Sama halnya seperti saat akan membeli smartphone, ada banyak pertimbangan dari mulai memperhatikan kualitas kamera, desain body maupun RAM dan lain sebagainya. Saat kita akan membeli laptop juga demikian, justru kita harus lebih hati-hati lagi saat akan membeli laptop. Sudah terlalu banyak contoh orang yang menyesal setelah membeli laptop karena saat digunakan, ternyata kurang sesuai misalnya saja performanya kurang bagus? Atau karna sebab lain. Maka dari itu pastikan kamu memperhatikan 5 tips membeli laptop yang akan saya share dibawah ini khusus untuk kamu para mahasiswa

1. Perhatikan budget

perhatikan budget

perhatikan budget via http://explore-reading.com

Iya dong masa mau beli laptop tidak punya uang? Alangkah baiknya, bijaklah dalam mengatur budget untuk kebutuhan laptop ini. Jangan sampai kamu membeli laptop dengan harga yang terlalu mahal. Perhatikan juga kebutuhan kamu yang lain misalnya untuk biaya kuliah atau untuk hal lain. Jangan egois deh! Pintarlah mengatur budget.

2. Sesuaikan kebutuhan penggunaan laptop

sesuaikan dengan kebutuhan

sesuaikan dengan kebutuhan via http://google.com

Yang tidak kalah penting dari memperhatikan ketersediaan budget yaitu mempertimbangkan kebutuhan penggunaan laptop. Misalnya untuk kamu mahasiswa jurusan bahasa, laptop dengan spesifikasi rendah sudah cukup karena mayoritas penggunaan paling untuk menulis atau membaca.

Advertisement

Tapi untuk kamu mahasiswa yang misalnya jurusan arsitek, tentu diharuskan memilih laptop yang benar-benar bagus dalam spesifikasi yang dimiliki mulai dari RAM, processor, grafis dan lain sebagainya. Kamu mahasiswa arsitek bakal butuh laptop untuk kebutuhan desain dan aplikasi desain itu ukurannya besar dan tidak bisa di-intall disembarang laptop.

3. Bukan cuma spesifikasi internalnya saja, desain body laptop juga penting

model desain body laptop

model desain body laptop via http://google.com

Untuk kamu yang sering memakai laptop di luar misalnya di kafe ataupun tempat nongkrong bareng kerabat, sangat disarankan juga untuk memperhatikan sisi desain body laptop kamu. Ini penting karena jangan sampai kamu memilih desain laptop yang jadul, tentu kamu bakal risih dengan teman kamu yang lain. Tapi ini tidak berlaku untuk kamu yang notabene lebih mementingkan kualitas spesifikasi dalamnya saja.

4. Jangan kualitas saja, perhatikan juga garansi

garansi laptop

garansi laptop via http://google.com

Ini yang sering dilupakan kebanyakan orang saat akan membeli laptop. Garansi itu penting sekali untuk berjaga-jaga agar suatu saat laptop rusak, garansi tersebut bisa digunakan. Pertimbangkanlah berapa lama garansi laptop yang kamu beli? 1 tahun? 2 tahun? Dan lain sebagainya.

5. Memilih brand yang terbaik

Advertisement

Pasti kamu pernah dong dengar ada promo harga laptop hanya sekian padahal spesifikasi benar-benar berkualitas tinggi? Tapi tunggu dulu, jangan-jangan itu brand KW atau brand yang kurang bagus di pasaran? Sangat disarankan agar kamu memilih laptop jangan hanya dari kualitas saja, tapi perhatikan juga brand atau merk laptop yang kamu beli. Pilihlah merk yang benar-benar trusted dan populer di pasaran.

Itulah sedikit tips membeli laptop untuk kamu para mahasiswa, masih banyak tips-tips lain tentunya dan itu semua tergantung pada diri kamu sendiri. Sekian dan semoga bermanfaat ya :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya