Mau Make Over Ruang Makan Tanpa Ribet? Pakai 5 Dekorasi Estetik Ini!

Ide Dekorasi Estetik untuk Ruang Makan

Siapa di sini yang malah lebih suka duduk-duduk, nongkrong, atau ngobrol sama orang rumah di meja makan daripada di ruang keluarga? Kalau kamu salah satunya, enggak heran, sih. Ruang makan juga bisa jadi jantung rumah, tempat berkumpulnya anggota keluarga di pagi hari sebelum beraktivitas atau waktu sore dan malam hari seusai berkegiatan.

Mengobrol santai setelah sarapan sambil menunggu kendaraan atau setelah makan malam sambil menemani anak mengerjakan pekerjaan rumah akan jadi rutinitas yang menyenangkan dan mendekatkan keluarga dengan ruang makan sebagai lokasi dari aktivitas ini.

Oleh karena itu, ruang makan bukan cuma perlu bersifat fungsional, tapi juga didekorasi dengan menawan, dong. Ruang makan yang juga merupakan jantung rumah bukan cuma sekadar meja makan dan ruang makan yang cukup menampung semua penghuni rumah.

Suasana ruang makan juga harus nyaman, hangat, dan dinamis. Mampu memicu pembicaraan seru, tawa, dan gurauan yang berlangsung selama berjam-jam. Anda dan pasangan bisa dengan nyaman mengobrol atau menyelesaikan beberapa pekerjaan kantor.

Begitu juga anak-anak yang mengerjakan tugas, menceritakan pengalamannya di sekolah pada hari itu, atau memainkan papan permainan yang seru sebelum tidur. Makanya, ruang makan perlu diatur sedemikian rupa untuk mengakomodasi aktivitas-aktivitas ini.

Kalau ruang makan di rumah terasa terlalu biasa aja, kurang nyaman, atau terasa membosankan, mungkin waktunya melakukan renovasi atau make over supaya ruang makan lebih nyaman dan estetik.

Dekoruma sudah ngumpulin lima dekorasi estetik di ruang makan yang bisa kamu tiru buat make over ruang yang penuh kehangatan ini di rumah. Semuanya relatif gampang dicari dan dibeli, tapi bakal kasih efek yang beda dari ruang makanmu yang sebelumnya.

Advertisement

1. Kursi Meja Makan yang Enggak Seragam dan Belang-belang. Terapkan Prinsip Kesempurnaan dalam Ketidaksempurnaan

Sumber: MyDomaine

Sumber: MyDomaine via https://www.mydomaine.com

Dekorasi yang inkonvensional, tapi ternyata udah jadi tren selama beberapa tahun ke belakang. Kursi meja makan yang berbeda-beda. Ya, bener, bukannya seragam dan sama bentuk atau warnanya, kursi meja makan sengaja dibikin enggak seragam dan belang-belang.

Kalian pun bisa bebas berkreasi dengan dekorasi yang satu ini. Pemilik hunian pada foto di atas menggunakan dua kursi makan rotan di ujung kanan dan kiri yang dipadukan sama kursi makan model windsor yang vintage dan klasik.

Advertisement

Di luar itu, kreasikan sesuai keinginan kalian. Kursi meja makan bisa benar-benar beda jenis, ukuran, dan warna semuanya. Yang pasti, kursi meja makan yang belang-belang seperti ini memberikan prinsip kesempurnaan dalam ketidaksempurnaan yang justru bikin ruang makan jadi lebih berkarakter.

2. Aneka Pernak-pernik Dekorasi Buat Centrepiece Meja Makan yang Menawan. Bikin Semuanya dalam Satu Tema Bakal Bikin Semuanya Kelihatan Selaras

Sumber: MyDomaine

Sumber: MyDomaine via https://www.mydomaine.com

Salah satu aturan dekorasi yang sebisa mungkin enggak dilanggar adalah membiarkan meja makan benar-benar kosong. Setidaknya, perlu ada satu atau dua ornamen dekorasi yang berperan sebagai centrepiece di atas meja makan.

Advertisement

Biasanya, centrepiece meja makan berupa vas bunga, tanaman dalam pot, atau mangkuk berisi buah yang ditaruh di tengah meja makan. Lebih lanjut, kamu juga bisa menambahkan nampan dekorasi, lilin dengan tempatnya yang cantik, set piring, cangkir, atau peralatan makan & minum lainnya, serta serbet yang seragam.

Semua dekorasi ini bisa juga kalian bikin satu tema. Misalnya kayak ornamen dekorasi meja makan di atas. Semua yang pecah belah kayak vas dan tempat lilin warna hitam mengilap. Sementara, serbet dan peralatan makan juga dibuat seragam.

3. Ganti Kursi Meja Makan dengan Bangku Panjang. Percantik Ruang Makan dengan Memfungsikannya Seperti Coffee Table

Sumber: MyDomaine

Sumber: MyDomaine via https://www.mydomaine.com

Buat variasi kursi meja makan, kalian juga bisa mengganti kursi makan individual jadi bangku panjang. Selain panjangnya sama dengan meja makan, bangku juga bisa punya material dan warna yang sama dengan meja makan untuk tampilan yang seragam.

Bangku panjang memang berfungsi buat menambah kapasitas tempat duduk di meja makan. Juga, bikin orang yang duduk jadi lebih dekat karena berdempetan satu sama lain. 

Cuma, kalau sedang tidak dipakai, kursi panjang di meja makan juga bisa jadi tempat meletakkan beberapa dekorasi. Misalnya, buku dekorasi yang tebal atau bahkan alas meja yang cantik seperti coffee table di ruang tamu atau ruang keluarga.

4. Alternatif Buat Meja Makan Kotak, Coba Pasang Meja Makan Bundar. Lebih Hemat Ruang, Dinamis, dan Intim

Sumber: Boca do Lobo

Sumber: Boca do Lobo via https://www.bocadolobo.com

Kebanyakan meja makan punya bentuk dan desain kotak, kan. Normalnya seperti itu dan sebenernya enggak ada yang salah sama meja makan yang kotak dan konvensional. Cuma kalau tujuan kalian untuk kasih tampilan baru di ruang makan, coba ganti meja makan kotak dengan meja makan bundar.

Meja makan bundar terasa lebih dinamis karena tidak bersudut. Bila ditelusuri lebih mendalam, meja makan bundar juga membuat orang-orang yang duduk di meja makan terasa lebih dekat dan intim karena tidak adanya sudut seperti meja makan kotak.

Meja makan bundar juga lebih hemat ruang daripada meja makan kotak, yang berarti lebih cocok buat ruang makan yang ukurannya enggak terlalu besar. Juga, kalian bisa menambahkan meja putar atau lazy susan seperti di restoran chinese food untuk menambah kepraktisan.

5. Elemen-elemen Desain Pendukung yang Esensial. Detail Kecil, Tapi Berpengaruh Banget Buat Keseluruhan Tampilan Ruang Makan

Sumber: HGTV

Sumber: HGTV via https://www.hgtv.com

Selain meja dan kursi makan yang merupakan furnitur utama di ruang makan, ruang makan yang estetik sebenarnya dibantu dengan kehadiran detail-detail dekorasi pendukung yang membentuk keseluruhan estetika ruang makan. 

Sebagai tambahan centrepiece, kalian bisa memasang lampu gantung yang desainnya disesuaikan dengan desain interior ruang makan. Credenza atau sideboard juga sering ditemukan di ruang makan, ditempatkan di depan atau samping meja makan.

Di atas credenza, dipasang dekorasi seperti lampu, buku, bingkai foto, tanaman, ornamen, hingga cermin atau lukisan untuk menghidupkan ruangan. Kalian juga bisa menambahkan tanaman hias yang berukuran besar, standing lamp, atau dekorasi-dekorasi lain yang sekiranya cocok berada di ruang makan.

Ruang makan yang estetik tentunya akan bikin penghuninya semakin betah dan nyaman. Waktu makan terasa jadi lebih menyenangkan, begitu juga waktu berkualitas dan santai bersama keluarga di ruang makan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE