Banyak anggapan bahwa menjadi mahasiswa adalah masa untuk belajar. Tidak ada waktu untuk menjadi mahasiswa yang sukses berbisnis. Setelah lulus barulah memikirkan tentang pekerjaan, karir atau bahkan keinginan untuk berbisnis. Namun mengapa harus menunda menjadi sukses berbisnis kalau bisa kamu lakukan semenjak menjadi mahasiswa? Padahal menjadi mahasiswa sukses berbisnis adalah hal yang keren.

Bayangkan ketika teman-temanmu masih menerima uang bulanan dari orang tua, kamu sudah bisa mentraktir temen-temanmu dengan uangmu sendiri. Minimnya modal serta sibuknya kegiatan perkuliahan seringkali menjadi masalah dasar yang dialami oleh mahasiswa yang ingin memulai bisnis.

Adanya masalah bukan berarti kesempatanmu untuk berbisnis tertutup. Banyak kesempatan bisnis menjanjikan diluar sana yang bisa dimanfaatkan terutama kamu masih menjadi mahasiswa. Berikut 5 alternatif bisnis yang cukup menggiurkan untuk mahasiswa yang mungkin bisa menginspirasimu untuk menjadi mahasiswa sukses berbisnis.

1. Salurkan Ilmu dengan buka jasa kursus atau les

jadi guru

jadi guru via http://oxc.com

Jangan merasa kurang percaya diri membuka jasa kursus/les hanya karena masih mahasiswa. Menjadi mahasiswa adalah kesempatan bagus untuk kamu memulai jasa kursus. Mengajari orang lain bisa membuatmu belajar lebih dan otomatis kemampuanmu akan terasah. Tawarkan hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu orang lain, misal kamu bisa bahasa Inggris dan selalu semangat mempelajarinya, berikan kursus bahasa Inggris bagi orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris.

2. Buka Bisnis Minuman/Makanan bersama Teman biar makin asik

jualan sama sahabat pasti seru

jualan sama sahabat pasti seru via http://google.com

Advertisement

Yang satu ini sangat cocok dilakukan sebagai bisnis sampingan apalagi kebetulan teman-temanmu memiliki goal yang sama denganmu. Banyak mahasiswa sukses berbisnis dalam bidang ini karena makanan dan minuman adalah bisnis yang tak ada matinya.

Bisnis yang menjanjikan dan selalu menuntut kekreatifan dalam menjalankan bisnisnya. Seperti es kepal milo yang sedang hits saat ini dengan menarik dan menjualnya dekat kampus bersama teman-temanmu. Atau kamu mengontrak ruko untuk membuka bisnis makanan yang bisa kamu dekorasi sesuai keinginan bersama kawan-kawanmu. Dijamin berbisnis akan terasa lebih menyenangkan.

3. Clothing Line

Nalu Clothing

Nalu Clothing via http://pictura.com

Baju adalah hal pokok yang dibutuhkan manusia. Berkecimpung di dunia bisnis clothing bisa dikatakan sebagai bisnis menjanjikan karena terus meningkatnya minat masyarakat terhadap fashion. Bukan hanya itu, selera fashion yang bermacam-macam membuat banyaknya clothing line dengan beragam jenis dan tipe. Bisnis jenis ini tidak membutuhkan modal yang besar kok. Kamu bahkan bisa membuat system dropshipper walau dengan modal yang sedikit.

4. Jasa Pembuatan Web kalo kamu suka otak-atik software

buat website

buat website via http://google.com

Advertisement

Kalau kamu mahasiswa informatika atau ilmu komputer, ide yang satu ini sangat cocok untukmu. Kamu tidak perlu menunggu sampai expert untuk memulai jenis bisnis ini Tawarkan kemampuanmu kepada orang lain yang sedang membutuhkan website. Walaupun kamu belum terlalu ahli, pembuatan web sudah banyak tutorial atau pelatihan. Yang terpenting bekerjalah dengan professional dan jujur.

5. Bikin Start-up kalau kamu punya visi yang mantap

tokopedia

tokopedia via http://tokopedia.com

Sekarang untuk berkecimpung di dunia startup atau teknologi tidak megharuskan kamu benar-benar paham tentang komputer ataupun kode pemrograman kok. Untuk urusan itu, kamu bisa serahkan ke temanmu yang software engineer. Bagianmu adalah memanage bagaimana startup itu terus berkembang dan berjalan dengan baik. Banyak lho mahasiswa sukses membuat startup di Indonesia seperti William CEO Tokopedia dan Iman Usman CEO Ruang Guru.com

Nah, itulah beberapa alternatif bisnis yang sangat cocok dengan kehidupan mahasiswa. Apabila kamu ingin meraih keberhasilan, berjuanglah lebih dahulu. Semakin menunda bisnis, maka kesuksesan juga akan tertunda. Jadilah mahasiswa sukses berbisnis dan mulailah dari sekarang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya