Menjaga kesehatan kulit sangat penting untuk menunjang penampilanmu. Untuk itu kamu memerlukan perawatan yang tepat agar kulitmu semakin cantik dan berseri. Perawatan kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk menggunakan produk skin care yang sekarang semakin beragam dan gencar beredar di pasaran.

Namun demikian berbagai produk skin care tersebut tak jarang membuat kantongmu kering karena harganya yang tak murah. Untuk selembar face mask yang hanya sekali pakai rata-rata dijual seharga 20.000 rupiah. Bayangkan jika kamu memakainya secara teratur dalam satu minggu minimal 2 kali kamu harus merogoh kocek sebesar 160.000 dalam satu bulan. Tetapi tahukah kamu bahwa kamu pun dapat membuat sendiri masker wajah menggunakan bahan alami yang sesuai dengan tipe kulitmu dan tentunya lebih hemat. Berikut ini beberapa resepnya:

1. Masker anti aging

Coffee Ground and Honey via http://www.wellnesstoday.com

Kopi mengandung zat anti oksidan yang sangat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah dan mengencangkan kulit wajah. Selain itu, zat anti oksidan juga dapat melindungi kulit wajah dari radikal bebas dan mencegah timbulnya kerutan. Demikian juga dengan madu yang memiliki pH tepat untuk melembabkan kulit sehingga kulit wajah akan lebih kenyal dan tampak muda. Campur dua sendok teh madu dan dua sendok teh bubuk kopi, oleskan ke permukaan wajah, dan diamkan 20 menit kemudian bilas wajahmu. Lakukan secara teratur agar wajahmu awet muda.

2. Masker untuk kulit kusam

Yogurt and Lemon via https://www.cookforyourlife.org

Jika kamu mempunyai wajah yang kusam, masker ini adalah solusinya. Aplikasikan campuran yogurt dan perasan jeruk lemon ke wajah dan lehermu selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Kandungan lactic acid dalam yogurt dapat membersihkan sel kulit mati di wajahmu. Serta air perasan lemon yang kaya akan vitamin C dapat menutrisi wajah dan meratakan tone wajahmu sehingga kamu akan tampak lebih berseri.

3. Masker untuk kulit berjerawat

Advertisement

Honey and Cinnamon via https://www.healthline.com

Campuran bubuk kayu manis dan madu dapa mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat. Kayu manis mengandung sifatantibacterial, anti-inflammatory, dan antioxidant. Sifat-sifat yang terkandung dalam kayu manis tersebut dapat memulihkan kulit wajahmu dari gangguan jerawat dan mencegah timbulnya penimbunan polutan yang merupakan akar dari jerawat. Madu juga berkhasiat untuk membantu mengencangkan pori-pori kulit sehingga polutan dan kuman tidak menghampiri wajahmu dan menyebabkan timbulnya jerawat. Pakai masker alami ini dengan teratur and say good bye to your acnes.

4. Masker untuk kulit berminyak

Turmeric and Coconut Oil via https://static1.squarespace.com

Untuk kamu yang punya kulit berminyak, resep alami masker kunyit dan minyak kelapa ini cocok untukmu. Menurut penelitian, kunyit terbukti efektif untuk membasmi minyak berlebih pada kulit karena mengandung fatty acid dan phytosterols. Sementara minyak kelapa mempunyai kandungan mosturizer yang baik untuk menjaga kelembaban kulit. Perpaduan yang sempurna untuk mengatasi kulit berminyak. Ambil 1/4 sendok teh bubuk kunyit dan campurkan dengan 1 sendok makan minyak kelapa lalu aplikasikan pada wajahmu selama beberapa saat dan bilas hingga bersih dengan face wash.

5. Masker untuk kulit kering

Avocado and Honey via https://lauratrevey.com

Selain lezat untuk dijadikan makanan ternyata buah alpukat menyimpan berbagai nutrisi yang baik bagi kulit wajahmu. Alpukat mempunyai kadar omega 9 dan oleic acid berlimpah yang dapat menjaga kelembaban alami kulit, meregenerasi sel kulit yang rusak, serta mencegah iritasi akibat kulit kering. Untuk membuat masker alpukat kamu hanya perlu melembutkan satu buah alpukat dan mencampurkanya dengan madu yang juga dapat menjadi mosturizer alami bagi kelembaban wajahmu. Aplikasikan campuran tersebut ke kulit wajah selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

6. Masker untuk kulit sensitif

Banana Face Mask via http://www.diyhealthremedy.com

Selain alpukat, pisang juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kulit. Pisang mempunyai potassium yang berguna untuk menghidrasi kulit wajah, lectin yang dapat melawan bakteri pada kulit, serta asam amino yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit wajah. Selain itu pisang juga kaya akan kandungan vitamin A, B, C, dan E yang dapat melindungi kulit sensitifmu dari sinar UV, kusam, dan alergi.

Untuk membuat masker dari pisang caranya mudah, hancurkan satu buah pisang dan campur dengan perasan air lemon lalu oleskan pada permukaan kulit wajahmu dan diamkan hingga 20 menit. Setelah itu bilas wajah hingga bersih dan kulitmu akan menjadi lebih sehat.

Ternyata merawat kulit dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kita. Tertarik untuk mencoba?