Sudah bukan rahasia umum lagi jika HIKING adalah salah satu kegiatan traveling yang sangat menyenangkan.

Ia menantang juga menawarkan pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Seperti punya pesona magis yang akan membuat nyali dan semangat kalian terpanggil untuk terus naik, naik, dan naik lagi. Ia seperti suatu mistikal yang selalu cantik dari jauh, namun akan mematikan bila dekat. Selalu mampu untuk menjerat langkah manusia untuk tenggelam dalam pesonanya.

Maka, akan amat keliru jika kalian berpikir untuk sampai ke puncak gunung hanya untuk pamer keindahan. Atau unjuk kegagahan diri. Karena sejatinya, gunung tidak diciptakan untuk memuaskan ego kita. Ia diciptakan untuk membuat kita merunduk dan merendahkan hati. Maka, jangan kau sepelekan persiapan-persiapan matang untuk sampai kesana. Aku akan bagikan beberapa hal yang dapat dijadikan tips untuk kalian para pemula atau kalaupun tidak semoga saja bisa bermanfaat. Agar hiking kalian bisa seru dan jauh dari kata “Menakutkan”.

Agar tidak mengalami hal yang sama seperti yang aku dan temen-temenku rasakan dulu. Jadi tips nya, tolong jangan LUPAKAN:

1. Persiapkan peralatan tenda selengkap mungkin

Tenda di bawah seribu bintang via http://www.google.com

Tenda adalah sesuatu yang amat penting jika kalian ingin HIKING. Yaiya kalau ga tidur di tenda ya tidur dimana lagi HAHA. Di mes? Di Hotel? Yakan enggak! Jadi, segala perlengkapan tenda, persiapkan dengan baik. Jangan ada yang ketinggalan. Jangan. Pengalaman dulu, aku sama 5 temanku yang lain kelupaan bawa “Pacak” bukan *pacar loh ya* hehe. Jadi pacak itu untuk nancepin tenda ketanah supaya bisa lebih kuat tuh tenda. Supaya ga gampang roboh. Karna kalau sampai kelupaan dan ternyata kalian ketemu hujan dipuncak…… Hajab lah kalian! Tenda kalian akan peot dan bahayanya lagi bakal KEBANJIRAN. Periksa tendamu ya guys sebelum pergi HIKING.

2. Persiapkan obat-obatan selengkap mungkin

Obat-obatan untuk dibawa saat mendaki via https://www.google.com

Yang satu ini jangan disepelekan.

Advertisement

Walaupun kalian mungkin adalah orang-orang kuat dari rayuan mantan ngajak balikan *eh tapi kita tetap tidak akan bisa menebak apa yang akan terjadi disana. Gimana kalau kalian ketemu hujan disana? Atau pas angin kenceng? Gunung itu dingin lho. *sedingin sikap doi* hehe.

Tapi seriusan, itu perlu banget. Kalau keadaan seperti itu datang meghampiri kalian, kalian gak akan sanggup menahankan sakit dipuncak sana. Nahankan sakit sampai pagi di gunung? Plis guys kalian bukan Batman,ya. Maka jangan lupa dibawa obat sakit perut, obat pusing, obat demam atau yang lain lain lah. Pengalaman juga, waktu hiking setahun lalu, kami gak bawa persiapan obat sama sekali. Karena waktu HIKING pertama everything is okey. Jadilah kami harus ngetuk-ngetuk tenda sekitar untuk minta obat. Karna kondisi badanku dan temenku udah mau tumbang banget. Untung selamet. Huh.

3. Jangan lupa bawa plastik untuk membungkus tas dan baju kalian.

Carrier Bagus via https://www.google.com

Jangan sampai kelupaan, karna kaya yang aku bilang semisal ketemu hujan dan peralatan kalian ada yang enggak lengkap, bisa –bisa semua isi tas kalian itu BASAH semua! Makanya jangan lupa tas nya diselimuti. Kalian bisa beli di toko alat-alat untuk Hiking. Dan bawa juga plastic untuk membungkus baju baju kalian didalam tas. Lagi, lagi pengalaman, kami kelupaan membungkus baju-baju kami didalam pakai plastic. Alhasil, baju buat ganti plus jaket dll nya Basah. Oh, betapa “Menderita.”

4. Jangan ggak makan walau gimana pun keadaan

Advertisement

pendaki.com via https://www.google.com

Kalian butuh sekali asupan makanan agar engga masuk angin saat di atas puncak. Disaat kondisi kalian sedang lemah-lemahnya. Mungkin mual atau pusing, usahakan dan paksakanlah untuk tetap makan. Jangan bahayakan kesehatan kalian diatas puncak. Ikuti nasehat-nasehat teman yang berusaha menjaga. Jangan hanya gunakan ego saja. Walau rasanya tubuh udah ngemalesin banget, atau mood rusak karna kehujanan, atau apalah. Tetap isi perut kalian dengan bekal yang telah kalian abwa dari rumah. Walaupun makanan mungkin udah ga se enak waktu dirumah. Udah dingin bahkan kaya beku ehehe *pengalaman harus tetap di MAKAN!.

5. Jangan lupakan izin orang tua

hipwee.com via https://www.google.com

Ini yang terakhir, dan perlu banget. Ini semua berdasarkan pengalamanku dan temen-temenku waktu HIKING. Sebelum pergi kalian harus izin dan jujur sama orang tua kalau mau selamet disana. Kalau mau HIKING nya aman sentosa. Jangan kaya temenku yang bilangn ke orang tuanya mau kemping dari sekolah. Yang satunya bilang mau nginep di resort Mickey Holiday. Jangan, ya. Katakan sejujurnya. Kalau kalian mau HIKING kesini sama si ini si itu. Berapa hari dan gimana keadaan disana. Kalau ternyata orang tua gak izinin, kalian jangan paksa. Atau bujuk lebih pelan-pelan. Jangan guys, jangan maksa pergi aja. Takutnya kejadian apa-apa disana. Gunung itu alam yang masih lekat sama mistik. Dan kalian harus bener-bener menjaga diri dari ujung kepala sampai ujung kaki.