Saya tipikal orang yang tidak peduli entah menulis resolusi atau tidak, yang terpenting bisa terlaksana. Terlalu banyak rencana biasanya hanya menemui kegagalan dan justeru mengacaukan fokus pada tujuan.

Pernah suatu ketika, menuliskan daftar impian yang harus dicapai. Ada banyak impian yang realistik tetapi apakah itu jangka panjang atau jangka pendek? Bagi orang yang lebih menyukai aksi lebih penting daripada terlalu banyak planning biasanya lebih memprioritaskan impian jangka pendek. Lebih baik banyak harapan yang tercapai daripada lelah mengejar sesuatu yang tidak pasti.

Cara mewujudkan impian sebenarnya mudah:

1. Tidak Terlalu Banyak Rencana yang Akhirnya Gagal.

Merencanakan dengan matang

Merencanakan dengan matang via https://www.pexels.com

Boleh memiliki rencana besar, tetapi saat terlalu banyak biasanya kita tidak fokus dan gagal. Mulai menuliskan daftar rencana dari yang paling mudah.

2. Lebih Baik Sering Melalukan Daripada Sering Memimpikan

Sering Mencoba walaupun gagal

Sering Mencoba walaupun gagal via https://www.pexels.com

Advertisement

Untuk mencapai sebuah tujuan yang sukses, tidak bisa didapatkan dengan berdiam diri. Dibutuhkan tindakan nyata yang realistik. Sering mencoba lebih baik daripada berdiam diri.

3. Impian itu Sederhana, Cara menggapainya harus luar biasa

Impian kecil bisa jadi luar biasa

Impian kecil bisa jadi luar biasa via https://www.canva.com

Mungkin sebagian orang memandang remeh impian kecilmu, namun apa jadinya jika impian kecil bisa berpengaruh besar ketika dilakukan dengan cara luar biasa.

Misalnya kita bermimpi menjadi penulis, lalu sering menulis di Hipwee bukan sebuah hal mustahil bisa dikenal orang banyak dan menginspirasi.

4. Berani Memulai

Memulai dari sekarang

Memulai dari sekarang via https://www.pexels.com

Advertisement

Tidak jarang orang menyukai menulis rencana-rencana targetnya di media sosial. Tetapi apakah sudah memulainya? Hal paling kecil untuk mewujudkan impian yang besar ialah memulai!

5. Menikmati Proses sampai Akhir

Nikmati Proses

Nikmati Proses via https://www.pexels.com

Beberapa orang lebih sering menyebutkan impiannya; ingin jadi kaya, ingin sukses dan terkenal. Tetapi mereka sering lupa untuk berproses dengan baik. Untuk menuju pada jalan yang benar, harus dilakukan dengan cara yang baik. Segala sesuatu itu butuh proses, bahkan mie instan juga harus diproses sebelum bisa dinikmati.

Kalian bebas untuk bermimpi sebanyak mungkin, tetapi pastikan semua mimpinya itu realistik dan bisa bermanfaat kepada diri sendiri maupu orang lain. Hasil tidak akan menghianati proses, maka bermimpi cukup sederhana namun diikuti dengan cara yang luar biasa.

#ManusiaBolehBerencana

Penulis: Baiq Cynthia/www.baiqcynthia.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya