“Apa yang membuat lo merasa bahagia?”

Satu pertanyaan sederhana yang (mungkin) jawabannya juga sederhana. Atau bahkan, justru lebih rumit, sampai-sampai lo enggak tau gimana menjelaskan definisi ‘bahagia’ itu sendiri.

Ada yang bilang, kalau bahagia itu sederhana. Hanya dengan bersama dengan orang yang kita sayangi, rasa bahagia itu enggak ada duanya. Ada yang berpendapat juga, buat mencapai bahagia itu butuh proses yang panjang. Kita harus melewati masa-masa kelam dan pahit, baru bisa merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Sebenarnya, banyak banget hal yang bisa lo lakukan untuk merasa bahagia. Tapi dari sekian banyak cara, lo punya satu cara sederhana, yaitu

Menulis.

Iya, kedengarannya sederhana banget, ya? Tapi jangan salah, menulis yang gue maksud di sini adalah, menulis tentang diri sendiri. Dan hal-hal yang perlu kalian tulis itu adalah:

                            

 

1. Kekurangan & Kelebihan Diri Kalian

Kekurangan&Kelebihan Diri

Kekurangan&Kelebihan Diri via http://blog.mindjet.com

Satu langkah awal yang bisa lo lakukan adalah, menulis tentang segala kekurangan dan kelebihan yang ada di diri sendiri. Lo cukup buat dua kolom tabel yang berbeda. Kolom yang sebelah kiri itu buat ditulis tentang kekurangan lo, dan yang kanan untuk tulis tentang kelebihan yang lo punya. Misalnya aja nih, lo punya kekurangan di mata pelajaran matematika, tapi lo punya kelebihan di bidang seni musik. Nah, itu bisa banget lo tulis.

2. Hal Yang Kalian Suka & Benci

Hal Yang Lo Suka&Benci

Hal Yang Lo Suka&Benci via http://www.thinkstockphotos.com

Langkah kedua adalah menuliskan hal-hal yang lo suka dan benci. Sama kaya di poin pertama, lo buat dua kolom tabel yang berbeda. Nah, di situ lo harus menuliskan hal-hal yang bisa membuat diri lo merasa senang ataupun merasa jengkel. Misalnya, lo suka banget sama kucing, tapi lo benci sama kecoa. Atau bisa juga lo tulis, suka menghabiskan waktu dengan jalan-jalan, tapi paling gak suka kalau menghabiskan waktu seharian hanya di dalam rumah. Iya, kurang lebih seperti itu.

 

3. Impian Kalian

Apa lo punya impian yang belum terwujud? Misalnya pengin menjadi seorang wirausahawan ataupun kuliah di luar negeri? Wah, itu bisa banget lo tulis. Apapun impian lo, pasti akan terasa menyenangkan dan membuat lo merasa bahagia kalau menjadi kenyataan, bukan? Nah, dengan menulis impian, seenggaknya, lo jauh lebih bersemangat untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

 

4. Pengalaman Yang Tak Terlupakan

Pengalaman Yang Tak Terlupakan

Pengalaman Yang Tak Terlupakan via http://www.dosomethingdifferent.com

Lo pasti punya pengalaman yang enggak terlupakan, bukan? Misalnya, seperti pengalaman mendaki gunung bersama sahabat, atau mengunjungi suatu tempat yang dari dulu pengin lo singgahi. Ketika lo menuliskan hal-hal tersebut kemudian membacanya, lo seakan-akan seperti dibawa oleh mesin waktu dan kembali ke masa itu. Lo akan teringat hal-hal menyenangkan yang pernah di lakukan dan rasakan.

5. Memahami Dan Mencintai Diri Sendiri

Memahami&Mencintai Diri Sendiri

Memahami&Mencintai Diri Sendiri via http://www.huffingtonpost.com

Dari empat poin di atas, lo belajar untuk mengenali diri sendiri. Lo jadi tau kekurangan dan kelebihan yang ada di diri lo, hal-hal yang lo suka dan benci, impian yang pengin diwujudkan, serta pengalaman-pengalaman yang berkesan di hati. Dari sini lo akan terkejut, bahwa banyak hal yang selama ini enggak lo ketahui tentang diri sendiri setelah menulis empat point tersebut.

Oia, ada dua hal yang perlu kalian lakukan setelah mengenali diri sendiri, yaitu mencoba untuk memahami dan mencintai diri sendiri. Iya, memahami bahwa lo adalalah sumber kebahagiaan yang selama ini dicari. Cintai segala kekurangan dan kelebihan yang ada di diri sendiri. Optimalkan kelebihan dan jangan biarkan kekurangan membuat lo ngerasa minder dan enggak percaya diri. Ingat, ketika lo memahami dan mencintai diri sendiri, lo akan jauh lebih bahagia daripada sebelumnya :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya