Sebagian besar orang akan menjawab London, Manchester, atau Liverpool apabila ditanya mau kemana saja jika ke United Kingdom. Memang tidak salah kota-kota tersebut menjadi favorit wisatawan, selain karena arsitekturnya yang menawan, kota-kota tersebut sangat terkenal dengan klub sepakbolanya! Berwisata ke kota-kota yang sudah terkenal tersebut memang menyenangkan, namun lebih menyenangkan lagi kalau kita bisa berkunjung ke salah satu tempat anti-mainstream.

Coba kita sedikit bergeser ke sisi lain United Kingdom. Di wilayah West Yorkshire ada kota bernama Leeds yang perlu kamu tahu. Bagaimana, sih, kota Leeds itu?

1. Kota Pelajarnya Inggris

Parkinson Building

Parkinson Building via https://www.leeds.ac.uk

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di United Kingdom, Leeds bisa menjadi salah satu pilihan. Leeds mendapat julukan sebagai kota pelajar atau kota pendidikan. Sesuai julukannya sebagai kota pelajar, banyak mahasiswa yang belajar di kota ini tak terkecuali mahasiswa Indonesia.

Banyak mahasiswa yang menempuh pendidikan di Leeds karena terkenal dengan murahnya biaya hidup di kota tersebut. Selain itu, Leeds dikenal dengan kotanya yang tenang sehingga kondusif sebagai tempat untuk belajar. Yaa, serupa Yogyakarta jika di Indonesia! Universitas yang terkenal di Leeds yaitu University of Leeds dan Leeds Breckett University.

2. Leeds Juga Punya Klub Sepakbola, lho!

Elland Road Stadium

Elland Road Stadium via http://ppi-leeds.com

Advertisement

Bagi pecinta sepakbola sejati, Leeds United tidaklah asing di telinga. Leeds United merupakan tim sepakbola yang berlaga di Liga Championship. Tim ini adalah salah satu rival terbesar Manchester United tahun 60-70an. Tentunya tim ini punya stadion sendiri yaitu Elland Road Stadium. Stadion ini didirikan pada tahun 1897 dan memiliki kapasitas yang cukup besar, yaitu sekitar 39.460. Kamu bisa tour berkeliling Elland Road Stadium dan membeli pernak-perniknya. Sayang sekali jika dilewatkan bagi kamu para pecinta sepakbola!

3. Wisata Sejarah? Banyak

Royal Armouries Museum

Royal Armouries Museum via https://media-cdn.tripadvisor.com

Leeds merupakan salah satu pusat sejarah di Inggris. Leeds mempunyai Leeds Civic Trust yang berfungsi untuk menjaga dan melestarikan peninggalan kuno di Leeds. Jadi, bagi kamu yang suka berwisata sejarah, kamu nggak akan kehabisan tempat, deh! Lebih serunya lagi, beberapa museum tidak dikenakan biaya masuk. Mana aja, sih? Yuk, kita intip!


  1. Royal Armouries Museum. Jadi, di museum ini kamu akan melihat senjata yang digunakan saat peperangan zaman dahulu dan lengkap dengan kostumnya. Museum ini buka setiap hari, kok. Takut buat masuk museum dengan nama Royal ini? Nggak usah khawatir, tidak ada biaya yang diperlukan untuk memasuki museum ini alias GRATIS! Seneng nggak, tuh?

  2. Leeds City Museum. Kira-kira apa yang ada di dalam Leeds City Museum ya? Di museum ini disuguhkan sejarah dari Leeds, beberapa fosil binatang dan mumi asli! Masih nanya biaya masuk? Gratis~

  3. Kirkstall Abbey. Kirkstall Abbey merupakan reruntuhan bangunan biara peninggalan Inggris di abad pertengahan. Reruntuhan bangunan ini termasuk bangunan antik, loh. Meskipun berbentuk reruntuhan, tapi tetap cantik untuk foto. Kirkstall Abbey dibuka setiap hari kecuali hari Senin. Ini juga free. Enak banget nggak, sih?

  4. Leeds Art Gallery. Di dalam Leeds Art Gallery ini kalian bisa benda-benda seni seperti lukisan, pahatan, dan artefak. Biaya masuk? GRATIS!

4. Wisata Alam? Walah, tinggal pilih!

Chevin Forest Park

Chevin Forest Park via http://www.picturesofengland.com

Advertisement

Ingin lebih bersantai dan menyatu dengan alam? Tenang! Leeds punya taman-taman yang menarik untuk dikunjungi. Kira-kira ada apa aja, ya?


  1. Roundhay Park. Sering liat taman luas di film-film luar negeri? Kayaknya seneng ya bisa main-main di taman luas? Nah, kalau kamu ke Leeds sempatkanlah ke taman ini. Roundhay Park itu taman luas yang punya berbagai macam spot seperti kafe, danau, taman kupu-kupu dan mansion house. Taman ini cocok dinikmati segala usia!

  2. Otley Chevin Forest Park. Bagi kalian yang ingin menjelajah alam liar tapi masih ingin aman, ya tempat ini jawabannya! Seperti namanya, tempat ini adalah hutan tetapi masih dalam batas yang aman untuk dinikmati.

  3. Temple Newsam. Jangan bayangin candi yang kayak di Indonesia ya. Ini beda. Tempat ini berupa bangunan kuno dan terdapat taman luas di sekitarnya.

  4. Leeds and Liverpool Canal. Tempat ini berupa kanal yang menghubungkan antara Leeds dengan Liverpool. Kalian bisa menyusuri tepi kanal ini dengan berjalan kaki atau menyewa perahu yang tersedia.

5. Carnivals

Leeds West Indian Carnival

Leeds West Indian Carnival via http://www.leedscarnival.co.uk

Setiap tahun, biasanya pada bulan Agustus, Leeds mengadakan Leeds West Indian Carnival. Acara ini seperti karnival pada umumnya dengan mengenakan kostum yang ditentukan dan diikuti oleh suku Indian barat. Wajib nih untuk kalian yang datang ke Leeds sekitar bulan Agustus.

6. Ingin Berbelanja? Ada!

City Centre, Leeds

City Centre, Leeds via https://i.ytimg.com

Setiap berkunjung ke suatu tempat, pasti ada satu waktu untuk singgah atau sekedar lewat di pusat kota. Terlebih bagi kamu yang senang berbelanja, pusat kota bagaikan surga dunia. Betul atau benar? Nah, saat di Leeds kamu juga bisa menuntaskan hasrat belanja kamu di City Center. City Center ini mengusung konsep terbuka atau outdoor dan memiliki kawasan pejalan kaki yang lebar. Di City Center ini kamu dapat menemukan banyak toko retail. Apotek, supermarket, barang-barang branded, pasar tradisional, berbagai tempat makan yang enak semua dapat dikunjungi di City Center ini!

Kalau City Center konsepnya outdoor, ada juga nih pusat perbelanjaan buat kamu yang lebih suka di dalam ruangan atau indoor, Pusat perbelanjaan indoor yang terkenal di Leeds yaitu Victoria Gate dan Trinity Gate. Victoria Gate merupakan pusat perbelanjaan indoor terbaru di Leeds, sedangkan Trinity Gate merupakan pusat perbelanjaan indoor terbesar di Leeds.

7. Jangan Bingung Transportasi!

Nggak usah deh bingung soal transportasi yang harus digunakan untuk menjelajahi Leeds. Leeds itu meskipun kota yang tenang, tapi salah satu stasiunnya merupakan stasiun tersibuk di luar kota London, lho. Ingin naik bus? Ada kok! Malah bus jadi moda transportasi utama di Leeds.

Oh, iya! Kalau ke Leeds, jangan lupa foto di depan Town Hall ya! Itu landmark-nya Leeds, lho. Jadi, apalagi yang bikin kamu mikir dua kali untuk pergi ke Leeds?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya