjang. Karena kesedihan ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja bahkan anak-anak dan remaja pasti juga mengalaminya.

4. Menghibur

Cara Menghibur Hati Seseorang

Cara Menghibur Hati Seseorang via https://www.google.com

Hiburan memang suatu hal yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. Tak hanya manusia yang hanya sekedar menginginkan kesenangan semata. Namun, hiburan ini lebih penting untuk orang orang yang baru saja kehilangan sosok yang sangat berperan penting di hidupnya. Banyak cara yang dilakukkan untuk menghibur mereka yang sedang mengalami masa duka seperti ini. Salah satunya mengajak mereka ke tempat yang mereka sukai seperti pantai, air terjun, gunung dan masih banyak lagi. Jika mereka masih tidak mau untuk diajak keluar maka janganlah dipaksa. 

Karena pemaksaan itu bisa menambah beban bagi mereka dan menjadikan kondisinya semakin memburuk. Selain mengajaknya ke tempat yang disukai kita bisa menghiburnya dengan mengajaknya mengobrol atau bahkan sharing dengan sedikit pengalaman yang menyenangkan baginya.

Dengan begitu mereka bisa melupakan kesedihan yang sedang dialaminya. Namun, hal ini tidak akan bertahan lama jika mereka diberikan hiburan hanya beberapa saat saja. Seharusnya mereka mendapatkan hiburan sampai kondisi mereka benar benar pulih seperti sebelumnya.

5. Memberi keyakinan

Mawar Berduri dan kuatnya Keyakinan

Mawar Berduri dan kuatnya Keyakinan via https://www.google.com

Mengenang seseorang yang telah tiada merupakan suatu hal yang menyedihkan. Namun dengan mengenangnya kita bisa menghargai apa yang telah dilakukan semasa hidupnya. Jika terus menerus terlarut dalam sebuah kesedihan maka tak akan bisa lari dari keterpurukan itu. 

Oleh karena itu, mereka sangat membutuhkan keyakinan yang kuat pada dirinya. Tanpa keyakinan itu entah apa yang akan terjadi pada kehidupannya. Mungkin mereka bisa berbuat di luar dugaannya tanpa mereka sadari. Sehingga orang orang terdekatlah yang mampu memberikan keyakinan pada dirinya supaya bisa bangkit dari kesedihan dan keterpurukan itu. 

Memang meyakinkan seseorang dalam kondisi seperti ini sangat sulit. Namun jika tidak dilakukan akan berbahaya baik pada hidup dirinya sendiri maupun kehidupan orang lain.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE