Mahasiswa. Identik dengan banyak kegiatan seperti organisasi, diklat, dan lainnya. Banyak yang mengira bahwa mahasiswa selalu mengikuti banyak kegiatan seperti di atas. Tapi nyatanya tidak. Ternyata banyak juga mahasiswa yang tidak ingin mengikuti kegiatan di kampus. Alhasil, mereka disebut mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang-kuliah pulang.

Dianggap remeh karena tidak ingin mengasah softskill di dalam organisasi atau kegiatan lain, menjadi mahasiswa kupu-kupu nyatanya tidak seburuk yang diduga. Banyak manfaat yang akan didapatkan dengan menjadi mahasiswa kupu-kupu.

1. Sama-sama bisa berkembang

berkembang

berkembang via http://google.com

Advertisement

Dijuluki “kupu-kupu” karena nggak ikut organisasi sama sekali? Kalau alasan dengan ikut organisasi biar bisa berkembang, emang nggak salah sih. Tapi bukan berarti yang nggak ikut organisasi nggak bisa berkembang juga, ya. Banyak pengalaman dari lur kampus juga yang bisa diikuti agar kalian mahasiswa kupu-kupu bisa sama-sama berkembang dan bersaing dengan mereka yang ikut organisasi. Misalnya dengan menjadi relawan hewan atau bencana alam.

2. Punya banyak waktu istirahat

istirahat

istirahat via http://google.com

Kalian yang menjadi mahasiswa kupu-kupu pasti akan langsung pulang karena sudah merasa letih dan capek akan kegiatan di kampus seharian. Waktu istirahat kalian akan lebih banyak daripada mereka yang masih ikut berkecimpung di organisasi yang diikuti. Kalian punya banyak waktu untuk istirahat dan menenangkan pikiran.

3. Meminimalisir absen kuliah

masuk kuliah

masuk kuliah via http://google.com

Banyak mahasiswa yang “cabut kuliah” karena kelelahan dengan kegiatan di kampus di hari sebelumnya. Tapi buat kalian yang kupu-kupu tidak seaktif lainnya dan tidak menghabiskan banyak energi sehingga bisa meminimalisir absen kalian di kelas.

4. Fokus belajar

belajar

belajar via http://google.com

Advertisement

Buat kamu mahasiswa kupu-kupu harusnya tidak mengerjakan tugas dekat dengan deadline karena punya banyak waktu dari teman kalian yang banyak kegiatan. Nggak hanyak ngerjain tugas, tapi kalian juga punya waktu belajar sehingga akan lebih banyak pengetahuan yang kalian dapat.

5. Lebih banyak waktu dengan keluarga

Dengan menjadi mahasiswa kupu-kupu, waktu kalian dengan keluarga akan lebih banyak karena kalian nggak selalu di luar rumah dengan kesibukan lainnya. Kalian bisa liburan dengan keluarga tanpa khawatir akan tanggung jawab kegiatan kalian. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya