Hubungan kita dengan diri kita sendiri sangat mempengaruhi segalanya dalam persahabatan, pekerjaan, hingga ke hubungan relationship. Dengan mencintai diri sendiri, hidup akan lebih nyaman dan terhindar dari rasa cemas berlebihan. Satu-satunya orang yang mampu benar-benar mengenal kita adalah diri kita sendiri, dengan menyadari dan menerima kekurangan serta kelebihan yang dimiliki akan menumbuhkan rasa percaya diri, lebih menghargai diri dan selalu bersyukur. 

Self love bukan tentang egois, dan juga bukan tentang membandingkan diri dengan orang lain, tetapi lebih ke penerimaan diri kamu sepenuhnya. Jika kamu sudah melakukan hal-hal dibawah ini terhadap diri kamu, berarti kamu sudah mencintai diri sendiri dan bisa dibuktikan bahwa kamu selalu bahagia bukan? Apapun yang terjadi, sedihmu tidak akan berlarut-larut jika sudah self love dengan baik.

1. Mencintai semua yang dilakukan dan tegar menghadapi kehidupan

Advertisement

Kalau kamu sudah bisa sepenuhnya ikhlas dengan apa yang ada sekarang, dan menjalaninya dengan happy berarti kamu sudah menghargai diri kamu sendiri. Meski sesekali masalah datang, kamu tetap bisa tenang dan memikirkan solusi bagaimana menyelesaikannya tanpa harus berkeluh kesah. Semua pasti ada jalan keluarnya dan ini akan berlalu.

2. Setiap bangun pagi selalu mengucap syukur

Photo by Jared Rice on Unsplash

Photo by Jared Rice on Unsplash via https://unsplash.com

Kamu tahu bahwa mood dalam sehari akan dipengaruhi oleh bagaimana kondisimu di pagi hari saat membuka mata. Jika pagi hari kamu lakukan dengan hal-hal positif, seperti berdoa, mendengarkan musik semangat, meditasi atau hal lain yang bisa membuat mood kamu bagus maka seharian itu kegiatan kamu akan menyenangkan.

Terlepas nanti di tengah hari kamu mendapat problem, kamu akan menyikapi nya dengan lebih tenang. Di sini peran self love sangat membantu.

3. Bahagiamu tidak bergantung pada orang lain

Photo by bruce mars on Unsplash

Photo by bruce mars on Unsplash via https://unsplash.com

Advertisement

Sadar bahwa yang bertanggungjawab atas diri kita yaitu diri kita sendiri, bukan orang lain. Kamu punya cara sendiri untuk membuat hidupmu bahagia.. Tidak peduli orang lain akan membuat peasaanmu kecewa, marah, atau sedih itu tidak akan terlalu menganggu kamu.

Perlindungan dirimu sangat kuat, saat kamu bisa mengendalikan rasa cemburu berlebihan kepada pasangan, saat kamu bisa menerima kritik negatif dari atasan dan bahkan saat kamu menerima berita buruk dari keluarga, kamu tetep bisa tegar dan bersyukur. Semua yang terjadi kamu telan dan kamu ambil sisi positif dari semuanya.

Dengan cinta kepada diri, semua akan teratasi. Kamu tetap mampu bersyukur dan mengambil peluang. So, be grateful!

4. Merawat diri

photo by Joshua reddekop on unsplash

photo by Joshua reddekop on unsplash via https://unsplash.com

Kamu selalu menyempatkan waktu untuk merawat diri dengan berolahraga, makan makanan sehat dan air putih terpenuhi sesuai kebutuhan tubuhmu. karena kamu sadar bahwa tubuh sehat itu penting untuk hidup kamu. Aset yang sangat berharga adalah kesehatan dirimu.

Saat kamu merasa suntuk dengan urusan kerja, sesekali manjain diri pergi ke salon atau pergi jalan-jalan bersama teman. Itu adalah bentuk self love yang wajib kamu perhatikan dan konsisten. 

5. Punya prinsip dan tidak gampang terpengaruh oleh orang lain

Photo by Ian Froome on Unsplash

Photo by Ian Froome on Unsplash via https://unsplash.com

Bukti bahwa kamu sudah mencintai dirimu adalah kamu berani bilang “tidak” pada orang lain yang mengajak kamu untuk melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan dirimu.

Kamu punya prinsip yang tidak bisa diubah, bukannya kerasa kepala, tetapi kamu sudah bisa memilah mana hal baik dan buruk bagi kamu sendiri.

Jadi, gitu guys. beberapa hal yang bisa kamu lihat pada dirimu sendiri, apakah kamu sudah self love atau belum. Jika belum, coba belajar mencintai diri sendiri dulu sebelum kamu mencoba mencintai orang lain. Karena jika kamu berhasil mencintai diri sepenuhnya, maka semua akan tertarik kepadamu. Apapun yang kamu inginkan akan lebih mudah dicapai. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya