Korean pop atau yang lebih umum disebut K-pop adalah kultur musik dari Korea Selatan yang belakangan merajalela hampir di seluruh dunia. K-pop menjadi trend karena tema musiknya yang trendy dan pembawaannya yang lain daripada yang lain. Tentu saja lain sebab musik K-pop dikemas dalam format grup dengan lagu berirama elektrik yang modern, ditambah perpaduan kostum dan tarian yang terasa pas dengan lagu memberi efek yang eye catching.

Tapi jangan salah sangka dulu! K-pop tidak melulu ‘semenggemaskan’ itu. Coba tengok deretan group band asal Korea Selatan berikut ini yang tidak kalah ciamik dan ‘sangar’-nya dengan boy atau girl group yang sering kamu dengar.

1. F.T. Island

F.T. Island

F.T. Island via https://fncent.com

F.T. Island adalah band terkenal Korea Selatan yang memulai debutnya pada 2007. Juni nanti, band ini akan genap berusia 11 tahun! Cukup lama bukan! Karena itulah, band ini dinobatkan sebagai pionir tumbuhnya group band dalam kultur K-pop. Dalam rentang usianya yang cukup panjang, band ini terbilang awet dan produktif. Pada Juni 2017 lalu, F.T. Island merilis album terbaru untuk memperingati 10 tahun debut mereka.

F.T. Island juga terbilang kompak dengan anggota band yang tetap dari tahun ke tahun dan hanya sekali mengalami perombakan formasi pada awal debut. Band ini digawangi oleh 5 orang lelaki yakni Lee Hong-Gi (vokal), Lee Jae-Jin (bass), Choi Jong-Hoon (gitar, piano), Choi Min-Hwan (drum), Oh Won Bin (gitar, vokal) yang menggantikan Song Seung-Hyun.

Advertisement

Musik yang dibawakan terutama adalah rock yang selanjutnya dikemas dengan berbagai sentuhan, menciptakan beberapa adaptasi rock seperti upbeat pop rock yang dapat kamu temui dalam lagu “Champagne” dalam album anniversary mereka. Karena inovasi yang selalu baru, membuat band ini tidak hanya populer di Korea namun juga Jepang dan bahkan band ini telah memulai debutnya di New York dengan menggelar konser di The Big Apple pada 2015 silam. Luarbiasa!

2. CNBLUE

Berangkat dari rumah produksi yang sama dengan F.T. Island, CNBLUE dapat dikatakan adik dari F.T. Island. Awalnya band ini adalah band indie yang membawakan musiknya di Jepang, kemudian pada tahun 2009 mereka memulai debutnya di Korea. Oleh sebab itu, band ini tidak hanya dikenal di Korea namun juga Jepang.

CNBLUE terdiri dari 4 lelaki yakni Jung Yong-Hwa (gitar, vokal utama, rap), Lee Jong-Hyun (gitar, vokal), Kang Min-Hyuk (drum), dan Lee Jung-Shin (bass, rap) yang menggantikan Kwon Kwang-Jin. Tidak jauh beda dari seniornya, musik yang diusung adalah rock atau lebih tepatnya pop-rock. CNBLUE terbilang cukup produktif sebab mereka baru saja merilis mini album ke-7 mereka yang berjudul 7 di Korea pada 2017 lalu.

Advertisement

Sambutan baik diberikan oleh pendengar musik K-pop atas rilisnya mini album tersebut. Beberapa platform musik digital memberikan ulasan positif bahkan billboard menyebutkan aliran musik yang dibawa terasa lebih kaya daripada sekedar pop-rock pada umumnya sebab CNBLUE sukses mengkombinasikan rock dengan sentuhan k-pop pada lagu “When I was young” pada album tersebut. Selain produktif di Korea, juga baru saja merilis album studio ke-6 mereka di Jepang yang berjudul ‘Stay Gold’ pada Oktober 2017 lalu.

3. Busker Busker

Busker Busker

Busker Busker via https://www.allkpop.com

Sejalan dengan CNBLUE, Busker Busker awalnya adalah band indie Korea yang terkenal setelah menjadi runner up di ajang musik Korea. Band ini terdiri dari 3 lelaki yakni Jang Boem-Jun (gitar, vokal), Kim Hyung-Tae (bass), dan Brad Moore (drum). Namun sayang, Busker Busker sudah lama vakum. Bahkan pada 2014, rumah produksi mereka telah mengumumkan bahwa band ini akan hiatus dan para anggotanya akan fokus pada karir masing-masing. Menyusul berita tersebut, Jang Boem-Jun selaku vokalis utama Busker Busker memulai debut solonya dan pada tahun 2016 mengeluarkan album solo keduanya yang dirilis pada acara musik “Yoo Hee Yeol’s Sketchbook”.

Meskipun demikian, pada masa jayanya, Busker Busker telah mengeluarkan lagu-lagu ciamik seperti cherry blossom ending, yeosu night sea, dan love at first. Bahkan lagu cherry blossom ending hingga kini menjadi lagu wajib yang harus didengarkan pada musim semi di Korea Selatan karena irama dan liriknya yang sangat manis. Kamu juga pasti suka!

4. Drug Restaurant

Drug Restaurant

Drug Restaurant via http://www.c9ent.co.kr

Group band ini terbentuk pada tahun 2014 dan awalnya bernama Jung Joon Young Band (JJY Band), mengikuti nama leader-nya, Jung Joon-Young yang merupakan seorang penyanyi solo sekaligus entertainer Korea. Band ini kemudian merubah namanya menjadi Drug Restaurant pada 27 Mei 2016 untuk mengenalkan musik maupun anggota band secara lebih umum, tidak hanya seperti sekedar terfokus pada leader-nya saja. Nah, anggota Drug Restaurant sendiri adalah Jung Joon-Young (vokal, gitar), Jung Seok-Won (bass), Jo Dae-Min/Dammit (gitar), dan Lee Hyun-Gyu/Drok Q (drum).

Drug Restaurant mengusung genre rock dengan sentuhan british rock yang sangat kental. Terhitung sejak awal debut yakni pada 27 Mei 2015, band ini telah merilis 3 mini album dan yang terbaru yakni single yang berjudul ‘Her’. Single ini ditulis untuk mengenang pengalaman pertama mereka tour keliling Eropa, dari Moscow hingga Prague pada 2017 silam.

Menariknya, meski group band ini berasala dari Korea, mini album ketiga mereka yang berjudul ‘Pomade’ adalah full English album sehingga album tersebut menjadi album pertama internasional mereka. Hal tersebut disambut positif oleh para pendengar musik, bahkan berkat album itu juga, Drug Restaurant melakukan tour keliling Eropa.

5. Hyukoh

Sama seperti CNBLUE dan Busker Busker, Hyukoh adalah band indie Korea. Nama mereka mulai dikenal setalah menjadi guess star variety show Korea, Infinity Challenge. Setelahnya, mereka merilis album keduanya yang berjudul ‘22’ yang menjadi titik balik kesuksesan mereka. Bahkan album tersebut sempat menduduki 10 besar tangga lagu Billboard World Album Chart. Hebat kan?

Tak hanya itu, pada 2016 Hyukoh menjadi wakil band indie Korea dan tampil dalam Strawberry Music Festival di Shanghai dan Beijing. Pada 24 April 2017 lalu, Hyuokoh merilis album ketiganya yang menempati posisi keenam di Billboard World Album Chart pada Mei 2017 lalu.

Hyukoh menjadi terkenal karena musik yang dibawanya sangat enak didengar dengan café vibe ditambah warna suara Oh Hyuk (vokalis utama) yang berat dan dalam, semakin membuat lagu-lagu Hyukoh easy listening meski kamu tidak mengerti makna liriknya. Nah anggota Hyukoh sendiri relatif muda loh yakni 1993 line! Mereka adalah Oh Hyuk (vokal, gitar), Lim Hyun-Jae (gitar utama), Im Dong-Geon (bass), dan Lee In-Woo (drum).

6. Day6

Day6 debut pada 7 September 2015 melalui mini album yang berjudul The Day. Selanjutnya Day6 terbilang cukup sukses dengan melakukan serangkaian tour mulai dari Jepang hingga Amerika. Hingga kini, Day6 telah merilis 2 mini album dan 2 album studio. Menariknya, 2 album studio milik Day6 yang berjudul Sunrise dan Moonrise dirilis secara tidak biasa, yakni melalui suatu proyek yang disebut every day6.

Yakni setiap bulan Day6 harus merilis setidaknya 2 lagu selama satu tahun secara terus menerus. Kemudian lagu-lagu tersebut dikompilasikan menjadi album Sunrise dan Moonrise. Kedua album tersebut sama-sama dirilis pada tahun 2017 silam dan mendapat tanggapan positif dari para pendengar musik.

Anggota Day6 mengatakan bahwa sangat sulit merilis lagu setiap bulan sebab mereka merasa seperti penulis yang terus dan terus menerus merilis lagu. Namun usaha mereka terbayar lunas dengan respon positif yang ditunjukkan publik atas setiap lagu mereka. Bahkan beberapa lagu sempat meraih posisi 5 besar dalam tangga lagu Korea maupun internasional.

Anggota Day6 sendiri terdiri dari 5 orang pemuda yakni Sung-Jin (vokal, gitar), Jae (gitar, vokal, rap), Young K (bass, vokal, rap), Won-Pil (vokal, synthesizer), dan Do-Woon (drum). Musik yang mereka bawa adalah modern rock dan Britpop dengan musisi inspiratif mereka One Republic.

7. The East Light

Kalau ini adalah group band yang baru saja dibentuk dan debut pada 3 November 2016 silam. Menariknya anggotanya masih muda-muda loh! Yakni kelahiran 2000-an semua. Wow! Meskipun begitu cita rasa musik mereka tidak bisa diremehkan. Mengusung genre pop, rock yang lekat dengan sentuhan EDM yang trendy membuat lagu-lagu The East Light sangat easy listening dan danceable.

Selain itu para anggota The East Light, meskipun masih muda-muda, tapi sudah memiliki cukup pengalama di bidang musik. Salah satunya adalah Lee Woo-Jin yang merupakan jebolan ajang musik populer Korea, Produce 101 Season 2 serta beberapa anggota lain seperti Lee Seok-Cheol yang merupakan jebolan The Voice Kids Korea.

Nah, siapa saja sih dedek gemes itu? Lee Seok-Cheol (drum, DJ), Lee Eun-Sung (vokal, keyboard), Lee Seung-Hyun (bass), Kim Jun-Wook (gitar), Jeong Sa-Gang (vokal, gitar), Lee Woo-Jin (vokal, keyboard). Pingin tahu bagaimana aksi mereka? Coba deh dengarkan single debut mereka yang berjudul ‘Holla’ yang dijamin asyik!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya