Melihat 6 Sisi Positif di Balik Wabah Virus Corona

Masa pandemi yang tetap ada hikmahnya

Virus Corona telah menjadi perbincangan dan pemberitaan hangat di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, baik melalui media cetak, maupun media elektronik. Saking parahnya, penyakit COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona ini sudah dinyatakan sebagai pandemi (menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak dimana-mana meliputi daerah geografi yang luas.

Akibat pandemi COVID-19 seluruh perekonomian di Indonesia menjadi lumpuh, yang mengakibatkan beberapa pelaku usaha gulung tikar, buruh diputuskan hubungan kerjanya atau yang biasa disebut PHK, dan masih banyak lainnya. Namun di balik itu semua terdapat sisi positif yang patut kita syukuri agar kita dapat mengambil hikmah akibat wabah penyakit COVID-19, diantaranya sebagai berikut:

Advertisement

1. Manusia peduli kebersihan dan kesehatan

Photo by Burst

Photo by Burst via https://www.pexels.com

Orang Indonesia dikenal bukanlah masyarakat yang peduli akan kebersihan, dan mungkin kita juga termasuk yang seperti itu. Dahulu saat sebelum adanya penyakit COVID-19, setelah keluar rumah atau bepergian kita sangat jarang sekali mencuci tangan, bahkan saat mau makan saja terkadang kita sangat malah untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Selain itu juga kita jarang membersihkan rumah kita dengan cara menyemprotkan cairan pembunuh bakteri. Dampak positif Corona membuat hampir seluruh masyarakat Indonesia melakukan budaya hidup sehat, tentu hal ini menjadi sangat baik ke depannya karena virus corona dapat dicegah dengan orang yang memiliki budaya hidup bersih.

Advertisement

2. Lebih sering kumpul bersama keluarga

Photo by Elly Fairytale

Photo by Elly Fairytale via https://www.pexels.com

Di Indonesia, masyarakat diminta untuk melakukan segala aktivitasnya di rumah. Beberapa perusahaan akhirnya melakukan kegiatan bekerja di rumah kepada para karyawannya atau sering disebut juga work from home. Selain itu, kegiatan belajar mengajar yang dulunya dilakukan secara tatap muka di sekolah, kini semenjak adanya penyakit COVID-19 kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online dari rumah.

Dampak positif dari work from home adalah kita bisa lebih dekat dengan keluarga dan kita juga lebih leluasa untuk saling berbagi cerita dengan keluarga kita. Dahulu, beberapa di antara kita pasti sangat jarang makan bersama dari mulai sarapan, makan siang, sampai makan malam. Namun semenjak adanya penyakit COVID-19 kita bisa makan bersama mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam.

Tidak hanya itu, saaat ini kita juga bisa melakukan ibadah berjamaah di rumah bersama keluarga kita yang dulunya pasti diantara kita sangat jarang melakukan hal tersebut atau bahkan tidak pernah sama sekali.

Advertisement

3. Manusia saling tolong menolong

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://www.pexels.com

Manusia memang sudah dikodratkan untuk saling tolong menolong. Tolong menolong merupakan hal yang sangat baik dalam agama. Bahkan menurut ajaran agama Islam, Alloh SWT sudah memberikan perintah melalui firman-Nya dalam Al-Quran surah Al-Maidah yang berbunyi (dan tolong-menolonglah kamu dalam melakukan kebaikan dan taqwa, dan janganlah kamu tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kamu kepada Alloh, sesungguhnya Alloh sangat berat siksanya).

Di saat adanya pandemi COVID-19 banyak orang yang kehilangan pekerjaan mereka. Namun hal itu menjadikan ladang amal bagi mereka yang mampu secara ekonomi dengan membagikan paket sembako, uang tunai, masker, APD, dan masih banyak lainnya kepada orang yang membutuhkan. Hal ini berdampak positif karena telah mempersatukan umat manusia tanpa melihat suku, ras, dan agama.

4. Kualitas udara membaik

Photo by  Micro Hunziker

Photo by Micro Hunziker via https://www.pexels.com

Pemerintah Indonesia melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengurangi penyebaran virus Corona secara nasional, termasuk Jakarta. Meski begitu, anjuran tersebut berdampak positif terhadap lingkungan. Pada hari normal sebelum adanya COVID-19 banyak orang beraktivitas dan menimbulkan kualitas udara buruk yang mengakibatkan lapisan ozon semakin menipis.

Cerobong asap pabrik membuat udara semakin kotor, namun semenjak adanya PSBB dan dianjurkan untuk di rumah aja, kini kualitas udara di dunia membaik, polusi udara pun turun secara signifikan.

5. Negara di belahan dunia saling bekerja sama

Photo by Slon Dot Pics

Photo by Slon Dot Pics via https://www.pexels.com

Saat ini Negara di berbagai belahan dunia memiliki musuh yang sama yaitu virus corona, oleh karena Negara tersebut saling bekerja sama untuk memerangi virus tersebut. Kerja sama dalam skala global belum pernah terjadi sebelumnya. Sebelum adanya COVID-19 banyak  isu-isu yang terjadi seperti isu politik, perang budaya, dan perang dagang yang mengakibatkan perang dingin antar negara.

Namun di saat menyebarnya wabah virus corona ini, berbagai negara telah melakukan kerja sama untuk memerangi virus corona. China telah mengerahkan dokter dan tenaga medis untuk membantu negara Italia dengan krisis yang sedang berlangsung. Bahkan Israel dan Palestina pun turut saling bekerja sama memerangi virus corona. Tentu hal ini merupakan kabar baik karena sebelum adanya virus corona, kedua negara ini sedang terjadi konflik.

6. Manusia saling berlomba meningkatkan imun dengan berolahraga

Photo by Karl Solano

Photo by Karl Solano via https://www.pexels.com

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih terus meluas saat ini, setiap orang tentu berharap terhindar dari virus tersebut. Salah satu cara agar terhindar dari virus tersebut adalah dengan cara meningkatkan imunitas tubuh dengan cara olahraga. Melakukan olahraga diyakini mampu meningkatkan imun tubuh sehingga seseorang tidak mudah terserang penyakit.

Saat pandemi COVID-19 seperti yang saat ini sedang terjadi, penting bagi kita untuk menggunakan waktu luang untuk menjaga kesehatan, salah satunya dengan berolahraga agar imunitas tubuh kita meningkat. Banyak olahraga yang bisa kita lakukan untuk menghindari virus corona seperti bersepeda statis, senam aerobic, body weight training, bahkan hal yang mungkin sering kita lakukan yaitu menari sambil diiringi lantunan suara musik.

Dalam melakukan aktivitas olahraga, kita juga perlu memperhatikan jenis olahraga yang akan kita lakukan, yaitu dengan mempertimbangkan tingkat kesulitan dan risiko dari jenis olahraga itu sendiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE