Sering dikejar deadline, bahkan terlalu sering begadang demi menyelesaikan sesuatu. Pekerjaan tidak kunjung selesai, pekerjaan yang dilakukan tergesah-gesah hingga hasil belum maksimal. Jika kendala ini sering menghampiri, waspadalah! Anda terjangkit virus mager terlalu lama. Ujung-ujungnya pekerjaan telantar.

Manusia mempunyai keterbatasan dalam beraktivitas tidak bisa dipungkiri, mereka juga butuh istirahat. Bagi kamu yang merasa jenuh dengan rutinitas semacam ini, ada tips yang akan membantu;

1. Bulatkan Tekad dan Memupuk motivasi!

Kuatkan Niat

Kuatkan Niat via http://www.canva.com

Niat yang kuat modal awal untuk tidak terbiasa mengabaikan tugas, menyepelekan pekerjaan maupun menunda sesuatu. Perbaiki niat Anda, entah untuk mendapatkan gaji, untuk menaikkan branding maupun hanya karena passion.

Advertisement

Kalau niat sudah siap segera memupuk motivasi, tanpa motivasi tidak akan berhasil. Misalnya termotivasi agar bisa sukses semuda mungkin atau punya banyak gelar maupun ingin terkenal. Niat dengan motivasi itu beda tipis, kalau motivasi yang menjadi mobilnya kalau niat itu bensinnya.

2. Menyusul Jadwal Baru

Atur kembali jadwal rutinitasmu

Atur kembali jadwal rutinitasmu via https://www.pexels.com

Jangan habiskan waktu dengan menunggu waktu tepat, tetapi susun jadwal baru agar rutinitas terlaksana dengan baik. Kalau sudah punya jadwal, waktu akan digunakan secara produktif. Kalau perlu tulis jadwal di dinding kamar. Agar ingat apa yang akan dilakukan selanjutnya.

3. Percaya pada Kemampuan Diri

Percaya Diri

Percaya Diri via https://www.pexels.com

Saat memutuskan mengerjakan sesuatu, yakini pilihan Anda sudah yang terbaik. Kerjakan dengan percaya diri, bahwa setiap hasil tidak akan menghianati usaha. Hindari proses instan seperti mengambil karya orang lain, itu akan merobohkan reputasimu.

4. Berproses dengan Baik

Proses sukses

Proses sukses via https://www.pexels.com

Advertisement

Sejatinya dalam mencapai tujuan yang baik pasti banyak rintangan, masalah dan perasaan ingin menyerah. Tetap berproses walaupun keadaan tidak memungkinkan. ‘Istiqomah’ pada jalan yang Anda yakini baik untuk kehidupan masa depan.

5. Disiplin

Tepat waktu kunci keberhasilan

Tepat waktu kunci keberhasilan via https://www.pexels.com

Ini yang paling sulit bagi mereka yang hanya sibuk membaca gosip, desas-desus, urusan orang lain maupun terlalu lama bermain media sosial atau game. Waktu lebih banyak terbuang untuk hal yang sia-sia. Boleh main gadget tetapi harus ingat dengan kewajiban.

Jangan malah asyik di satu tempat melupakan tempat lainnya. Perkara ini wajib pasang alarm! Kalau terbiasa jam karet, tugas apa pun tidak akan selesai.

Orang bilang, teori itu muda tapi praktik? Tentu saja tidak akan sulit selagi kita berusaha memegang prinsip untuk menuju kesuksesan. Tidak ada yang mustahil di dunia ini, selagi kita usaha dan berdoa. Tugas-tugas akan berjalan baik, saat kita sudah berniat langsung action tanpa tunda lagi.

Penulis: Baiq Cynthia/www.baiqcynthia.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya