Mau Liburan Akhir Tahun? Coba Deh Terapkan 5 Tips Ini, Siapa Tahu Berhasil!

Berlibur memberi kamu kesempatan untuk mengenal berbagai budaya dari tempat lain.

Menikmati liburan ke berbagai tempat baru tentu akan selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi semua orang, barangkali termasuk kamu juga. Berlibur memberi kamu kesempatan untuk mengenal berbagai budaya dan juga bertemu dengan orang-orang dari negara lain.

Nah, tahun 2018 akan segera berakhir, apakah kamu sudah menyusun rencana liburan akhir tahun? Sebelum berangkat nanti, ada baiknya kamu coba deh terapkan 5 tips ini, siapa tahu berhasil, dan liburan kamu akan semakin menyenangkan.

1. Tentukan Waktu Dan Lamanya Liburan

Tentukan waktumu

Tentukan waktumu via https://pixabay.com

Advertisement

“Kapan ya bisa berlibur?” Nah inilah pertanyaan yang sering kita dengar pada kebanyakan orang dan jika tidak ditanggapi dengan serius maka dapat merubah manusia menjadi gila kerja atau disebut workaholic.

Pada musim tertentu maka banyak hal yang membuat liburan kita menjadi batal. Apalagi bicara soal harga tiket yang mahal contohnya, dapat membuat liburan menjadi batal dan waktu kosong yang seharusnya untuk liburan harus pupus.

Jika ingin berlibur, kamu harus tentukan waktu dan berapa lama kamu ingin berlibur, yang pasti kamu bisa menikmati liburanmu dengan santai

Advertisement

2. Susun Budget yang Dibutuhkan

Susun budget sesuai kebutuhan kamu

Susun budget sesuai kebutuhan kamu via https://pixabay.com

Nggak terasa sudah hampir akhir tahun. Dan itu artinya waktu yang tepat untuk kita berlibur. Pergi ke destinasi wisata yang kita inginkan, menginap di tempat yang nyaman, mencicipi kuliner khas, rasanya seperti surga dunia yang amat membahagiakan jika bisa terlaksana. Namun apa daya, bagi sebagian orang, pergi liburan bisa jadi sebatas angan saja.

Terlebih untuk orang yang punya penghasilan tidak menentu. Uppsss,, tunggu dulu. Semua orang berhak menikmati liburan dan pergi ke manapun mereka inginkan asal tahu cara menyusun budget yang akan dibutuhkan nantinya.

3. Pilih Tujuan Wisata yang Akan Dikunjungi

Advertisement
Pilih tujuan kamu mau kemana

Pilih tujuan kamu mau kemana via https://pixabay.com

Mendatangi sebuah tempat yang baru memang selalu memberi sebuah sensasi menyenangkan, sehingga tak heran jika belakangan ini sebagian besar orang selalu menyempatkan diri untuk pergi berlibur. Bukan hanya berbagai wilayah di dalam negeri saja, melakukan liburan ke luar negeri juga menjadi hal yang sangat menarik dan patut untuk dicoba.

Hal ini bahkan bisa memberikan banyak kesempatan untuk melihat secara langsung berbagai kebudayaan asing di negeri orang, yang tentu saja sangat mungkin berbeda dengan kebudayaan di Indonesia. Selama liburan, pastikan kamu merasa nyaman dan aman, sehingga pemilihan destinasi yang tepat akan sangat dibutuhkan sejak awal. 

4. Persiapkan Tempat Penginapan Jauh-Jauh Hari

Penginapan

Penginapan via https://pixabay.com

Berlibur dan bepergian pada masa-masa liburan tentu akan berbeda dengan ketika kamu berlibur di hari lainnya. Kamu akan membutuhkan persiapan ekstra sejak awal, sebab pada masa-masa ini bisa dipastikan hampir semua destinasi wisata akan ramai oleh pengunjung, termasuk penginapan juga. Jadi kamu harus mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari sebelumnya.

Untuk memilih tempat menginap atau hotel ketika liburan, bisa jadi sebuah pekerjaan yang gampang-gampang susah untuk dilakukan, terutama jika kamu akan mendatangi sebuah tempat liburan yang baru.

Namun jangan asal pilih saja, sebab hotel akan menjadi tempat tinggalmu sementara selama liburan, jadi pilihlah yang paling tepat dan sesuai bagi kebutuhanmu. 

5. Mulailah Menabung Agar Budgetmu Terkumpul

Mulailah Menabung

Mulailah Menabung via https://pixabay.com

Berlibur merupakan hal yang menyenangkan dan selalu banyak ditunggu-tunggu orang, barangkali kamu juga. Bepergian dan melupakan sejenak segala rutinitas, akan membuat kamu menjadi bersemangat dan begitu antusias untuk mempersiapkan segalanya dengan baik.

Liburan merupakan momen langka bukan? Jadi kamu harus manfaatkan sebaik-baiknya. Nah, kalau kamu sudah lakuin 5 tips di atas, kamu sudah siap liburan, bukan???

Kamu ingin kemana?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Julita Widya Sari Manurung atau biasa disapa Julita lahir di Medan, 12 Juli 1998. Aktif menulis sejak tahun 2017 dan sudah berhasil menerbitkan buku.

CLOSE