Lebih Baik Menjomblo Tapi Bahagia Daripada Menjalin Hubungan Tapi Berakhir Sia-sia

JONES: jomblo with happiness

Hai sohiip, apakah saat ini kamu masih jomblo? “Cielah…udah tahun 2021 masih aja jomblo. Emang jomblonya sejak kapan? Sejak Embrio ya? Wkwk” Becanda kok sohiip..Cuma lagi niruin orang yang senengnya nyinyirin orang jomblo aja. Padahal kaum jomblo ini fine-fine aja lho, tapi  kok malah mereka yang ribut. Ngeliat para jomblo kok kesannya miris banget kaya hidupnya gak bahagia.

Dan anehnya lagi, bagi sebagian orang, jomblo dianggap sebagai status yang negatif, seolah-seolah kita “tak laku” atau jual mahal. Padahal menjadi jomblo itu jauh lebih baik dibandingkan harus menjalin hubungan dengan orang yang salah.

Banyak banget kasus yang sekarang ini lagi happening, toxic relationship, misalnya. Aduuh itu kan lebih miris dibandingkan orang yang lagi jomblo. Kalo boleh milih sih, mending menjomblo daripada terjerat sama hubungan yang toxic. Itu artinya, orang yang berada dalam suatu hubungan belum tentu mereka bahagia. Ini menjadi bukti bahwa kebahagiaan itu tidak bisa ditentukan oleh status.

Dan kata siapa single atau tak memiliki pasangan pasti sedih dan tersiksa? Pada kenyataanya, hasil penelitian menunjukkan hasil yang berbeda. Ternyata Jomblo ini baik dan membuat bahagia. Wah.. keren kan penelitiannya? Jadi, jangan khawatir ya mblo-jomblo.

Fakta ini terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan Bella DePaulo. Ia mengungkapkan bahwa memiliki sahabat yang peduli ternyata membuatmu terdukung daripada hanya menumpuk emosi saat menjalin hubungan asmara. Alasannya, saat kamu sedang menjalin hubungan dengan seseorang, seluruh waktu seolah tersita dengannya. Kalau sudah begini, frekuensi bertemu dengan sahabatmu atau teman-temanmu menjadi berkurang.

Dan nggak jarang, kamu malah dibuat stres oleh hubungan kalian yang sering banget banyak drama. Kadang malah ada istilah putus nyambung. Udah kaya sinyal aja kalo lagi daring ya, pake istilah putus nyambung. Tapi ternyata gak cuma itu lho sohiip, ternyata ada beberapa hal lain yang membuktikan bahwa ternyata, kita-kita nih para jomblo hidupnya bisa lebih bahagia dan produktif lho dibanding orang-orang yang menjalin hubungan.

Advertisement

1. Lebih baik menjomblo daripada setiap hari menelan rasa kecewa

by : pixabay

by : pixabay via http://https

Saat menjalin hubungan dengan orang yang salah, ada kemungkinan besar kita akan berakhir dengan rasa kecewa dan penderitaan yang dalam. Daripada menjalin hubungan dengan orang yang salah yang jelas-jelas akan berakhir buruk, lebih baik jadi jomblo yang bahagia.

Kita pun tak akan dibayangi oleh rasa kecewa maupun kemungkinan untuk dicampakkan. Sohiip, tak apa jika saat ini kamu masih jomblo. Akan ada orang yang tepat dan terbaik untuk kamu nantinya. Jadi gak perlu ya memaksakan diri untuk menjalin hubungan, hanya karena sudah lelah di-bully sebagai seorang jomblo, oke?

Advertisement

2. Terhindar dari hubungan cuma karena status semata

Foto oleh Julia Avamotive dari Pexels

Foto oleh Julia Avamotive dari Pexels via http://https

Siapa nih di sini yang menjalin hubungan, tapi biar keliatan keren dan dianggap ber-gaya? Biar gak dianggap culun dan jadul? Biar gak dianggap kudet? Wah..ini sih harus bener-bener dihindarin.

Karena ini nggak ada untungnya sama sekali dan pastinya Cuma akan buang-buang waktu, pikiran, dan tenaga. Lebih baik kamu gunakan waktu itu untuk berkaya. Nggak papa jadi jomblo asal kita punya banyak karya daripada punya pasangan tapi cuma buat bergaya.

3. Menjadi jomblo, lebih focus mengejar mimpi dan prestasi bukan mengejar dia yang tak pasti. Eaa…

Advertisement
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via http://https

Impian dan prestasi, kedua hal tersebut menjadi bagian penting dalam hidup. Kaum jomblo punya kebebasan untuk menentukan hidup. Jika dengan status jomblo yang kita miliki kita bisa lebih mudah dan bahagia mewujudkan impian-impian kita, maka tak apa, pilih saja jalan itu.

Mungkin saat ini prioritas hidup kita lebih banyak tentang dunia karier. Agar kita bisa benar-benar berhasil, maka memang ada hal lain yang perlu agak sedikit dikesampingkan, seperti persoalan jodoh. Nanti saat prioritas hidup kita sudah mulai bergeser dan siap, maka pasti kita bisa menemukan seseorang yang tepat untuk jadi pasangan.

Jadi, jangan sedih ya mblo-jomblo karena dengan status jomblo yang kamu punya, ternyata kamu lebih punya cukup waktu, tenaga, pikiran, untuk eksplor lebih jauh lagi untuk mengembangkan diri dan karir kamu. So, be proud to be “Jomblo“ wkwk

4. Punya lebih banyak waktu untuk mengenal diri sendiri

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via http://https

Enggak punya pasangan? Don’t worry! Jadilah pasangan bagi diri sendiri dan berikan semua cinta yang diharapkan dari orang lain. Ada banyak bentuk mencintai diri sendiri, misalnya fokus pada diri sendiri atau membeli sesuatu sebagai reward bagi kerja keras kita.

Luangkan waktu untuk mencari tahu apa yang sebenarnya diinginkan dalam hidup. Saat enggak punya pasangan adalah kesempatan yang bagus untuk lebih mengenal diri sendiri.

5. You have much time to try Something New!

Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels

Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels via http://https

Manfaatkan waktu menjomblomu untuk mencoba berbagai hal baru. Misalnya bergabung dengan komunitas, mengikuti kelas melukis atau menulis. Mmm..menulis di hipwee juga boleh hehe dan bahkan kamu juga bisa mencari kerja sampingan. Lumayan kan buat tambahan uang jajan. Menjomblo adalah saat yang tepat buat kamu untuk mengeksplorasi hobi baru dan hal-hal yang membuat kamu senang dan bahagia.

6. Punya banyak kesempatan untuk merawat diri sendiri

Photo by Fernando Brasil on Unsplash

Photo by Fernando Brasil on Unsplash via https://unsplash.com

Dengan status kamu yang jomblo, kamu bisa lebih fokus pada perawatan diri sendiri tanpa harus menyeimbangkan dengan kemauan pasangan. Apa pun perawatan diri kamu, mulai dari berolahraga hingga jalan-jalan ke alam, semuanya harus benar-benar diprioritaskan. Time to take care of ourselves, yaa!

7. Biarkan yang lain bersenang-senang dan bergaya kita para jomblo, lebih memiilih untuk berkarya

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via http://https

Untuk kita yang jomblo, pastinya dengan kejombloan kita, kita dapat dengan bebas memiliki banyak waktu untuk bekarya. Tidak ada yang membatasi gerak kita, tidak ada yang meminta setiap hari untuk dijemput atau bertemu, dan tidak ada yang ingin mengajak kita untuk bermain-main dan menghabiskan waktu kita dengan sia-sia.

Dengan hal tersebut pastinya ruang gerak kita akan terbuka dengan lebar kita bisa menghabiskan waktu yang kita miliki untuk terus bekarya dan mengembangkan diri.

Kita dapat memulainya dengan menekuni salah satu bidang pekerjaan guna mengisi waktu luang seperti menulis, bekerja sampingan disalah satu perusahaan atau memulai bisnis sendiri. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengusir rasa kekosongan kita. Hal tersebut tentunya lebih menyenangkan dan bermanfaat dari pada pacaran.

8. Jomblo melatih kita menjadi mandiri dan berani

Photo by Candice Picard on Unsplash

Photo by Candice Picard on Unsplash via https://unsplash.com

Pastinya beberapa hal seperti pergi berbelanja, pergi ke kampus, pergi ke tempat makan sendirian, sering dialami para jomblo. Tetapi, jangan sedih, hal tersebut malah melatihmu untuk selalu mandiri dan tidak mudah bergantung pada orang lain.

Kamu akan lebih berani melangkah ketika kamu sendirian, kamu juga akan berjuang keras dengan motivasimu sendiri dan tidak terpengaruh oleh orang lain. Apapun yang kamu putuskan atas dasar pilihanmu, bukan karena pilihan pacar atau lainnya. Jomblo membuatmu lebih tertantang untuk selalu sigap menjalani hidup.

9. Menjadi seorang jomblo, hidupnya lebih tenang dan damai

Foto oleh Radu Florin dari Pexels

Foto oleh Radu Florin dari Pexels via http://https

Menyandang status jomblo, pastinya membuat hatimu lebih tenang dan damai tidak seperti mereka yang berpacaran yang seringkali mengajak bertengkar dikit-dikit minta putus-nyambung. Nah, dengan status jomblomu itu, hatimu akan lebih tenang dan terasa damai. Tidak ada yang marah-marah ataupun membuatmu galau.

Kamu akan lebih merasa hidup ini indah. Kamu dapat memulai hari dengan bahagia tanpa ada hal yang membuat suasana hatimu naik turun seperti roller coaster. Lebih bisa terhindar dari drama-drama yang lebih drama dibanding drama korea. Dan kamupun bebas menjalani hidup sesuai pilihan mu.

Jadi, untuk para mblo-jomblo nggak usah galau-galau lagi yaa dan gak usah takut dinilai gak bahagia. Karena jadi jomblo itu bukan karena gak laku atau sok jual mahal tapi karena seorang jomblo adalah anak muda yang mendahulukan pengembangan pribadinya untuk cinta yang lebih berkelas nantinya. 

Dan lebih baik jomblo, tapi bahagia. Daripada, pacaran, putus. Kemudian dibenci dan membenci. Jadinya malah buang waktu dan energi. Btw.. jones itu bukan kepanjangan dari jomblo ngenes ya tapi jones itu kepanjangan dari jomblo with happiness. Eaa…bisa bae mblo-jomblo

#salamjomblo

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembelajar ulung yang sedang berpetualang mencari makna kehidupan.

CLOSE