Sebelum jalan–jalan mengelilingi UK, harus tahu dulu nih, United Kingdom adalah negara di bagian Eropa yang terdiri dari England, Scotland, Wales, dan Nothern Ireland. Official name nya United Kingdom of Great Britain & Notherrn Ireland. Ok deh, tidak berlama lama yuk kita mempersiapkan dana selama liburan kesana, jangan salah tukar mata uang nya pound stirling ya (£).

Saatnya terbang ke London yang merupakan ibu kota dari England, kamu bisa cek wego travel untuk pilih penerbangannya, karena situs tersebut dapat merekomendasikan pesawat, harga, dan waktu yang sesuai keinginanmu. Waktu tempuh ke London kurang lebih 15 jam dan yang mau menghubungi sanak keluarga ketika sudah sampai di London, jangan sampai salah waktu. Dari Oktober sampai Maret, perbedaan waktu Jakarta- London adalah 7 jam (GMT+7). Namun pada bulan Maret sampai dengan Oktober, maka perbedaannya 6 jam/ British summer time.

Satu hal yang bisa buat suasana perjalanan kacau yaitu jangan sampai kamu salah kostum ya, untuk di London sendiri ada 4 musim,yaitu musim semi (Maret- Mei) dengan suhu berkisar 6-13oC, musim panas (Juni – Agustus) dengan suhu berkisar 12-20oC, musim gugur (September- November) dengan suhu berkisar 15-5oC, dan musim dingin (Desember- Februari).

1. Iconic places, Iconic pose

platform 9 3/4

platform 9 3/4 via http://www.sedbona.com

Tentu saja jika sudah mengunjungi London maka jangan sampai melewatkan berpose di landmark London seperti Palace of Westminster yang merupakan kompleks Istana Kerajaan Inggris yang terletak di tepi sungai Thames, City of Westminster, Central London. Menuju Elizabeth tower di mana terdapat Big Ben atau Great Bell, salah satu ikonik Inggris berupa bel dan jam dinding besar, dengan diameter 7 meter dan bel seberat 16 ton, dengan tinggi menara 96 meter.

Waw tiap jam kita akan dengar suara dentang bell Big Ben, jadi selalu ingat waktu ya! Masih di dekat sungai Thames, jangan lupa mengunjungi tower bridge karena uniknya, jembatan ini akan terangkat jika ada kapal yang akan melewati sungai tersebut.

Menikmati kota London dari ketinggian, yuk coba menaiki ferris wheel tertinggi di Eropa, London eye, letaknya di bagian selatan sungai Thames, Borough of Lambeth. Tinggi nya 135 meter loh.

Masih mengunjungi landmark London, yaitu Buckingham Palace yang merupakan kediaman keluarga Kerajaan Inggris yang terletak di City of Westminster. Ada spot yang dibuka untuk publik seperti Queen’s gallery yang menyimpan berbagai item koleksi kerajaan Inggris (sudah berasa jadi keturunan darah biru kah?)

Jangan melupakan sejarah, yuk ke museum nasional nya London, terletak di Crownwell Road, South Kensington, London, bisa lihat skeleton dinausaurus dan koleksi Charles Darwin. Setelahnya menikmati santai sore di central London yang terdapat Trafalgar Square ,merupakan lapangan dikelilingi bangunan indah dan ada monumen Nelson’s column.

Di lapangan ini terdapat banyak burung merpati, cocok buat foto nih.. Terakhir, bagi penggemar Harry Potter, mesti banget mengunjugi spot–spot lokasi pengambilan film Harry Potter seperti Platform 9 3/4 di King’s Cross Station, Leadenhall Market, St Pancras International , cathedral of Gloucester di sekitaran Britain.

2. It Smells Good.. and It's really good!

Lancashire hotpot

Lancashire hotpot via https://www.bbcgoodfood.com

Jalan–jalan saja membuat kita lapar tentunya, jangan lupa kulineran makanan khas UK, fish and chips. Rasanya segar, krispy , yummy! Makanan selanjutnya adalah Scotch Egg, yaitu seperti bakso yang digoreng dengan tepung dengan ukuran lumayan besar. Didalam nya ada telur rebus, dan enak dimakan dengan saus tomat.

Berbicara soal sandwich, ada beberapa rekomendasi seperti duck confit sandwich (sandwich ini tidak menggunakan roti biasa melainkan ciabatta sehingga lebih crunchy ) atau sandwich keju bakar yang terkenal. Rotinya diberi isian beberapa campuran jenis keju kemudian di bakar dan diberi saus rahasia, yummy!

Ada juga Lancashire hotpot yang merupakan hidangan panggang yang terdiri dari daging, bawang merah, dan kentang yang dipanggang dialam panci besar selama sehari dengan api kecil sehingga bumbu ini dapat meresap maksimal kedalam daging. Makanan ini berasal dari kota industri Lancashire di barat laut Inggris. Untuk yang terakhir, jangan lupa mencicipi beef welington, yang merupakan steak sapi fillet yang dimasukkan kedalam pastel puff dan dimasak, wajib sekali untuk dicoba.

#AyoKeUK #WTGB dan #OMGB

3. Culture and Music Clasic, feel classy and curious

Royal Opera House

Royal Opera House via http://www.roh.org.uk

Pertunjukan seni klasik dan opera. Yup, di London terdapat dua rumah opera yang terkenal yaitu Royal Opera House dan Colisium Theater, di sana kita bisa melihat juga royal ballet yang membuat kita takjub.

4. Relax ..It's Tea Time

Selagi di London, harus tau juga gaya hidup dan kebiasaan unik disana, supaya tidak bingung, contohnya adalah kebiasan berjalan cepat. Karena cuaca yang seringkali dingin, maka penduduk London enggan berlama-lama di luar ruangan apalagi ketika angin berhembus kencang. Ketika berada di eskalator juga disarankan untuk berdiri di sebelah kanan, karena pada bagian kiri digunakan oleh orang yang berjalan karena terburu buru.

Lalu jangan sampai ke GR an ya ketika ada seseorang yang membukakan pintu untukmu karena penduduk disana merasa memiliki kewajiban membukakan pintu orang di depan maupun di belakangnya. Kemudian ketika kita makan di tempat, terdapat biaya tambahan daripada makanan dibungkus dan dibawa pulang, keterbatasan lahan mungkin menjadi alasan mengapa tempat makan di London tidak terlalu besar.

Kebiasaan orang Inggris yang lain adalah tradisi afternoon tea, yang merupakan acara minum teh bersama yang dilakukan setelah makan siang dan menjelang sore hari. Tidak hanya minum teh, tapi juga akan makan cemilan kecil yang disusun dalam rak susun bertumpuk. Mesti coba budaya di London satu ini.

5. Festival !!

Notting Hill Carnival

Notting Hill Carnival via http://www.cityaparts.com

Di London juga banyak terdapat festival setiap tahunnya seperti London Beer Week, Notting Hill Carnival,dll, jangan lupa mengecek visit Britain setiap akan kesana ya. Enjoy your journey !

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya