Dalam menjalani hidup tentunya harus selaras dan seimbang antara jiwa dan raga maka hidup ini menjadi bahagia. Kebanyakan orang merasa hidupnya monoton. Mereka menjalani hidup hanya mengalir saja tanpa arah dan tujuan yang jelas. Kamu pun pasti sering merasa seperti itu bukan? Maka rubahlah itu semua!

Mulailah dengan melakukan perubahan pada aktivitas sehari hari. Melakukan kebiasaan baik yang dapat memberi dampak yang positif dan memperbaiki kualitas dirimu. Ada beberapa hal di bawah ini yang dapat mengubah hidupmu menjadi penuh arti.

1. Berpikir Positif

Positive thinking

Positive thinking via https://www.star2.com

Sayangi diri mulai dari memikirkan hal-hal positif. Semua berawal dari pikiran yang jernih dan sehat, jangan terlalu berpikir keras akan sesuatu. Itu justru akan berdampak buruk dan menghambat produktivitas hidupmu. Hal buruk yang kamu pikirkan justru akan membuatmu takut untuk bertindak.

Advertisement

Maka kamu akan tertinggal satu langkah dari orang yang optimis dalam memandang sesuatu hal. Padahal hidup ini menuntut kamu untuk terus bergerak. Rubahlah mindset kamu sekarang, yakinlah bahwa semua yang terjadi merupakan apa sudah digariskan oleh Tuhan dan semua itu yang baik untukmu.

Advertisement

Jangan pernah takut dan mengkhawatirkan sesuatu. Karena dibalik pikiran yang positif akan membawa dampak yang positif pula.

"Ingatlah kebahagiaan itu tidak bergantung pada siapa Anda atau apa yang Anda miliki; kebahagiaan hanya bergantung pada apa yang Anda pikirkan." – Dale Carnige

2. Olahraga

Semua orang tahu pentingnya berolahraga, akan tetapi kebanyakan orang malas untuk melakukannya. Tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsinya dan olahraga adalah cara mudah yang bisa dilakukan.

Banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari berolahraga seperti membentuk tubuh yang ideal, meningkatkan daya pikir, menambah nafsu makan, dan menjauhkan dari berbagai penyakit.

Raga yang kuat maka jiwa pun sehat.

3. Jangan Berhenti Belajar

Dalam hidup ini selalu dihadapkan pada perubahan dalam berbagai hal, mau tidak mau kamu harus mau menerima perubahan itu. Agar tidak tertinggal oleh zaman, mulai sekarang kamu jangan malas untuk menggali berbagai informasi yang belum kamu ketahui.

Informasi bisa kamu dapatkan dari internet, majalah, koran, bahkan orang lain. Maksud dari orang lain disini adalah pengalaman hidupnya yang dapat memotivasi dirimu.

4. Memperhatikan Sekitar

Kebersamaan

Kebersamaan via http://foundcare.org.au

Sebagai makhluk sosial, manusia seyogianya memperhatikan lingkungan sekitar. Jangan acuh, lakukan hal baik karena hal baik itu akan kembali ke diri kamu lagi. Tak perlu memikirkan upah dan balas budi atas apa yang kamu lakukan. Nyatanya membantu sesama dapat membuatmu merasa senang.

Menjadi orang yang bermanfaat kepada orang lain tentu akan sangat menguntungkan bagimu. Walaupun keuntungan tersebut tidak secara langsung kamu dapatkan. Namun kamu sudah percaya bahwa setiap kebaikan yang dilakukan akan mendapatkan pahala.

5. Family Time

Sesibuk apapun rutinitas yang kamu lakukan, luangkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Bagaimanapun keluargalah orang terdekat kamu yang membawa pengaruh besar dalam hidupmu. Ketika bersosialisasi dengan orang-orang yang kamu cintai, kamu akan merasa lebih dihargai.

Karena kamu hidup tak hanya untuk dirimu sendiri, tetapi ada keluarga yang kamu sayangi yang juga ingin kamu bahagiakan. Keberadaanmu sangat mereka nanti-nantikan. Untuk itu segera rencanakan kegiatan bersama keluarga seperti wisata atau hanya sekedar kumpul menonton tv bersama agar tercipta keharmonisan.

6. Me Time

Beri waktu untuk sendiri

Beri waktu untuk sendiri via https://www.mydeal.com.au

Sebagian besar dari kita tahu bahwa perawatan diri membuat bahagia. Tetapi apakah kita meluangkan waktu untuk memikirkan apa sebenarnya arti perawatan diri bagi kita masing-masing? Tentu saja diri sendiri juga membutuhkan waktu untuk relaksasi sendirian.

Bersahabatlah dengan diri sendiri, memberikan cinta untuk diri sendiri, dan memperhatikan diri sendiri. Setelah beraktivitas seharian yang membuatmu kelelahan, berilah waktu untuk dirimu bersantai sembari mendengarkan musik relaksasi.

Luangkan waktu hanya untuk dirimu sendiri, jauh dari gangguan apapun dan yang membuatmu tenang. Ada kalanya kamu harus introspeksi diri bukan berarti mencari kesalahan diri, tetapi mengoreksi agar lebih baik lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya