Barangkali sangat banyak sekali ragam produk yang mungkin sempat hits di zamannya, namun kamu sudah 'sulit' bahkan tak pernah Anda jumpai lagi keberadaannya. Ya, terkadang strategi pembuatan produk 'baru' menjadi senjata ampuh bagi perusahaan, namun tak sedikit pula strategi tersebut justru bisa mengalami kegagalan sehingga memaksa perusahaan terkait untuk menarik kembali produk tersebut.

Nah, berikut adalah lima produk yang mungkin bisa dikatakan sempat hitz di pasaran namun kini telah menghilang keberadaannya. Mau tahu apa saja produk tersebut?

1. Aqua Spalsh Fruit

Aqua Splash Fruit

Aqua Splash Fruit via https://refreshmentshop.co.uk

Produk minuman yang diluncurkan pada tahun 2004 ini memang memberikan gaya baru pada varian minuman air mineral. Aqua Splash Fruit bukanlah produk minuman pada umumnya karena produk kemasan ini memiliki varian berupa rasa buah yang sangat cocok untuk mengusir rasa dahaga.

Di samping itu, para konsumen pun dianjurkan untuk tidak boleh sembarangan dalam menyimpannya, karena produk ini harus selalu dimasukan ke lemari pendingin untuk menjaga kualitas rasanya.

Advertisement

Aqua Splash Fruit hadir dengan dua varian rasa yaitu stroberi dan rasa orange-mango. Produk ini pun digadang-gadang mampu memperkuat posisi Aqua sebagai produsen minuman nomor wahid di Indonesia. Namun sayangnya karena penerimaan konsumen akan produk tersebut dirasa kurang produk Aqua splash fruit pun hanya bagus penjualannya di awal, dan selanjutnya produk ini pun perlahan hilang dari pasaran dan diganti dengan produk Aqua lain, yaitu Aqua Mizone yang diluncurkan pada setahun setelahnya yaitu 2005 dengan dua varian rasa yaitu orange lime dan passion fruit.

Tak seperti pendahulunya, Aqua Mizone berhasil sukses menggebrak pasar dan diterima luas oleh masyarakat indonesia hingga kini.

2. Mie Selera Rakyat

Selera Rakyat

Selera Rakyat via http://viralnesia.org

Bagi kamu generasi 90an, produk mie instan ini bisa dikatakan sangatlah hits di kalangan pelajar karena harganya yang sangat ekonomis. Bahkan sebagian orang juga meyakini bahwa produk ini lebih enak dimakan tanpa harus dimasak terlebih dulu.

Advertisement

Produk keluaran Grup Orang Tua ini pertama kali muncul sebagai salah satu kompetitor mi instan seperti Indomie, ABC, dan produk mi lainnya. Mie Selera Rakyat dikenal pada tahun 2000 awal hingga pertengahan 200an awal.

Mi ini pun juga memiliki ciri khas pada toping pangsitnya yang menjadi nilai tawar tersendiri. Rasanya yang ciamik dan tak kalah dengan Indomie, produk ini pun sempat menjadi market leader pasar mie instan di Indonesia. Namun puncak kejayaan Selera Rakyat pun semakin memudar setelah produk ini mengalami beberapa faktor seperti target penjualan yang tak melampaui target, komplain konsumen, serta konotasi negatif yang hadir di tengah masyarakat terhadap produk ini.

Walhasil, selera masyarakat pun beralih untuk memilih produk-produk mie instan jenis lainnya.

3. Mie Kare

Tak hanya Selera Rakyat yang mengalami hal serupa di jagat persaingan industri mi instan di Indonesia. Ya, Mie Kare pun juga mengalami hal yang sama. Hadir dengan cita rasa yang berbeda membuat produk ini sempat berjaya di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, mie ini menyajikan kuah kare yang sangat kental dan bercita rasa tinggi.

Namun, nasibnya pun sama dengan mie pendahulunya yaiut mie Selera Rakyat yang tak mampu berasing di pasar konsumen Indonesia.

4. Tara Nasiku

Tara Nasiku

Tara Nasiku via https://www.kaskus.co.id

Tentu kamu masih ingat produk nasi instan ini, bukan? Ya, Tara nasiku memang sangat hits sejak kemunculannya di tahun 2000an awal. Produk keluaran Unilever ini menjadi pembeda di antara industri makanan instan pada umumnya.

Namun, ketidaksiapan konsumen terhadap produk ini membuat Tara Nasiku hilang dari pasaran. Produk nasi instan ini pun akhirnya harus ditarik dari peredaran karena ketidaksesuaian keuntungan yang didapatkan dari Unilever atas produk ini.

5. Trakinas

trakinas

trakinas via http://mlstatic.com

Tahun 90an dan 2000an memang menjadi salah satu titik puncak kejayaan produk makanan. Salah satunya adalah biskuit dengan bentuk unyu dan rasa yang menarik yaitu Trakinas. Ya, sandwich biskuit dengan perpaduan cita rasa yang unik ini pun sempat menjadi teman ngemil di waktu santai. Namun, makanan ini pun kini telah menghilang di pasaran karena memang jarang diminati dan kurang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia.

Nah, itulah lima produk yang menghilang dari pasaran. Tentu saja masih banyak produk-produk lain yang menghilang dari pasaran karena gagal meraih hati para konsumen. So, apakah kamu punya produk yang menghilang lainnya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya