Meski Identik dengan Sagu, Tapi 5 Makanan Khas Papua Ini Juga Wajib Kamu Coba Lho!

Rasanya pun sangat enak dan membuat Anda ketagihan.

Salah satu ciri makanan khas Papua adalah terbuat dari tepung sagu. Meski demikian, banyak makanan berbahan lain yang hanya dijumpai di Papua saja. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengetahui daftar makanan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Papua. Rasanya pun sangat enak dan membuat Anda ketagihan.
 

1. Kue Lontar

kue lontar

kue lontar via http://fimela.com

Advertisement

Kue lontar merupakan kue khas Papua yang sering disajikan saat hari raya lebaran dan natal. Bahan dasar kue adalah telur yang dicetak dengan piring keramik besar. Kue ini juga tersedia dalam ukuran kecil sehingga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

2. Papeda

Papeda adalah salah satu makanan pokok yang dibuat dengan bahan dasar tepung sagu. Rasanya tawar, pada umumnya disajikan bersama kuah bening, ikan bakar, ikan kuah kuning dan kelapa tua mentah. Anda dapat menambahkan sambal agar selera makan meningkat.
Papeda ini disajikan menggunakan gata-gata, yaitu alat yang terbuat dari bambu. Fungsinya untuk menggulung papeda

3. Aunu Senebre

Aunu Senebre

Aunu Senebre via https://bestindotech.com

Makanan ini terbuat dari ikan teri dan nasi yang digoreng, kelapa parut dan daun talas.  Campuran bahan tersebut dikukus sampai matang dan disajikan bersama papeda ataupun umbi-umbian.
 

4. Martabak Sagu

Martabak Sagu

Martabak Sagu via http://travellingyuk.com

Advertisement

Di Indonesia banyak dijumpai martabak dengan bahan yang beranekaragam, salah satunya adalah sagu. Selain martabak manis dan asin kini ada martabak asal Papua yang disebut martabak sagu. Cara membuatnya sangat mudah dan rasanya pun sangat lezat.

5. Ikan Bungkus Papua

ikan bungkus

ikan bungkus via http://google.com

Makanan ini mirip dengan pepes, yang membedakan adalah cara membungkusnya. Pepes dibungkus daun pisang, sedangkan  ikan bungkus menggunakan daun talas. Anda dapat memberi bumbu rempah-rempah dan garam untuk menambah kelezatan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE