Yogyakarta terkenal dengan wisata alamnya serta peninggalan sejarah dan kebudayaan lokal yang masih dipertahankan hingga saat ini. Ada banyak tempat-tempat menarik di kota jogja selain Malioboro, Pantai Parangtritis dan Candi Prambanan yang jarang diketahui para wisatawan. Berikut surga tersembunyi di kota jogja yang pasti bikin semangatmu balik lagi.

1. Pulau Timang

Advertisement

Buat kamu yang suka tantangan wajib banget nih ke pulau timang yang terletak di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus , gunung Kidul. Pulau Timang menawarkan keindahan alam yang luar biasa, ombak pantai selatan yang ganas dan bukit pulau karang menjadi daya tarik pengunjung. 

Di sini kamu juga bisa mencoba naik gondola dan jembatan layaknya nelayan di Gunung Kidul, ombak besar tidak menyurutkan antusias pengunjung untuk mencobanya. Cukup membayar Rp 150.000 untuk menaiki gondola dan Rp 100.000 untuk menyebrangi jembatan.

2. Pantai Kesirat

Masih di Gunung Kidul, tepatnya di Pantai Kesirat yang dijuluki surganya pantai di Yogyakarta. Buat yang suka camping tempat ini recommended banget nih, perpaduan pantai pasir putih, sunset disore hari, spot rock fishing dan hamparan rerumputan hijau menjadi ikon favorit pantai ini dijamin deh bikin kamu rileks.

3. Bukit Suroloyo

Advertisement

Terletak di Kulonprogo tepatnya di Pegunungan Menoreh perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah. Puncak Suroloyo ini memiliki legenda yang menceritakan Raden Mas Rangsang yang mmiliki gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Dari puncak bukit kita bisa melihat candi Borobudur, pemandangan kota magelang, kawasan Pantai Glagah, dan puncak Gunung Merapi.

4. Air Terjun Sidoharjo

Masih di Kabupaten Kulonprogo, terdapat salah satu destinasi wisata yang memanjakan mata yaitu Air Terjun Sidoharjo yang merupakan air terjun tertinggi di Yogyakarta. Pemandangan alam yang indah, derasnya guyuran air yang segar dan jernih menjadi menjadi surga tersendiri bagi para pengunjung.

5. Goa Langse

Terletak di area hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul Goa Langse menyimpan keindahan yang eksotis di sudut tersembunyi Gunung Kidul. Perbukitan terjal dan laut selatan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tidak mudah untuk mencapi puncak, medan yang curam menjadi tantangan ekstrim yang harus dilewati. Namun kerja keras tidak akan menghianati hasil, semua terbayar dengan keindahan yang disuguhkan yang maha kuasa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya