“Buanglah sampah pada tempatnya” dan “jagalah kebersihan karena kebersihan sebagian dari iman” ya itulah kalimat ajakan yg sering kita lihat di kantin, kost-kostan atau di tempat biasanya nongkrong bareng teman.  Kali ini bersama-sama kita akan membahas bagaimana cara mengurangi kenangan buruk dengan si dia sampah plastik ya…

Sedikit mengulas permasalahan sampah plastik seperti di perairan laut yang semakin memprihatinkan. Tanpa kita sadari dari ulah manusia yang membuang sampah khususnya sampah plastik akan mengakibatkan selain mengotori lautan, sampah plastik yang termakan itu akan meracuni hewan-hewan laut.

Sebagai contoh kasus seperti lumba-lumba, penyu laut yang kerap kali tersangkut kumpulan sampah dan memakan sampah plastik karena menganggap sampah adalah makanannya. 

Kasus terakhir seekor paus mati dan terdampar di perairan Wakatobi, diduga kuat karena dampak sampah plastik yang ditemukan di dalam sistem pencernaannya.  Sebab, sampah plastik tidak mampu dicerna karena sampah plastik bersifat racun apabila tertelan dan tidak terurai di saluran pencernaan.

Mari kita sama-sama mengurangi sampah plastik dari hal simple namun bermanfaat bagi siapa saja, berikut 5 hal sederhana yang perlu kita implementasikan di manapun dan kapanpun :

1. Berfikir secara matang-matang sebelum membeli produk

Shopping-trolley

Shopping-trolley via http://google.com

Tak ada salahnya ketika ingin berbelanja untuk terlebih dahulu memikirkan keperluan apa saja yang ingin dipenuhi. Mungkin perlu untuk menuliskannya pada note di smartphone kamu apa saja yang sewajarnya ingin dibeli.

Advertisement

Maksudnya, sebagai konsumen bijak tidak seharusnya berlebih dalam berbelanja dan sebisa mungkin untuk mengurangi pembelian produk yang menggunakan kemasan plastik. Mari kita sama-sama untuk menanamkan mindset bahwa jika tidak perlu suatu produk untuk dibeli maka sejatinya bisa menahan diri, karena tidak hanya bisa mengurangi penggunaan plastik tetapi bisa melakukan penghematan..

2. Mulailah mengubah kebiasaan berbelanja yang sebelumnya menggunakan kantong plastik dengan membawa tas atau tote bag

Tote bag si kantong ramah lingkungan

Tote bag si kantong ramah lingkungan via https://www.google.com

Jikalau biasanya kita berbelanja dan ditawarkan kantong plastik, mulai sekarang cobalah untuk memberanikan diri katakan tidak pada yang memberi. Bukannya tidak mau dibantu untuk memudahkan kita membawa barang belanjaan lho, tetapi tak ada alasan yang lainnya, selain untuk memudahkan kita mendukung upaya pengurangan sampah plastik.

Maka dari itu banyak media yang bisa digunakan untuk mensubstitusikan pemakaian kantong plastik dengan produk ramah lingkungan, diantaranya dengan menggunakan tas atau tote bag. Hal ini terlihat sederhana namun memberikan dampak hebat untuk kebaikan lingkungan hidup.

3. Coba hindari pemakaian sedotan dan sendok/garpu yang sifatnya sekali pakai

Sedotan bambu dan stainless steel

Sedotan bambu dan stainless steel via http://www.google.com

Advertisement

Pemakaian sedotan maupun sendok atau garpu plastik tanpa kita sadari menambah persoalan dalam menyumbang sampah plastik. Mulai sekarang coba gunakan cara alternatif untuk menggunakan sedotan maupun sendok/garpu yang terbuat dari bambu, kayu atau lainnya yang bersifat reusable atau dapat digunakan berkali-kali.

Bersama-sama kita usahakan untuk mewujudkannya ya teman-teman demi kepentingan bersama..

4. Buanglah sampah ke tempatnya sesuai pengelompokkan

Tempat sampah dan jenis-jenisnya

Tempat sampah dan jenis-jenisnya via https://generasi3r.wordpress.com

Pemisahan sampah berdasarkan pengelompokkannya bertujuan untuk memudahkan dalam pengolahannya. Sampah anorganik khususnya yang berbahan dasar plastik baik itu bungkus makanan, botol mineral dan lainnya bisa dijadikan sebagai sampah komersial sehingga laku dijual apabila kita mampu mengolahnya jadi produk lebih berguna.

5. Kelola sampah plastik secara kreatif menjadi hal-hal berguna

Taman gantung

Taman gantung via http://google.com

Terakhir dan yang tak kalah pentingnya yaitu bagaimana cara kita mengelola sampah plastik menjadi hal-hal berguna. Misalnya botol plastik mineral yang terbuang percuma bisa diubah menjadi pot bunga, tempat pensil, tas gantung, bahkan bisa dijadikan penahan charger handphone.

Nah, sekarang tergantung ke pribadi kita masing-masing, sejauh mana rasa peduli untuk mengurangi sampah plastik di sekitar kita berada. Sudah cukup pedulikah atau sangat-sangat peduli untuk mendukung pengurangan sampah plastik dengan cara-cara yang kretatif.

Mari kita sama-sama terpanggil untuk mendukung pengurangan sampah plastik dimanapun dan kapanpun…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya