Dengan gencar pemerintah dan lembaga pendidikan melakukan sosialisasi tentang bijak menggunakan internet dan sosial media, salah satunya adalah dengan program Internet Positif. Selain itu juga pemerintah bekerja sama dengan dinas terkait melakukan pengawasan terhadap media elektronik dan aktifitas internet bahkan hingga menerbitkan undang- undang yang mengatur hal tersebut.

Sekarang giliran kita sebagai pengguna internet dan pemilik akun sosial media mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan Lainnya, apakah kita sudah mendapatkan hal bermanfaat dari Internet dan Sosial Media tersebut? Kalau belum, ada baiknya kamu membaca artikel ini guys! hehe.

1. Personal Branding

Menjadi Youtubers?

Menjadi Youtubers? via https://www.tecmundo.com

Hal yang paling penting dalam menggunakan sosial media adalah pada akhirnya semua yang kamu tampilkan mulai dari tulisan, foto, video, maupun konten lain akan menjadi konsumsi masyarakat umum. Mulai dari teman dekat, saudara, hingga orang- orang bahkan kamu tidak pernah temui sebelumnya.

Advertisement

Karena hal tersebutlah, sosial media menjadi semacam pandangan pertama dalam menilai seseorang dan menjadi "merk" bagi orang tersebut. Bahkan, ketika seseorang mengajukan untuk beasiswa dan melamar pekerjaan seringkali dilakukan screening terhadap akun sosial media terhadap orang tersebut.

Cara bermanfaat untuk melakukan Personal Branding secara online adalah :

1. Hanya unggah hal- hal yang baik.

Advertisement

2. Menulis artikel (Namun harus hati- hati dengan hak cipta)

3. Menjadi blogger, vlogger, selebgram, atau seniman online.

Untuk poin nomor dua dan tiga, jika karya kamu disukai maka tidak jarang juga dapat mendapat penghasilan dari karya tersebut.

2. Jaringan Sosial dan Relasi

Daftar Media Sosial

Daftar Media Sosial via https://google.com

Sudah dapat dimengerti dengan sangat mudah terkait hal ini. tujuan utama dari sosial media memang untuk menambah teman dan relasi. Atau bahkan dapat kembali menemukan teman lama atau saudara yang sudah lama tidak bertemu.

Namun seringkali masih ada saja seseorang yang tidak melakukan penyaringan dalam akun sosial medianya. mereka lebih mementingkan kuantitas jumlah pertemanannya, namun pada akhirnya terbawa ke jaringan sosial yang salah. Hal ini tidak main- main, bahkan sudah ada korban jiwa dari perkenalan di sosial media.

Untuk itu kita tetap harus melakukan penyaringan terhadap "Friend Request" dan mulai unfriend atau unfollow akun- akun yang dirasa membawa dampak yang kurang baik.

3. Media Belajar Online

Seiring dengan beralihnya dan berkembangnya cara belajar dari manusia, kini belajar tidak melulu bersumber dari buku. Sudah banyak situs- situs yang bermanfaat dapat menjadikan sumber belajar.

Bahkan juga, kini mulai bermunculan kursus, seminar, dan pelatihan daring di Indonesia. selain lebih fleksibel biaya yang dikeluarkan juga relatif lebih murah karena cost untuk mengadakannya pun lebih murah. Bagi kalian yang masih bingung dimana situs yang menyediakan pelatihan, kursus, dan seminar online dapat akses dalam artikel saya sebelumnya :

5 Rekomendasi Kursus Online Buatmu yang Ingin Pintar Tanpa Harus Pergi ke Sekolah!

Selain mendapat ilmu yang bermanfaat, peserta pun mendapatkan sertifikat penunjang untuk mencari pekerjaan atau sebagai bahan pajangan di rumah.

4. Media Bisnis Online

Mungkin hal ini sudah tidak perlu dijelaskan lebih lanjut ya guys. Penjual di media sosial maupun dalam situs resmi jual-beli sudah tidak terhitung banyaknya. Mungkin kamu salah satunya.

Namun karena banyaknya persaingan dalam penjualan online ada baiknya kamu kembali ke poin pertama, kedua, dan ketiga untuk dapat meningkatkan penjualan produk kamu.

5. Kompetisi atau Lomba Online

Kompetisi Online!

Kompetisi Online! via http://www.onlinecompetitions.org

Nah! Nah! ini yang masih tergolong baru dalam dunia sosial media. masih banyak yang belum mengetahui bahwa banyak institusi, lembaga, maupun organisasi yang mengadakan kompetisi online. mungkin kalau kamu cari di Google masih sedikit tersembunyi. kamu bisa cari di akun sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan yang lain.

Mulai dari kompetisi puisi, menulis cerpen, fotografi, video, dan bahkan ada giveaway produk- produk hanya dengan bantu promo akun tersebut. Coba deh mulai dari hari ini untuk mengikuti lombanya.

Gimana? sudah terinspirasi melakukan sesuatu yang bermanfaat di Internet? jangan buang waktu kamu untuk melakukan hal yang kurang bermanfaat di Internet ya semuanya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya