Setelah kita beraktivitas seharian, wajah kita pasti dipenuhi dengan berbagai make up, belum lagi di tambah touch up berkali-kali tanpa cuci muka dulu. Hmm muka kita bakal terasa kusam meskipun udah touch up lagi, belum lagi muka kita bakal berminyak dan yang pasti bakal berjerawat. Tapi kalau nggak pakai make up, muka bakal kelihatan pucet!

Apalagi buat cowok, yang biasanya kurang peduli soal perawatan wajah, padahal aktivitasnya lebih dari cewek (suka naik motor jadi kena banyak debu di jalan dan lebih sering terkena sinar UV). Jangan tunggu wajah kamu banyak flek hitam, berminyak, kusam, komedo, sampai timbul jerawat ya!

Wajah kita perlu dibersihkan setelah selama seharian pakai make up dan beraktivitas. Nah, yuk cari tahu salah satu cara biar kamu membersihan make up secara maksimal, tanpa tersisa debu, dan make up kita seharian.

1. Milk Cleanser

Perlu kamu tahu, setelah beraktivitas seharian dan kamu mau cuci muka, sebaiknya kamu bersihkan wajah dengan menggunakan milk cleanser terlebih dahulu. Caranya:


  1. Kamu keluarkan milk cleanser sedikit pada kapas wajah lalu kamu aplikasikan pada wajah (milk cleanser ini bisa kamu dapatkan di departemen store dengan berbagai merk).

  2. Setelah itu tunggu beberapa menit, agar menyerap pada wajah kamu. Tapi nggak ada salahnya kamu coba dengan minyak zaitun juga sebagai pengganti milk celanser, biasanya minyak zaitun (untuk wajah) bisa lebih mengangkat debu dan make up.

2. Toner

Toner viva via https://www.today.com

Advertisement

Setelah menggunakan milk cleanser, kamu perlu memakai toner agar wajah kamu bersih secara maksimal.


  1. Keluarkan sedikit toner (sebaiknya milk cleanser dan toner dibeli berbarengan ya agar sepaket) dan aplikasikan toner pada wajah kamu setelah milk cleanser, dan tunggu beberapa menit agar menyerap pada wajah.

  2. Ketika sudah mengaplikasi milk cleanser dan toner pada wajah kamu, lihat kapasnya dan bisa dilihat hasilnya. Makeup atau debu pasti udah terangkat.

3. Facial Wash

Setelah kamu aplikasikan milk cleanser dan toner, jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash yang cocok dengan jenis kulit wajahmu ya.


  1. Gunakan air dingin saat kamu membersihkan wajah (bagian leher jangan terlupakan untuk dibersihkan ya) menggunakan facial wash. Air dingin ini berfungsi menutup pori-pori yang terbuka.

  2. Setelah menggunakan facial wash, usap wajah kamu dengan perlahan menggunakan handuk yang bersih, agar muka kamu kering dengan cara menepuk-nepuk perlahan. Tapi ingat! kamu tidak boleh menggosok wajah kamu, karena kulit muka itu sensitif.

4. Pelembap

Jangan lupa menggunakan pelembap wajah. Kenapa? Karena pada saat wajah kita sudah dibersihkan menggunakan facial wash wajah kita akan kering. Biasanya kamu pasti punya cream siang atau malam. Dan kamu perlu membersihkan wajah kamu saat pagi dan malam hari waktu kamu mau tidur ya!

5. Jangan lupa untuk treatment wajah

Yang paling penting adalah, kamu jangan pernah lupa untuk membersihkan wajah ya. Apalagi, kalau kamu malas atau sampai ketiduan dan masih pakai make up setelah seharian beraktivitas. Wajah kamu harus selalu diperhatikan, agar menghindari wajah yang berminyak, kusam, dan berjerawat. Jangan lupa lakukan treatment pada wajah, masker alami seperti madu, jeruk nipis, timun, teh, dan masih banyak lagi atau masker yang dijual di departemen store ya. Jangan pernah abaikan wajah kamu!

6. Bagaimana dengan mencuci wajah untuk pria?

tips untuk pria via http://www.cantiknsehat.com

Nah, buat kamu kaum pria, nggak usah bingung lagi, meskipun kamu cowok kamu juga tetep harus menjaga wajah kamu. Caranya, kamu bisa membersihkan wajah kamu dengan air dingin dan facial wash. Kamu nggak perlu memakai milk cleanser dan toner karena kamu tidak memakai make up, jadi kamu cukup bersihkan wajah dengan menggunakan facial wash for men saja ya.

Tapi kamu juga jangan mengabaikan kebersihan wajah kamu, agar menjaga dari jerawat, kusam dan berminyak. Apalagi, kamu yang suka bawa motor, debu pasti banyak nempel di wajah kamu, dan gak ada salahnya kamu dari sekarang coba untuk membersihkan wajah secara rutin 2 hari sekali dengan menggunakan facial wash ya. (bisa pagi, dan malam hari saat mau tidur sesudah beraktiviatas seharian)

7. Facial wash untuk pria

facial wash for men via http://vincecare.com

Facial wash bukan cuma buat cewek ya! Buat kamu para cowok, nggak perlu khawatir lagi karena sekarang udah banyak kok facial wash for men dengan berbagai merk.

Facial wash sangat berguna untuk membantu mengurangi minyak berlebih yang ada di wajah kamu, dan jerawat serta kusam. Tapi, sebelum kamu membeli facial wash, kenali dulu jenis kulit wajah kamu seperti apa ya, jangan asal membeli dan baca dulu keterangan dan kegunaannya sesuai kebutuhan wajah kamu.

Kalau kamu ingin pakai cream muka juga nggak ada salahnya kok. Biasanya, pria susah untuk memakai cream karena ribet dan lengket. Tapi, nggak ada salahnya kalau kamu pakai rutin juga sesudah membersihkan wajah, atau pagi sebelum kamu beraktivitas. Agar menghindari flek hitam di wajah karena sinar UV, selain itu agar wajah kamu tidak kering dan tetap lembap. Dicoba yaaaaa!