Bulan Agustus hingga September selalu identik dengan masa-masa penerima mahasiswa baru. Hampir di semua universitas, dari Sabang hingga Merauke, jutaan siswa naik tingkat menjadi menjadi mahasiswa. Tentunya, banyak di antara para mahasiswa baru (maba) ini yang melanjutkan studi tidak di kota kelahirannya, sebut saja mereka merantau.

Nah, para maba yang merantau ini mayoritas tinggal di kostan. Jauh dari orang tua, mereka harus mulai untuk memanage dirinya sendiri, termasuk urusan uang! Kira-kira, gimana ya agar tetap hemat ketika jauh dari orang tua? Yuk simak tips-tips berikut ini!

1. Berinteraksilah dengan kawan satu kostmu

Food, plate, spoon and wine

Food, plate, spoon and wine via https://unsplash.com

Dalam sebuah kost, pastinya sudah ada para penghuni ‘terdahulu’ yang lebih mengenal daerah kostanmu. Ajaklah mereka berkenalan, kemudian tanyakan mereka warung makan yang dekat, enak, dan seharga kantong mahasiswa! Dijamin, mereka pasti tahu!

2. Berinteraksi dengan Warga Sekitar

Brightly colored houses road

Brightly colored houses road via https://unsplash.com

Jika kamu adalah penghuni pertama di kost, atau seluruh penghuni kost adalah maba, carilah warung makan terdekat! Tanyakan kepada warga sekitar, sekalian berkenalan kalau kalian sudah termasuk bagian masyarakat mereka!

Advertisement

Sebagai contoh, pergilah ke warung kelontong terdekat dan tanyakan perihal warung makan yang murah.

3. Pergilah ke Swalayan Mahasiswa

Big Market in Ubud, Indonesia

Big Market in Ubud, Indonesia via https://unsplash.com

Biasanya, di sebuah kota yang terdapat banyak universitas, pastinya ada swalayan yang kisaran harganya lebih murah daripada swalayan lain. Mulai dari bahan makanan, alat mandi, alat tulis, dan sebagainya.

Belanja bulanan? Ke sana aja! Dijamin deh, selama kamu hanya membeli barang yang kamu butuhkan, kamu bisa berhemat!

4. Kembangkan Keahlian Masakmu!

Scrambled Tofu

Scrambled Tofu via https://unsplash.com

Advertisement

Pergilah ke tukang sayur yang harga-harga sayurnya jauh lebih murah daripada di swalayan. Beli sesuai kebutuhanmu, masak sesuai kreasimu! Belum bisa masak? Jangan khawatir! Di era milenial ini, jutaan resep masakan bisa kita akses melalui internet!

5. Masak Nasi Sendiri!

Foods on The Table

Foods on The Table via https://unsplash.com

Meskipun kamu beli lauk di luar kost, biasakanlah untuk memasak nasi sendiri. Harga nasi di warung itu kisaran 3-4 ribu lho, guys. Empat ribu dikalikan 3x makan saja sudah habis 12 ribu. Makanya, yuk, beli beras dan masak nasi sendiri J

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya