Liburan ke Solo? Jangan Lupa Kunjungi 5 Rumah Makan Ini. Konsepnya Saung dan Makanannya Beragam

rekomendasi rumah makan di solo

Kalian ada rencana kumpul keluarga besar? Mau buka puasa bersama bareng keluarga? Bosan sama suasana ramai hiruk pikuk kota? Yuk, coba deh cek daftar tempat makan di artikel ini. Ada beberapa rekomendasi rumah makan dengan konsep saung, pondok, danau yang khas ala nuansa pedesaan dan pastinya cocok buat kumpul-kumpul sama keluarga.

Advertisement

1. Mang Engking Solo

Suasana Gubuk di Mang Engking Solo

Suasana Gubuk di Mang Engking Solo via http://instagram.com

Daftar pertama ada Mang Engking Solo yang menawarkan berbagai macam olahan seafood seperti udang, cumi-cumi, kepiting dan lain sebagainya. Mang Engking Solo menyediakan area makan gubuk yang mengelilingi danau kecil yang pastinya sejuk untuk dipandang sembari menikmati hidangan yang disuguhkan. Tempatnya yang Instagram-able juga cocok untuk mengabadikan momen bersama keluarga tersayang.

Alamat: Jalan Ahmad Yani KM 7, Pabelan, Kartasura, Dusun IV, Makamhaji, Kec. Kartasura, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Advertisement

Jam Buka: 10.00-21.00 WIB

Instagram: https://www.instagram.com/mangengking_solo

2. Omahe Whawin

Advertisement
Suasana di Omahe Whawin

Suasana di Omahe Whawin via https://surakarta.go.id

Terkenal dengan julukan Ubud-nya Kota Solo, Omahe Whawin menyuguhkan konsep rumah makan angkringan dengan sentuhan nuansa khas Bali yang cocok sekali untuk acara keluarga atau sekadar kumpul bersama orang-orang tersayang. 

Interior yang ditata sedemikian rupa menyerupai suasana khas Ubud, Bali dapat mengobati kerinduan kalian akan liburan di Bali. Berhubung adanya pandemi kalian belum bisa mengunjungi Bali lagi, maka Omahe Whawin-lah solusinya!

Alamat: Jl. Kelud Selatan no.42, Jl. Nayu Utara Kelurahan No.Rt 01/05, Joglo, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 

Jam Buka: 11.00-23.00 WIB

Instagram: https://www.instagram.com/omahewhawin

3. Omah Limasan Tanjungsari

Omah Limasan Tanjungsari

Omah Limasan Tanjungsari via http://instagram.com

Meskipun tergolong baru berdiri tahun 2020, Omah Limasan Tanjungsari bisa menjadi salah satu alternatif untuk kalian yang mencari rumah makan dengan konsep khas pedesaan. Menu andalan yang ditawarkan yakni masakan khas Jawa. Lokasinya yang terletak di area persawahan menjadikan pemandangan di sore hari terlihat indah dan syahdu untuk dinikmati.

Tidak hanya itu, ada beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh Omah Limasan Tanjungsari, diantaranya yakni kolam renang anak-anak, area pemancingan, saung/gubuk, free WiFi, karaoke, dan juga menerima reservasi untuk momen buka bersama di bulan Ramadan ini.

Nah, jika kalian ingin mencoba masakan modern dengan nuansa khas pedesaan, maka Over Steak solusinya. Over Steak merupakan kafe yang masih berada di lokasi dan manajemen yang sama dengan Omah Limasan Tanjungsari. Menu yang ditawrakan pun beragam, seperti Chicken Steak, Potato Wedges, roti bakar, minuman kekinian seperti thai tea dan berbagai menu modern lainnya. Yang pasti harganya ramah di kantong dan setara dengan cita rasa yang dihidangkan.

Alamat: Jl. Supomo No 10, Tanjungsari RT 04 RW 07, Sukoharjo, Jawa Tengah

Jam Buka: 10.00-21.00 WIB

Instagram: https://www.instagram.com/omahlimasan.tanjungsari dan https://www.instagram.com/oversteak/

4. Balekambang Resto (Kepiting Mas Agus)

Suasana di Balekambang Resto

Suasana di Balekambang Resto via http://youtube.com

Mengusung slogan “Resto Keluarga Harga Mahasiswa”, Balekambang Resto atau yang dikenal juga dengan Kepiting Mas Agus menyuguhkan menu andalan berbagai olahan seafood dengan pemandangan yang sedap dipandang mata. Balekambang Resto juga menyediakan tempat untuk acara wisuda, meeting, pernikahan, ulang tahun dan lain sebagainya. 

Alamat: Jl. Balekambang No.7, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka: 11.00-21.00 WIB

Instagram: https://www.instagram.com/kepitingmasagus

5. Dapur Solo Edupark

Dapur Solo Edupark

Dapur Solo Edupark via https://dapursolo.com

Last but not least, ada Dapur Solo Edupark yang telah berdiri sejak 1988 dan pastinya sudah memiliki tempat tersendiri di hati banyak orang. Dengan mengusung konsep modern dan menyajikan menu makanan khas Jawa, Dapur Solo Edupark menjadi destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi ketika berada di Solo. Alamat: Jl. Adi Sucipto, Karangasem, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam Buka: 09.00-21.00 WIB

Instagram: https://www.instagram.com/dapursolo1988

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

less is more.

CLOSE