Air tidak pernah terlepas dari kehidupan kita. Tubuh manusia 60-70% mengandung air. Untuk itu, konsumsi air dalam kehidupan sehari-hari sebanyak dua liter akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Bagi kamu yang rajin mengonsumsi air secara rutin, maka manfaat-manfaat ini layak kamu peroleh.

1. Kesehatan dan kecantikan kulit terjaga

Healthy Skin

Healthy Skin via https://www.pexels.com

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi yang berdampak pada kesehatan dan kecantikan kulit. Saat dehidrasi, selain merasa haus, kulit juga akan menjadi kering dan beresiko menyebabkan kerutan. Untuk itu, dengan rajin konsumsi air putih, kamu sudah peduli pada kesehatan kulit dan kecantikannya. Cairan yang cukup membuat kulit terhidrasi dengan baik, sehingga tidak kering, tubuh dapat melakukan pembaharuan sel dan detoksifikasi racun.

2. Sistem pencernaan yang sehat dan lancar

Pencernaan Sehat

Pencernaan Sehat via https://pixabay.com

Advertisement

Agar dapat bekerja dengan baik, usus kita memerlukan air yang cukup lho. Jadi, jika kamu merasa sudah lama gak pup, atau sembelit, dan pencernaan kurang lancar bisa jadi itu karena asupan airmu kurang lho. Jadi, kalau kebutuhan air kita tercukupi, usus akan senang dan mengerjakan tugasnya dengan baik deh.

3. Meningkatkan konsentrasi dan kinerja otak

Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Meningkatkan Konsentrasi Belajar via https://www.pexels.com

Nah, kalau manfaat satu ini sudah tidak diragukan dong. Kalau biasa kita lagi gak fokus, pasti teman-teman pada bilang “Butuh air ya kamu?” Seperti yang diketahui, 73% otak kita mengandung cairan, jadi dengan memenuhi asupan air maka otak kita dapat bekerja dengan encer. Sehingga kegiatan berpikir, fokus dan berkonsentrasi menjadi lebih meningkat.

4. Meningkatkan mood dan mengurangi kelelahan

Dehidrasi menyebabkan kita kekurangan cairan tubuh sehingga menjadi lemas dan tidak bersemangat. Hal ini selain membuat lelah, juga mempengaruhi mood kita. Jadi kalau kamu merasa lelah, dan moodnya gak bagus coba rileks dan minum dulu ya. Bisa jadi kamu lagi butuh air aja buat menyegarkan jiwa dan raga.

5. Menjaga berat badan yang stabil

Berat Badan Stabil

Berat Badan Stabil via https://doktersehat.com

Advertisement

Manfaat ini adalah idaman para wanita nih. Mengonsumsi air putih yang cukup, membuat kerja usus baik sehingga pencernaan sehat. Selain itu menjaga mood tetap baik sehingga kita menjadi aktif bergerak.

Nah, selain kedua kondisi pendukung tersebut, dengan mengonsumsi air putih dapat menjaga kita kenyang lebih lama. Ada saatnya kita salah mengenal sinyal dari tubuh yang berarti haus, dan kita artikan sebagai lapar. Dibanding mengonsumsi minuman kalori dan ngemil mending minum air putih saja, jadi kamu tetap sehat dan tidak memasukan kalori yang tidak dibutuhkan tubuh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya