#KompetisiYoungMom-Nak, Kehadiranmu Memberikan Sejuta Pengalaman Berharga bagi Ibu

Pengalaman dan Pembelajaran Berharga dari Hadirnya Si Kecil dalam Hidup Ibu

Menjadi ibu adalah proses transformasi besar dalam kehidupan seorang perempuan. Ada banyak hal yang hilang dan mesti dikorbankan, tetapi secara bersamaan hadir pula berbagai hal menyenangkan yang bisa menjadi pengalaman berharga dan pembelajaran. Disadari atau tidak, kehadiran si kecil dalam kehidupan kita turut membuat kita berproses menjadi sosok yang lebih baik. 

Inilah beberapa pembelajaran dan pengalaman berharga yang dihadiahkan si kecil kepada kita melalui kehadirannya.

Advertisement

1. Mengajarkan Makna Cinta Tanpa Syarat

Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels via https://www.pexels.com

Rasa cinta pada sesuatu biasanya timbul dari serangkaian stimulus yang diterima oleh indera kita. Ada yang mengatakan cinta datang dari mata lalu turun ke hati, ada pula yang merasakan cinta karena terbiasa. Ada yang luluh lewat rayu dan tutur mesra, beberapa merasakan cinta setelah diperhatikan dan dimanja.

Namun, semua teori tersebut tidak berlaku kepada ananda. Bahkan, sebelum ananda lahir ke dunia, sebelum kita bisa menatap dan memeluknya, atau mendapatkan limpahan cinta dari senyuman mungil dan tatapan sendunya, kita sudah merasa jatuh cinta kepadanya.

Advertisement

Inilah pengalaman berharga pertama dari hadirnya ananda. Menjadi ibu, telah mengajarkan makna cinta tanpa syarat yang sesungguhnya.

2. Mengajarkan Disiplin Diri dan Manajemen Waktu

Foto oleh Jep Gambardella dari Pexels

Foto oleh Jep Gambardella dari Pexels via https://www.pexels.com

Menjadi ibu berarti siap dengan rangkaian tanggung jawab yang menuntut kedisiplinan dan kecekatan.

Advertisement

Sejak masa kehamilan, kita mulai membiasakan diri memakan makanan bergizi dan mengonsumsi suplemen demi kesehatan calon ananda. Setelahnya, kita mesti siaga menyusui setiap beberapa jam sekali tanpa kenal lelah demi pertumbuhan si buah hati. Memasuki masa MPASI, kita juga mesti membagi jadwal MPASI dan menyusui agar kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi.

Semua rutinitas yang dibangun oleh ibu dalam keseharian si kecil, tidak hanya bermanfaat bagi dirinya tetapi juga memberikan pengalaman berharaga kepada kita sebagai ibu.

Sadar atau tidak, kehadiran ananda, telah membuat kita belajar menerapkan disiplin diri yang positif. Kita berubah menjadi pribadi yang lebih teratur dan pandai mengatur waktu karena kita tahu ada sosok kecil yang mengandalkan kita.

3. Mengajarkan Rasa Syukur pada Hal Sederhana

Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels via https://www.pexels.com

Setiap momen pertumbuhan si kecil selalu menjadi hal menakjubkan yang dinanti-nantikan oleh ibu. Momen tumbuhnya gigi pertama, langkah pertama, keluarnya kata pertama, dan pengalaman tumbuh kembangnya selalu menghadirkan rasa syukur tak terkira. Bahkan, melihat si kecil yang bisa tidur nyenyak dan tersenyum ceria pun sudah cukup membuat kita bersyukur setiap harinya.

Lewat semua momen berharga bersama si kecil, kita pun mulai menyadari bahwa rasa syukur dan bahagia bisa didapatkan dari hal-hal sederhana. Hal ini turut membentuk kepribadian kita menjadi sosok yang mudah bersyukur dan menghargai setiap pencapaian kecil di dalam hidup. Inilah pembelajaran lainnya yang kita dapatkan melalui pengalaman berharga sebagai ibu.

4. Mengajarkan Kebijaksanaan dalam Bertutur dan Bertindak

Foto oleh Artem Podrez dari Pexels

Foto oleh Artem Podrez dari Pexels via https://www.pexels.com

Seorang anak yang lahir sering dianalogikan sebagai kertas kosong tanpa noda. Kitalah sebagai orang tua yang kemudian mengisinya dengan pengalaman serta pembelajaran yang kemudian akan membentuk karakternya.

Setiap ucapan yang didengar oleh ananda, setiap tindakan yang tertangkap oleh indera kecilnya, akan mudah sekali diserap dan tidak jarang ditiru. Sebagai orang tua, kita pun menjadi lebih berhati-hati dalam bertutur kata dan bertindak.

Disadari atau tidak, kehadiran ananda telah memberikan pengalaman berharga yang membentuk ibu untuk menjadi sosok yang lebih bijaksana.

5. Mengajarkan Pentingya Kerja Sama

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels via https://www.pexels.com

Mengurus buah hati bisa menjadi hal yang begitu melelahkan bagi ibu. Apalagi jika ibu mengemban multiperan selain mengurus rumah tangga.

Di masa inilah kita sadar pentingnya bekerja sama dengan ayah dalam pengasuhan. Sesungguhnya, pengasuhan memang bukan hanya tanggung jawab ibu. Ayah juga memiliki peran dalam proses tumbuh kembang si kecil dan mesti dilibatkan secara aktif.

Kehadiran si kecil di tengah-tengah keluarga pastinya telah mengajarkan ibu dan ayah untuk menurunkan ego, saling berkompromi, dan mencari cara untuk bekerja sama memberikan yang terbaik kepada ananda. 

Secara tidak langsung, proses ini juga akan meningkatkan kemelekatan antara ayah dan ibu yang meningkatkan kasih sayang kepada pasangan. 

Itulah beberapa pengalaman berharga yang diajarkan si kecil secara tidak sengaja lewat kehadirannya. Tanpa disadari, proses menjadi ibu telah membuat kita menjadi manusia yang lebih sempurna dan memiliki hidup yang lebih bermakna.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

a lifetime learner, part time educator, and a freelance writer

CLOSE