Ibarat sebuah seni, fashion merupakan sebuah karya yang sulit didefinisikan. Masyarakat awam sering dibuat kebingungan dengan tampilan pakaian yang bentuknya tidak lazim. Kenapa potongannya harus begini, kenapa warnanya harus begitu, dan kebingungan-kebingungan lainnya.

Meski demikian industri ini memang selalu menarik untuk diikuti perkembangannya. Kalau kamu tertarik mengenal dunia fashion, ada beberapa film yang patut ditonton untuk menambah wawasan kamu. Berikut delapan film dengan tema fashion pilihan Hipwee.

1. The True Cost (2015)

The True Cost (2015)

The True Cost (2015) via https://www.themoviedb.org

Film dokumenter berjudul ‘The True Cost’ (2015) garapan Andrew Morgan mengungkap fakta-fakta dibalik industri fast fashion. Sekadar informasi, fast fashion adalah jenis pakaian ready to wear atau siap pakai. Toko berkonsep ini banyak kita temui di mall-mall Tanah Air.

Menonton film ini akan membuat kita sadar bahwa harga yang kita keluarkan untuk sepotong pakaian di mall-mall sangat tidak sebanding dengan perjuangan hidup para pekerjanya dan dampaknya bagi lingkungan.

2. The First Monday in May (2016)

Cuplikan The First Monday in May (2016)

Cuplikan The First Monday in May (2016) via https://www.themoviedb.org

Advertisement

Para fashionista pasti sudah tidak asing lagi dengan gelaran Met Gala, sebuah acara amal untuk Metropolitan Museum of Art’s Costume Institute di New York City dan diselenggarakan Costume Institute Gala. Film dokumenter ‘The First Monday in May’ (2016) berkisah tentang persiapan pembukaan ajang fashion di salah satu museum terbesar di Amerika Serikat.

Spoiler allert, di film ini menampilkan editor In-Chief majalah Vogue internasional Anna Wintour dan bintang-bintang ternama dunia seperti Anne Hathaway hingga Rihanna mengenakan pakaian dari desainer ternama.

3. The September Issue (2009)

Masih dari film dokumenter, ‘The September Issue’ (2009) menceritakan proses pembuatan majalah fashion paling berpengaruh di dunia, Vogue. Di bulan September, majalah Vogue biasanya hadir dengan jumlah halaman lebih banyak dibanding edisi-edisi di bulan lainnya.

Advertisement

Nah, film ini menunjukkan bagaimana proses dari awal seperti pemilihan model, fashion items yang akan ditampilkan di majalah edisi spesial, pemotretan, hingga akhirnya kitab bagi para fashionista itu terbit.

4. Dior and I (2014)

Cuplikan Dior and I (2014)

Cuplikan Dior and I (2014) via https://www.themoviedb.org

Frédéric Tcheng, sutradara film dokumenter ‘Dior and I’ (2014) ingin menampikan apa saja yang terjadi di dalam rumah mode Christian Dior saat Raf Simmons menjabat sebagai Artistic Director. Banyak drama terjadi dalam proses penciptaan koleksi busana butik paling prestisius di dunia ini.

Film ‘Dior and I’ sudah diputar di festival film internasional termasuk Tribeca film festival, Sydney film festival, New Zealand International film festival, dan Rio de Janeiro International film festival.

5. Yves Saint Laurent (2014)

Cuplikan Yves Saint Laurent (2014)

Cuplikan Yves Saint Laurent (2014) via https://www.themoviedb.org

Yves Saint Laurent merupakan seorang desainer berbakat asal Prancis sekaligus pendiri rumah mode. Film garapan Jalil Lespert ini memperlihatkan kehidupan Laurent dalam menapaki karir di industri fashion. Tidak hanya itu, ‘Yves Saint Laurent’ juga menampilkan kisah cinta antara Laurent dan Pierre Berge, rekan Laurent saat mendirikan rumah mode, serta kehidupan kelam desainer kelahiran Aljazair tersebut.

Fashion lebih dari sekadar kisah-kisah menarik dari pembuatan baju dan celana yang kita kenakan hari ini. Beberapa nama yang bergerak di industri ini juga turut andil dalam mengubah pandangan banyak orang tentang cara berpakaian. Punya rekomendasi film dengan tema film serupa? Yuk tulis di kolom komentar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya