Mencipta Damai dengan Menyalurkan Emosi Lewat 5 Pilihan Kegiatan Ini

Jangan dipendam, nanti meletus bak gunung berapi

Pembatasan sosial berskala besar atau PSBB pasti membawa sejumlah dampak dalam kehidupan manusia karena ruang gerak yang dibatasi. Tidak ada acara kumpul-kumpul bersama teman, berdiskusi hanya bisa lewat daring, mengobrol pun harus melalui aplikasi atau telepon, berbelanja juga memanfaatkan daring atau pesan antar. Tak jarang, manusia yang katanya makhluk sosial mulai merasakan jenuh bahkan berakibat pada tumpukan emosi negatif sebab lingkungan yang ditemuinya saban hari selalu sama. Menurut Hockenbury & Hockenbury, emosi adalah suatu kondisi psikologis kompleks yang melibatkan tiga komponen berbeda yaitu pengalaman subyektif, respon psikologis, dan respon tingkah laku atau ekspresi.

Namun, bagaimanapun bentuk emosi yang dimiliki sebenarnya harus segera disalurkan dengan sejumlah cara yang aman dan tidak menyakiti orang lain. Melakukan hobi mungkin bisa menjadi pilihan dikala emosimu sedang meledak-ledak, tidak mampu terbendung lagi. Berikut beberapa cara aman yang dapat membantu menyalurkan emosi seseorang.

Advertisement

1. Mulai dengan Berkebun

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Belakangan ini aktivitas berkebun mulai diminati banyak orang di selah-selah rutinitas untuk mengisi waktu maupun melepaskan emosi. Ketika berkebun, seseorang akan memandangi daun-daun berwarna hijau dan bunga-bunga warna-warni yang dipercaya dapat melepas tingkat stress atau emosi seseorang. Dewasa ini, berkebun tidak lagi memerlukan media atau tanah yang luas melainkan cukup memanfaatkan lahan kosong seperti beranda rumah pun tidak akan jadi masalah.

Metode hidroponik juga banyak digandrungi baik pakar ataupun pemula. Jadi, untuk apa buang-buang waktu marah-marah, jika melepas emosi bisa dengan cara berkebun.

Advertisement

2. Belajar Memasak

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Menyalurkan emosi sekaligus memutar roda ekonomi, siapa sih tidak ingin? Memasak mungkin menjadi salah satu hobi yang juga dapat mengisi pundi-pundi keuangan. Dengan memasak, seseorang bisa menyalurkan emosi melalui proses menyiapkan bahan-bahan hingga mengolah bahan makanan menjadi masakan lezat.

Tidak hanya itu, jika kamu menekuni hobi satu ini, barangkali bisa jadi sumber pendapatan tambahan terlebih di saat kondisi pandemi sekarang. Tapi, tolong dicatat, memasukkan garam atau cabai harus sesuai takaran jangan sesuai emosi, karena jika tidak sesuai takaran rasa masakan bisa tidak karuan.

3. Belajar Menulis

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Sejumlah ahli psikologi menyarankan apabila seseorang dilanda keadaan emosional yang tidak menentu untuk menyalurkannya melalui tulisan. Dengan menulis, seseorang bisa diharapkan dapat mengekspresikan emosinya dan tidak jarang menjadi suatu karya yang hebat. Menulis tidak perlu di notebook ataupun komputer jinjing, cukup di buku harian biasa kamu sudah bisa menuangkan segala bentuk rasa emosi negatifmu, seperti kecewa, kesal, marah, sedih, benci dan semacamnya. Sekarang tidak perlu lagi melepas emosi dengan cara membanting-banting barang.

Advertisement

4. Bernyanyi

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Siapa yang tidak suka bernyanyi? Setiap orang pasti bisa bernyanyi walaupun suaranya serak-serak basah atau tidak sebagus seorang diva, yang penting bernyanyi tidak peduli di mana dan kapan. Menyanyikan genre lagu tertentu yang sesuai kondisi hati bisa menjadi cara menuangkan emosi terdalam seseorang. Biasanya sih lagu-lagu mellow lebih sering dipilih karena bisa menggambarkan keadaan seseorang dengan tepat, tapi tak jarang lagu-lagu beraliran keras menjadi obat ampuh bagi seseorang untuk meluapkan emosinya.

5. Olahraga

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Marah bisa bikin seseorang terlihat tua. Setuju dengan kalimat itu? Daripada marah-marah tidak jelas dan tidak ada faedahnya, lebih baik menyalurkan emosi dengan berolahraga yang terbukti baik untuk tubuh juga daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, jika rutin berolahraga, seseorang akan tampak lebih sehat, tubuh menjadi lebih rileks, dan emosi akan selalu positif.

Minimal 30 menit melakukan olahraga cardio seperti jogging atau yoga bisa membuat tubuh kamu lebih bugar loh. Selain itu, kamu bisa terbebas dari rasa cemas, pikiran menjadi tenang dan tidur pun lebih pulas. Itulah beberapa contoh hobi yang bisa kamu lakukan untuk meredam emosi yang kamu rasakan saat ini. Stay calm guys.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Anak kedua dari tiga bersaudara. Menghabiskan sebagian banyak waktu di kota kelahiran, Bandar Lampung. Tidak ada yang istimewa dari saya, tapi selalu ingin memulai belajar menulis karena selama ini hanya menjadi silent reader.

CLOSE