Menilisik Indahnya Pesona Puncak-Puncak yang Ada di Gunung Muria

Puncak-puncak indah di Gunung Muria

Gunung Muria merupakan pegunungan yang berada di wilayah utara Jawa Tengah bagian timur, yang masuk ke dalam wilayah Kudus. Nama Gunung Muria dan daerah Kudus ini berdasarkan nama Bukit Moria dan Kota Al-Qudus di Yerusalem. Selain hal itu Gunung Muria juga merupakn tempat peninggalan Wali Songo yang terkenal di tanah Jawa. lebih tepatnya pesanggrahan di kawasan puncak Gunung Muria, yang merupakan tempat Sunan Muria untuk menyebarkan agama islm di tanah jawa. Selain itu Gunung Muria memiliki banyak sekali puncak yang sangat indah dan sangat memanjakan mata. Sangat diajukan untuk para pendaki yang suka akan keindahan alam dan bentangan pegunungan yang terbentang luas. Inilah puncak-puncak yang ada di Gunung Muria:

1. Puncak Natas Angin

Jalur Naga Puncak Natas Angin

Jalur Naga Puncak Natas Angin via http://aminstarboy.blogspot.com

Advertisement

Puncak Natas Angin merupakan salah satu puncak yang ada di Gunung Muria, puncak ini berada di daerah Desa Rahtawu, Kec. Gebog, Kab. Kudus. Puncak ini memiliki ketinggian 1700 MDPL. Untuk menuju ke jalur pendakian, kita akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah, dan perjalanan menuju desa Rahtawu juga memakan waktu lumayan, jarak dari pusat kota Kudus sampai Desa Rahtuwu sendiri berjarak 20 km. Sesampainya di Desa Rahtawu terdapat penitipan motor dan tempat untuk persinggahan sementara sebelum memulai tracking ke puncak. 

Untuk menuju ke puncak terdapat 4 pos dan nantinya ada lokasi untuk para pendaki eristirahat. lokasi tersebut adalah pertapaan Eyang Abiyoso atau sering juga disebut dengan Puncak Abiyoso. Di lokasi ini biasanya digunakan untuk beristirahat atau pendirian tenda para pendaki. Setelah dari lokasi tersebut, kita akan disuguhkan 2 jalur menuju ke Puncak Natas Angin yitu Jalur Bebek atau Jalur Naga. Jika bagi para pendaki suka tantangan yang ekstrim sangat dianjurkan untuk lewat Jalur Naga yang menyuguhkan jalur yang sangat Ekstrim 

2. Puncak 29 (Songolikur)

Puncak Songolikur

Puncak Songolikur via http://alatmendaki.com

Puncak Songolikur atau juga disebut Puncak Saptorenggo, juga berada di Desa Rahtawu dengan memiliki ketinggian 1602 MDPL. Puncak ini juga termasuk destinasi favorit bagi para pendaki serta puncak ini juga sering menjadi temoat tujuan bagi orang-orang pelaku spiritual terutama pada saat bula muharam atau bulan sura. Untuk jalur pendakiannya terdapat dua jalur yaitu yaitu dari esa Rahtawu dan dari Desa Tempur. Puncak Songolikir memiliki 4 pos selama perjalanannya, dan tempat nya pun sudah sangat cukup untuk beristirahat dan juga sduah ada warung yang buka sehingga bisa untuk mengisi perut dan mengisi tenaga juga.

Advertisement

3. Puncak Argowiloso

Puncak Argowiloso

Puncak Argowiloso via http://alba-wlc.blogspot.com

Puncak Argowiloso ini memiliki ketinggian 1553 MDPL, Puncak ini juga tidak kalah dengan dua puncak lainnya. selain menyuguhkan pemandangan yang indah, puncak ini bisa menjadi destinasi bagi para pendaki pemula karena ketinggian yang cukup rendah. Jika beruntung pemandangan akan sangat indah, namun jika tidak beruntung maka hanya bisa melihat gumpalan awan yang terbentang. Untuk jalur pendakiannya agak sedikit susah karena melewati beberapa jalan yang notabene akar-akar dari pohon yang ada disana. 

4. Puncak Abiyoso

Pertapaan Eyang Abiyoso

Pertapaan Eyang Abiyoso via https://sekepingkaca.wordpress.com

Puncak Abiyoso ini juga sering diseput tempat Pertapaan dari Eyang Abiyoso. Lokasi dari tempat ini sejalur dengan Puncak Natas Angin. Seringkali lokasi ini menjadi tempat peristirahatan para endaki jika mau naik ke Puncak Natas Angin. Di lokasi ini juga terdapat warung yang buka 24 jam, dan terdapat juga puncak bayangan disana. 

5. Puncak Argo Jembangan

Advertisement
Puncak Punuk Sapi

Puncak Punuk Sapi via http://ikilodotcom.blogspot.com

Puncak Argo Jembangan atau sering disebut dengan Puncak Punuk Sapi ini memiliki beberapa rute jalur yaitu bisa dilalu dari arah Colo kemudia Desa Japan, namun jika lewat jalur ini kemungkinan sangat sulit dari medan nya. adapun jalur lainnya yitu melewati Kec. Gembong Pati demudian melewati Desa Domo Klakah Kasian kemudian lanjut ke Desa Tunggul Wulung. Jika melewati jalur yang kedua nantinya akan melewati perkebunan kopi. Diatas puncak Gunung Argo Jembangan ini tidak terlalu luas, mungkin hanya 150 meter persegi. Yang ada hanya suara gemuruh angin yang berhembus dengan kuat. 

Itulah beberapa puncak yang ada di Gunung Muria. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk mendaki gunung. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hanya seorang yang berkeinginan menu;lis dengan baik dan benar

CLOSE