Belajar Filsafat jadi Lebih Mudah, Ini Dia 5 Komunitas Filsafat Terbaik di Indonesia

Filsafat haruslah menjadi keilmuan yang wajib dipelajari oleh semua orang, terutama kita sebagai generasi penerus bangsa.

Filsafat merupakan suatu ilmu yang mempertanyakan segala hal. Filsafat berguna untuk mencari tahu segala sesuatu yang disodorkan kepada kita dengan label kebenaran. Studi filsafat meningkatkan kapasitas pemecahan masalah seseorang. Ini membantu kita untuk menganalisis konsep, definisi, argumen, dan masalah. Filsafat berkontribusi pada kapasitas kita untuk mengatur ide dan masalah, untuk menangani pertanyaan tentang nilai, dan untuk mengekstraksi apa yang penting dari sejumlah besar informasi.

Oleh karenanya, filsafat haruslah menjadi keilmuan yang wajib dipelajari oleh semua orang, terutama kita sebagai generasi penerus bangsa. Tidak peduli latar belakang keilmuan kita seperti apa, kita tetap wajib mengetahui dan menggunakan filsafat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan belajar filsafat, kita dapat membuat kehidupan sosial menjadi lebih maju, bukan hanya dikancah internal, tapi juga internasional. Untuk mempelajari filsafat dengan mudah, haruslah butuh wadah atau komunitas yang menaunginya dalam mendalami studi ini. Berikut 5 Komunitas Filsafat Terbaik di Indonesia.

Advertisement

1. Lingkar Studi Filsafat Cogito

Lingkar Studi Filsafat Cogito

Lingkar Studi Filsafat Cogito via http://lsfcogito.org

Lingkar Studi Filsafat Cogito atau LSF Cogito adalah komunitas studi filsafat yang dibentuk dan dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa filsafat di lingkungan akademik Universitas Gadjah Mada pada 14 Mei 2014 di Bulaksumur, Yogyakarta. LSF Cogito bergerak di bidang akademis-ilmiah, dengan tujuan memberi wadah bagi teman-teman mahasiswa/i filsafat maupun khalayak publik untuk mengembangkan wacana kefilsafatannya di luar batas ruang-ruang kelas.

LSF Cogito berusaha menghadirkan wacana filsafat yang memiliki sensitivitas pada fenomena dan praksis keseharian tanpa mereduksinya ke perkara-perkara teknis yang berorientasi semata pada pemecahan masalah secara instan—dan oleh karena itu, bergerak untuk hidup dengan filsafat dan sekaligus menghidupi filsafat. Selain itu, LSF Cogito juga merupakan salah satu komunitas yang tergabung dalam Sophia Indonesia (Sophia ID), sebuah komunitas payung berskala nasional yang menaungi pegiat-pegiat filsafat di seluruh Indonesia.

Advertisement

2. Sophia Institute

Sophia Institute

Sophia Institute via https://www.sophiainstitute.id

Sophia Institute merupakan komunitas epistemik dan nonprofit yang bergelut dalam bidang literasi dan kajian mendalam mengenai berbagai persoalan yang berkenaan dengan studi kefilsafatan dan juga dalam berbagai aspeknya.

Sophia Institute didirikan dan dikembangkan oleh beberapa mahasiswa filsafat UIN Datokarama Palu dalam usaha untuk menghadirkan narasi filsafat yang bukan hanya rasional dan kritis semata, namun juga praktis (terapan) dalam memahami problem keseharian dengan cita-cita untuk kembali membumikan filsafat di atas mimbar akademik dan sosial-kemasyarakatan. Karena Sophia Institute percaya bahwa disiplin filsafat mustinya tidak hanya dapat dikonsumsi oleh mahasiswa filsafat di ruang kelas saja, namun juga seharusnya dapat menjadi pengetahuan yang seyogianya dapat dipelajari oleh siapa saja tanpa memandang status akademik, kepercayaan, gender, budaya, orientasi seks, dan/atau standar-standar dan status sosial lainnya.

3. Lingkar Studi Filsafat Discourse

Advertisement
Lingkar Studi Filsafat Discourse

Lingkar Studi Filsafat Discourse via https://lsfdiscourse.org

Lingkar Studi Filsafat Discourse (LSF Discourse) merupakan komunitas belajar filsafat di kota Malang yang memiliki format sederhana dalam setiap kegiatan belajarnya. 

Ibarat lingkaran utuh, komunitas ini memiliki waktu-waktu khusus di mana semua anggota komunitas bisa duduk dan belajar bersama, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman yang menjadi bahan refleksi sehari-hari. Selain itu, komunitas ini terus berusaha mempelajari dan mengembangkan pemahaman filsafat dasar seperti metafisika, epistemologi, aksiologi, logika, dan sejarah pemikiran tanpa melepaskan diri dari ragam filsafat kontemporer. Sekali waktu, komunitas ini mengadakan diskusi publik dengan mengundang pembicara yang kompeten dengan topik diskusi.

4. Antinomi Institute

Antinomi Institute

Antinomi Institute via https://antinomi.org

Antinomi Institute, sebuah organisasi nonprofit yang membaktikan dirinya untuk pengembangan pengetahuan, ingin memutus ketergantungan produksi pengetahuan pada modal yang watak primordialnya adalah selalu untuk melipatgandakan dirinya dan juga ingin memastikan bahwa pengetahuan itu bisa dinikmati oleh semua orang.

5. Betang Filsafat

Betang Filsafat

Betang Filsafat via https://www.betangfilsafat.org

Betang Filsafat merupakan komunitas para pembelajaran filsafat. Betang Filsafat lahir dari kegelisahan dan minat para mahasiswa di STKIP Pamane Talino Ngabang untuk belajar dan menekuni kajian-kajian filsafat.

Melalui Betang Filsafat, mereka berharap akan semakin banyak diskusi, kajian dan telaah kritis-filosofis yang bisa dihadirkan di Kalimantan Barat. Oleh karena itu, komunitas ini mengundang keterlibatan Anda semua untuk bersama-sama mereka memajukan studi filsafat dan membangun nalar kritis masyarakat.

Itulah 5 Komunitas Filsafat Terbaik di Indonesia dari saya. Jadi tunggu apa lagi, ayo dalami ilmu filsafat dengan bergabung kedalam komunitas filsafat yang ada di Indonesia, guna mewujudkan masyarakat yang berintelektual, beretika, dan berkemajuan. Semoga bermanfaat. Salam Sapere Aude, Salam Pikiran Bebas.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penulis Aktif disitus PikiranKita dan Co- Founder di Sophia Institute. Ini Karya Pertama saya: Nikotin Agama. Karya lainnya: - Analisis Filosofis Mobile Legend: Natan dan Pesan-Pesan Materialisme - Awal tanpa Akhir

CLOSE