Halo guys gimana nih rasanya lulus SNM/SBM? Pasti seneng banget dong yee kann hehe. Tapi mungkin ada beberapa dari kalian yang tidak senang tapi nggak sedih juga ya guys, jadi bimbang gitu deh, wkwkwk, mikirin inilah itulah, tapi jangan kawatir guys kali ini gua bakal nge=share tips-tips atau hal-hal yang perlu dipertimbangin dalam mengambil keputusan lanjut kuliah atau kagak ye kan. Oke guys langsung aja nih guys, hal pertama yang harus lo pertimbangin yaitu:

1. Cocok/tidaknya jurusan

Jurusan adalah hal nomor satu nih guys, soalnya jurusan yang paling berpengaruh terhadap masa depan lu, yang nentuin lu bakal kerja di mana, di bidang apa, semua-semuanya lah pokonya. Jadi kalo lu cocok sama jurusan lu saran gua sih ambil aja guys, tapi nih kalau lu udah nggak cocok sama jurusan karena mungkin desakan orang tua ataupun lu asal milih nih kan kaya gua wkwk, saran gua sih pertimbangin dulu guys, karena kalo lu udah nggak cocok lu bakal setengah-setengah jalaninnya kan kasihan juga orang tua lu hehe.

2. UKT

money & finance

money & finance via https://www.twenty20.com

Hal kedua nih guys yg harus lu pertimbangin adalah besar kecilnya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang lu dapet. Buat orang-orang yang punya budget lebih sih mungkin ini tidak terlalu di pikirin guys, tapi buat lu yang punya budget terbatas, hal ini merupakan hal yang perlu lu pertimbangin guys, karna lu bakal kuliah untuk beberapa tahun ke depan.

Advertisement

Jadi saran gua sih kalo budget kira-kira mencukupi ambil aja guys, tapi kalo budget lu kira-kiratidak mencukupi lu bisa cari alternatif lain misalnya lu kuliah setahun dulu terus ambil cuti dan di situ lu bisa kerja dulu ngumpulin duit trus lanjut kuliah, jangan langsung nyerah ya guys hehe.

3. Lokasi kampus

Yang ketiga nih guys adalah lokasi kampus yang bakal tempat lu kuliah. Mungkin ada beberapa dari kalian yang bingung guys, karena lokasi nya jauh dari orang tua atau bahkan beda pulau kaya gua ye kan,wkwk. Tapi nggak usah bingung guys kalo saran gua sih nggak usah terlalu kawatir guys, karena dengan jauhnya lu dari orang tua, lu bakal lebih mandiri dan banyak hal yg akan membuatlu semakin dewasa.

4. Lingkungan kampus

Hal ke-empat yang harus lu perhatiin nih guys yaitu lingkungan kampusnya, kalo saran dari gua sih lu mending browsing-browsing dulu di internet bagaimana lingkungan kampus yang akan lu tuju, dan kalo bisa nanya-nanya sih guys sama orang yang udah kuliah disitu. Jangan sampai lu udah bayar UKT udah bayar kos dan sebagainya, tapi ternyata lingkungannya nggak cocok sama lu, itu akan sangat mengganggu fokus nggaknya lu kuliah guys. Jangan sampe kaya gua ya guys di lingkungannya banyak maling, hiiiiuu atuttt, hehe.

Advertisement

5. Biaya hidup

Hal kelima nih guys yang harus lu pertimbangin yaitu, biaya hidup di daerah kampus yg mau lu tuju. Mahal nggaknya segala sesuatu yang ada di daerah kampus luadalah hal yang cukup penting buat dipertimbangin nih guys, misalnya kaya harga makanan, alat elektronik dan segala macamnyalah.

Karena sebagai calon-calon anak kos nih guys kita harus meminimalisir pengeluaran guys, kan kasian juga orang tua udah capek-capek nyari duit, hehe. Dan gua kasih tau ya guys saat lu ngekost lu bakal ngerasain pentingnya uang lima ratus rupiah alias gopean, wkwkwk

Oke guys itu adalah beberapa hal yang penting lu pertimbangin dalam memutuskan lanjut ngambil kuliah atau nggak. sekian dari gua semoga hal-hal yang udah dibahas di atas bisa membantu lu buat nentuin keputusan lu. Bye. Thank you.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya