Cara Menciptakan Ruang Bebas Stress di Rumahmu

5 tips efektif menciptakan rumah anti-stres, wujudkan rumah idaman untuk rileks!

Beragam cara dapat ditempuh untuk membuat seseorang betah di rumah. Tips yang bisa kamu coba adalah dengan menciptakan desain yang menyenangkan, menyesuaikan selera pemilik rumah. Tahun yang baru saja dimulai ini, merupakan kesempatan terbaik untuk kamu yang menginginkan hunian bebas stres.

Entah itu gudang yang sudah tak terpakai di halaman belakang, ataupun sebuah sudut favorit di kamarmu, ciptakan satu tempat khusus buat kamu melepaskan semua beban. Apalagi, saat ini garis antara pekerjaan dan kehidupan rumah semakin bias, tidak jelas batasannya.

Bagaimana caranya menciptakan ruang santai di rumah? Simak beberapa tips berikut ini!

Advertisement

1. Pertimbangkan membuat ruangan terpisah

Ruang bebas stres di rumah

Ruang bebas stres di rumah via https://fixaodona.se

Temukan sudut di rumahmu di mana aktivitas berjalan paling minimal di dalam rumah. Jadikan tempat itu tempat terbaik untuk bermeditasi dan melakukan relaksasi. Ciptakan konsep ruangan bagi kamu bisa menikmati suasana, sekaligus merasa tenang begitu memasukinya. Ruangan terpisah ini bisa berupa tempat membaca atau kamar mandi dengan bathtub khusus untukmu sendiri. Lebih bagus lagi jika kamu bisa membuat ruangan atau bangunan kecil lain di luar rumah, seperti paviliun dengan koleksi novel favoritmu. Jendela besar yang dipasang akan membuat kamu bebas menikmati udara segar di luar.

2. Jaga konsep ruangan seminimalis mungkin

Ruang bebas stres di rumah

Ruang bebas stres di rumah via https://www.pizcadehogar.com

Rumah tenang dan nyaman adalah impian semua orang. Ruang relaksasi hanyalah segelintir cara untuk mewujudkannya. Hal paling mendasar yang harus dipenuhi dalam sebuah ruang relaksasi adalah tempat itu mempersilakan kamu duduk dan berbaring dengan bebas. Caranya, ciptakan ruangan dengan barang-barang seminimal mungkin.

Advertisement

Sebuah kursi simpel yang cozy, ditambah lantai karpet dengan setumpuk bantal, akan menciptakan ruang minimalis yang nyaman. Hal lain yang tak kalah penting dan harus diperhatikan adalah menjaga ruangan tetap rapi. Siapa yang bisa bersantai, kalau tempat santai kamu berantakan dan dipenuhi barang-barang yang tidak perlu?

3. Buat suasana yang bisa menstimulasi indra

Ruang bebas stres di rumah

Ruang bebas stres di rumah via https://www.unprogetto.com

Selain bisa memberikan ruang duduk dan berbaring yang nyaman, ruang santai di rumah harus bisa memberikan sentuhan istimewa ke dalam jiwamu. Para ahli bersepakat, jika ruangan ini haruslah bisa merangsang indra-indra kamu agar stres hilang. Menggunakan sentuhan warna yang hangat seperti biru, putih hangat, hingga mengandalkan cahaya alami, akan memberikan efek relaksasi. Selain visual, efek suara juga dapat kamu masukkan untuk menghilangkan kebisingan dari aktivitas harian. Musik klasik, suara air dari pancuran, atau kicauan burung adalah beberapa contohnya. Agar meningkatkan suasana lebih santai lagi, hadirkan wewangian yang berasal dari pengharum ruangan atau lilin aromaterapi yang kamu suka.

4. Hubungkan dengan alam

Ruang bebas stres di rumah

Ruang bebas stres di rumah via https://www.chambres-hotes.fr

Sekali lagi, ide memasukkan komponen alam dalam ruang bersantai tetap dianggap sebagai ide terbaik. Karena itu, banyak yang menganjurkan kamu membuat jendela yang menghadap langsung ke taman atau halaman belakang rumah. Jika kamu menginginkan suasana alami yang lebih nyata, buat ruangan semi terbuka. Rasakan kenyamanan menikmati suasana outdoor meskipun berada di dalam rumah.

Advertisement

5. Berikan sentuhan personal

Ruang bebas stres di rumah

Ruang bebas stres di rumah via https://www.style-files.com

Terakhir, sentuhan personal adalah inti dari semua kenyamanan yang kamu butuhkan. Orang-orang cenderung akan lebih rileks jika berada di lingkungan yang mencerminkan diri mereka. Jadi, apapun yang menggambarkan diri kamu baik berupa buku, game, atau film, jadikan itu sebagai komponen pengisi ruang santai kamu tanpa harus membuatnya terasa sumpek.

Kamu akan merasakan kepuasan pribadi saat melibatkan sentuhan personal dalam ruangan. Entah dekorasi yang keren maupun norak sekalipun, jangan pernah ragu memasang aksesoris kesukaanmu untuk mendukung efek anti-stres. Tanpa disadari, bahkan memberikan efek memotivasi, lho. Yuk, segera dipasang, dan rasakan perbedaannya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan

CLOSE