#LebaranTanpaBajuBaru Berikut ini 5 Tips Tetap Tampil Modis di Hari Raya!

Lebaran dengan Baju Baru Tidak Harus Menjadi Tradisi

Lebaran tidak harus serba baru karena yang terpenting adalah keberkahannya dan esensi dari hari raya tersebut. Niat untuk memulai segala hal dengan hati yang bersih dan melepaskan semua beban. Kembali suci di hari fitri dengan memaafkaan dan berdamai dengan yang telah terjadi merupakan kuncinya. Jadi, lebaran tanpa baju baru pun bukan hal yang aneh dan tidak harus menjadi tradisi. Tidak ada salahnya kita menggunakan baju yang ada. Ataupun tidak sempat membeli baju untuk hari raya, tidak masalah. Kamu bisa lakukan beberapa hal ini untuk mengakalinya. Lebaran tanpa baju baru tapi tetap tampil modis, berikut ini tipsnya!

Advertisement

1. Gunakan Warna yang Tidak Pernah Kamu Gunakan

Foto oleh Ksenia Chernaya dari Pexels

Foto oleh Ksenia Chernaya dari Pexels via https://www.pexels.com

Tips pertama adalah gunakan warna yang tidak pernah kamu gunakan sebelumnya. Gunakan warna baju atau setelan dengan yang berbeda dari tahun kemarin dan  beberapa tahun sebelumnya. Namun tetap gunakan warna yang paling cocok denganmu. Jika kamu sering menggunakan warna pastel, mungkin kamu bisa menggunakan warna pastel yang sering kamu tidak gunakan. Menggunakan warna yang berbeda dari gayamu pun bisa saja agar terlihat lebih fresh, namun tetap gunakan warna yang sesuai. Cobalah beberapa baju yang ada dengan warna pakaian berbeda lalu berfoto, setelah itu bandingkan mana warna yang terlihat fresh dan sesuai.

2. Pakai Aksesoris untuk Mengubah Gaya Baju

Foto oleh Artem Beliaikin dari Pexels

Foto oleh Artem Beliaikin dari Pexels via https://www.pexels.com

Tips kedua adalah menggunakan aksesoris. Gunakan aksesoris untuk mengubah baju atasan, mungkin bisa kamu gunakan. Seperti misalnya, kalung panjang bisa kita gunakan untuk ikat pinggang. Kamu bisa mengubah model tunik yang kaku dengan tambahan aksesoris sederhana seperti kalung atau ikat pinggang kecil agar terlihat lebih modis. Ataupun kamu bisa gunakan kalung sederhana dengan warna yang sama dengan atasan yang kamu pakai agar terlihat lebih modis. Aksesoris lainnya bisa kamu gunakan sekreatif mungkin, misalnya gelang bisa digunakan untuk model variasi hijab. Bros untuk lengan baju, kamu bisa tarik lengan baju sedikit keatas untuk mengubah tampilan dari sisi lengan. Gaya ini biasanya cocok untuk kamu yang suka coba coba atau modern style yang tidak kaku mengikuti perkembangan mode. Tapi justru menciptakan gaya sendiri. Penggunaan aksesoris bisa memberikan efek stylish tapi juga harus diingat gunakan aksesoris sederhana agar tidak menimbulkan kesan mencolok atau norak.

Advertisement

3. Gaya Berhijab yang Berbeda

Foto oleh Mikhail Nilov dari Pexels

Foto oleh Mikhail Nilov dari Pexels via https://www.pexels.com

Tips ketiga adalah gaya berhijab. Tips ini cocok untuk kalian yang berhijab bisa menjadi rekomendasi. Gunakan gaya berhijab yang berbeda dari yang sering kamu lakukan. Jika kamu sering menggunakan kerudung dengan segiempat, maka tidak ada salahnya kamu mencoba dengan pashmina atau mengubah gayanya. Ada kalanya kita ingin tampil berbeda dan sudah jenuh dengan gaya kerudung yang begitu begitu saja. Kamu bisa variasikan model hijab. Berikut ini salah satu contoh model berhijab. Kamu bisa coba gaya kerudung versi penulis, yaitu segi empat dengan tampilan menyerupai rambut jatuh. Jenis kerudung bisa menggunakan jenis paris atau jenis tipis dan harus polos. Lipat kerudung segiempat menjadi persegi panjang, tempelkan ujung kanan dan kiri. Posisikan garis pinggiran panjang kerdung diatas rambut dengan ujung lipatan berada dibawah. Sesuaikan dengan bentuk wajah, sejajarkan pinggiran kerudung dengan tulang pipi. Lalu, gunakan peniti atau jarum untuk mengikatnya. Setelah itu tarik kedua ujung kerudung sebelah kiri ke kanan gunakan peniti atau jarum untuk mengikatnya. Terakhir tarik ujung kerudung sebelah kanan pada lipatan kedua (sisi dalam) ke kiri dan gunakan peniti. Sisanya adalah lipatan yang tidak diikat dibiarkan terurai.

4. Ubah Gaya Atau Tidak Kaku Mengikuti Mode

Foto oleh Ba Tik dari Pexels

Foto oleh Ba Tik dari Pexels via https://www.pexels.com

Lebaran dengan baju baru tidak harus menjadi tradisi. Tips yang terakhir adalah tampil dengan gayamu sendiri. Jangan terlalu fokus dengan mengikuti perkembangan mode, kamu pun bisa tampil dengan gayamu. Kamu bisa padu padankan gaya casual, stylish trendy, ataupun sedikit formal. Buatlah daftar dari beberapa gaya lainnya lalu kamu bisa tentukan mana gaya yang lebih menunjukan jati dirimu. Ini berlaku untuk semua situasi. Kuncinya adalah percaya diri dan selalu mencoba agar tahu mana yang lebih baik. Tidak lupa selalu minta pendapat dari temanmu.

5. Mix and Match Setelan

Foto oleh Fety Puja Amelia dari Pexels

Foto oleh Fety Puja Amelia dari Pexels via https://www.pexels.com

Tips lainnya yang bisa kamu gunakan adalah mix and match setelan. Pilih dan padu padankan baju dapat kamu lakukan, misalnya dengan warna baju dan setelan yang memiliki warna yang sama serta bahan yang tidak jomplang. Mix and Match yang baik adalah jika setelan yang kamu pasangkan tidak menghasilkan efek tumpang tindih atau saling bertabrakan. Mix and Match haruslah menghasilkan satu tampilan atau one looks. Jika dilihat fokus akan utuh terhadap satu setelan pakaian. Intinya adalah setelan yang kamu pasangkan harus serasi dan saling melengkapi. Contohnya kamu bisa mix and match setelah dress putih dengan kemeja putih. Jika setelan dress tidak berlengan atau model u can see, kamu bisa padankan dengan kemeja putih sederhana. Tapi perlu diingat juga untuk memilih bahan yang bisa menyatu adalah penting supaya tidak menimbulkan kesan norak. Salah satunya adalah mencari pasangan setelan dengan warna yang senada. Contoh lainnya mungkin kamu bisa menggunakan scarf panjang atau kerudung dengan motif sederhana untuk dipakai sebagai outer atau setelan luar. Saat ini kerudung ataupun scarf bisa menjadi kombinasi setelan atau outer.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Shot the moments on frame (Photograph), Edit with heart and Share it on content (Writing).

Editor

CLOSE