Ketika masih kecil dulu, hal pertama yang terbayang bila membicarakan tentang Inggris adalah sebuah negara yang bahasanya digunakan di sekolah sebagai salah satu mata pelajaran. Sebatas itu. Namun, bertambahnya usia, bertambah pula wawasan mengenai negara ini. Sebagai penyuka sinematografi, Mr. Bean adalah film pertama yang mengenalkan saya terhadap bentuk dan rupa negara Inggris.

Semakin banyak yang ditonton setelahnya makin tahu banyak hal tentang negara ini dari film berkualitas yang memiliki lokasi shooting di Inggris, seperti James Bond, Harry Potter, dan film favorit saya sepanjang masa, Nanny Mcphee. Melihat keunikan dan keindahan tempat yang berada di Inggris, membuat kita mencari tahu lebih banyak tentang Inggris dan Britania Raya.

Seperti yang diketahui, terdapat beberapa tempat ikonik yang menjadi motivasi awal bagi kebanyakan orang untuk datang dan berkunjung. Seperti contohnya adalah Big Ben, London Eye, London Bridge, Sungai Thames, Stonehenge, Travalgar Square, Buckhingham Palace hingga Abbey Road yang dikenalkan oleh The Beatles, salah satu musisi asal Inggris.

Namun tidak hanya itu, masih banyak hal menarik seperti tempat wisata, budaya dan bahkan hal-hal unik yang akan diceritakan pada penghujung artikel dan diharapkan dapat berguna sebagai dorongan bagi kalian untuk membuka rekening tabungan khusus untuk persiapan perjalanan ke negara ini.

1. Kastil dan Istana (Castle and Palaces)

Berbicara tentang Britania Raya, karena bentuk kepemimpinan mereka adalah kerajaan, maka cukup banyak istana yang dibangun di beberapa tempat. Fungsinya adalah sebagai tempat singgah atau tempat tinggal bagi keluarga kerajaan dan juga sebagai tempat berlindung warga sekitar. Namun, pada zaman sekarang beberapa kastil pun bergeser fungsi menjadi tempat wisata. Bagi yang menyukai hal yang terkait dengan desain, selain Buckhingham Palace, beberapa kastil dan istana ini dapat menjadi inspirasi.


  • Edinburgh Palace, merupakan istana yang menjadi ciri khas di Skotlandia. Hal yang membuat istana ini unik adalah istana ini dibangun diatas bebatuan, sehingga membuat istana ini terlihat megah dan kokoh.

  • Raby Castle. Istana ini berada di Durham, Inggris. Istana ini terlihat seperti istana yang ada dalam kisah dongeng karena terdapat danau disekitarnya.

2. Dataran Tinggi (Highland)

Rannoch Moor Highland

Rannoch Moor Highland via http://carterkaplan.blogspot.co.id

Hampir sama dengan Indonesia, tidak hanya buatan tangan manusia yang menjadi daya tarik tempat ini, namun ciptaan langsung dari Tuhan juga menjadi destinasi wisata yang paling menarik.Terdapat banyak sekali dataran tinggi yang dapat dikunjungi, bahkan untuk beberapa orang yang paling malas hiking pun pasti akan tertarik untuk datang setidaknya sekali seumur hidupnya.


  • Falls of Falloch, nama tempat yang paling unik diantara yang lainnya. Bila kita lihat, hampir sama seperti bila kita melihat nama Cecep Sucecep atau Ike Marike, ya. Falls of Falloch merupakan dataran tinggi yang dilengkapi dengan air terjun.

  • Rannoch Moor. Dataran tinggi ini memiliki pemandangan yang tidak biasa yaitu pegunungan yang dikelilingi salju disekitarnya. Dataran ini mengelilingi danau pula sehingga ketika kita datang kesini, lengkap sudah mata kita melihat tiga hal yaitu salju, dataran dan danau.

  • Buachaille Etive Mor. Dataran tinggi ini terkenal sejak menjadi lokasi shooting film James Bond. Di film pun terlihat bahwa dataran tinggi yang luas serta dikelilingi kabut yang melengkapi pemandangannya menjadi sangat indah.

3. Taman (Park)

Winter Wonderland Hyde Park

Winter Wonderland Hyde Park via http://runningwhitehorses.blogspot.co.id

Dalam menikmati hidup, orang-orang Britania sangat menikmati menghabiskan waktu di taman dengan cara bersantai, membaca buku, atau hanya sekedar piknik. Namun dengan cara seperti ini ternyata berpengaruh terhadap well-being pada masyarakatnya. Salah satu taman yang paling terkenal dan salah satu yang paling besar adalah Hyde Park yang berlokasi di London. Hyde Park seringkali digunakan sebagai tempat pentas musik. Namun ketika musim Natal, Hyde Park ini dirubah menjadi winter wonderland, yang dipenuhi lampu dan desain yang menakjubkan.

4. Mercusuar (Lighthouse)

Hook Lighthouse

Hook Lighthouse via http://www.southeastradio.ie

Serupa dengan Indonesia, Britania Raya memiliki lokasi yang dikelilingi oleh lautan. Hal yang membedakan adalah terdapat banyaknya mercusuar yang digunakan untuk membantu pelayaran. Bentuk dari mercusuarnya pun bervariasi. Beberapa di antaranya seperti Hook Lighthouse yang merupakan salah satu mercusuar tertua yang pernah dibangun. Selain itu adapula Belle Tout Lighthouse yang berada di Sussex. Mercusuar ini sempat beberapa kali di renovasi namun prosesnya tidak merubah bentuk asli dari mercusuar.

5. Toko Buku (Bookshop)

Southwold Bookshop

Southwold Bookshop via https://commons.wikimedia.org

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “buku adalah jendela dunia”. Orang Inggris setuju dengan pendapat tersebut dan menghargai pentingnya sebuah buku. Membaca buku dianggap sebagai pengisi waktu luang sekaligus penghilang penat. Banyak penulis hebat yang menghasilkan karya hebat lahir dari Britania Raya seperti William Shakespeare, JK Rowling, Agatha Christie, lainnya. Beberapa toko buku yang cukup dikenal diantaranya seperti Waterstone’s Bookstore, Southwold Bookshop, Wenlock Books, Scarthin Books dan yang paling terkenal The Old Pier Bookshop.

6. Hal-hal Unik dan Spesial Lain di Inggris (1)

Wigs in Court

Wigs in Court via http://www.dailymail.co.uk


  • Pantomime and Charlie Chaplin. Would you like a cup of tea, dear?” Ketika kita bicara tentang Inggris dan berusaha untuk menggunakan aksen Inggris, kalimat tersebut adalah yang pertama kali biasa kita ucapkan. Namun Charlie Chaplin berbeda dalam menawarkan secangkir teh dalam pertunjukkan pantomimnya. Pantomim merupakan sebuah pertunjukan (biasanya teater) yang menggunakan isyarat, dalam bentuk mimik wajah atau gerak tubuh, sebagai dialog.

  • Wigs in Court, Hal unik lainnya adalah penggunaan wig bagi hakim, jaksa, pengacara dan profesi lainnya yang berada dalam ruang pengadilan atau mahkamah. Bahkan sampai sekarang, masih ada beberapa tempat pengadilan yang profesi hukum didalamnya menggunakan wig.

  • Guards at Buckingham. Sebagai pencinta Mr. Bean, adegan ketika Mr. Bean mendandani petugas Buckingham yang mengenakan baju merah ini merupakan salah satu episode yang paling lucu. Guards at Buckingham ini menjadi hal unik, bahkan simbol negara Inggris.

7. Hal-hal Unik dan Spesial Lain di Inggris (2)

Royal Ascot Hats

Royal Ascot Hats via http://www.eonline.com


  • Royal Ascot. Pada acara Royal Ascot, ajang balapan kuda merupakan sesi yang ditunggu-tunggu oleh kaum pria. Namun tidak kalah menarik bagi kalangan wanita, gelaran ini merupakan saatnya tampil menawan dengan ciri khas penggunaan hiasan rambut seperti head piece atau topi. Bahkan banyak yang menghabiskan uangnya untuk membeli head piece atau topi unik sebagai fashion icon mereka.

  • Pubs. Bicara tentang Inggris, tidak luput dari tempat ngobrol dan hang out bagi warga sekitar. Pubs menjadi salah satu tempat utama untuk menghabiskan waktu bagi orang Britania. Bahkan jumlah pubs di Inggris mencapai puluhan ribu !

Oleh karena itu, setelah melihat banyaknya destinasi dan hal unik yang ada di Britania Raya, tidak ada alasan untuk tidak mendatangi negara-negara ini setidaknya sekali dalam seumur hidup kita. Setelahnya mari kita bicara di depan cermin dan teriak #AyokeUK !

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya