Bukan Bulan Desember yang merupakan akhir tahun, bukan juga Bulan Februari yang merupakan bulan kasih sayang, Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam dari penjuru dunia adalah Bulan Ramadhan. Bulan penuh kesucian di mana kita bisa memperbaiki diri dan menghapus segala dosa yang telah kita lakukan. Pada bulan itu, kita semua diwajibkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh.

Ada banyak sekali hal-hal unik dan dirindukan yang hanya terjadi saat bulan Ramadhan salah satunya adalah pada waktu Sahur. Meskipun untuk bangun kita seperti terpaksa dan penuh perjuangan untuk makan di waktu yang sedang nikmat nikmatnya untuk tidur, tapi tak bisa dipungkiri bahwa nuansa pada saat malam sahur bersama keluarga itu sangat menyenangkan.

Namun terlepas dari hal itu, masalah susahnya bangun pada jam-jam sahur tentu menjadi salah satu hambatan kita untuk berpuasa, tak jarang banyak orang yang mengalami gagal melaksanakan ibadah puasa karena malamnya ketiduran, apalagi buat kamu yang merupakan anak rantau, pasti sangat sulit deh menjalani Bulan Ramdhan tanpa keluarga.

Namun itu tidak akan lagi terjadi kalau kamu menerapkan 5 tips seperti di bawah ini agar kamu bisa bangun sahur tepat waktu dan Bulan Ramadhan kamu pun makin menyenangkan, jadi nggak ada lagi cerita kalau kamu gagal puasa karena ketiduran ya, rasanya tak pantas untuk kamu yang sudah dewasa?

1. Demi pahala yang melimpah di Bulan Ramadhan, NIAT lah untuk bangun waktu sahur.

niat dulu...

niat dulu… via http://jamdigitalmasjid.id

Sebelum mencoba tips ini itu, pastikan dulu kalau kamu benar benar punya niat untuk bangun di waktu sahur. Kalau niat kamu sudah menggebu-gebu, dijamin bangun jam berapapun bukan lagi masalah. Contoh saja saat kamu akan menonton siaran langsung pertandingan sepak bola, kenapa kamu bisa bangun dan melek pada jam jam dinihari padahal pada hari biasa tidak?

Advertisement

Ya itu karena kamu sudah punya niat kalau kamu memang akan bangun jam tertentu, ini sama saja seperti saat akan sahur, niatlah dengan sungguh sungguh kalau kamu benar benar akan bangun pada waktu dinihari untuk melakukan sahur dan menjalani puasa.

2. Saat berbuka, jangan balas dendam karena seharian menahan lapar dengan makan berlebihan.

hindari makan berlebih saat berbuka

hindari makan berlebih saat berbuka via http://kompas.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau mayoritas orang yang berpuasa, pasti akan melampiaskan kesabarannya menahan rasa lapar selama hampir seharian dengan makan begitu banyak makanan pada saat malam hari tepatnya berbuka puasa, bahkan tak jarang banyak juga orang yang terus makan selama waktu buka sampai sebelum sahur lagi.

Hal tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan dan Islam juga kan tidak suka sesuatu yang berlebihan kan? Dan yang tak kalah penting, dengan menghindari makan berlebihan pada saat buka puasa, ini akan membuat kamu jadi lebih mudah untuk bangun pada waktu sahur.

3. Saat siang hari, sempatkan tidur sebentar walau hanya 30 Menit sekalipun.

Sempatkan Tidur siang

Sempatkan Tidur siang via http://hipwee.com

Advertisement

Tips yang selanjutnya agar bisa bangun sahur tepat waktu adalah dengan menyempatkan tidur siang paling tidak 30 menit dalam sehari. Hal tersebut penting sekali karena dengan tidur siang walau sebentar, itu akan dapat menjaga badan kamu bugar sepanjang waktu sehingga akan lebih mudah bangun pada saat akan sahur.

Apalagi bagi kamu yang aktivitasnya padat dan melelahkan saat siang hari. Tapi ingat, jangan terlalu lama juga tidur di siang hari karena itu justru akan membuat kamu susah tidur pada malamnya.

4. Siapkan handuk dingin di sebelah tempat tidur dan gunakan saat baru bangun.

Siapkan handuk dingin

Siapkan handuk dingin via https://www.hipwee.com

Pasti kamu sering dong sudah bangun tapi ketiduran lagi? Bahkan kamu belum sempat beranjak dari tempat tidur dan kamu sudah tertidur lagi, hal ini disebabkan karena mata kamu masih belum mau terbuka dan salah satu untuk mengatasi maslaah seperti ini adalah dengan menyiapkan handuk yang dibasahi air dingin lalu tempel ke mata kamu, dengan begini, kamu akan lebih mudah bangun pada waktu sahur.

5. Pasang alarm dengan nada panggilan masuk dan letakkan HP di luar jangkauan tempat tidur

Pasang Alarm

Pasang Alarm via http://hipwee.com

Tips unik terakhir agar bisa lebih mudah bangun adalah dengan menggunakan alarm Handphone tapi dengan nada panggilan masuk, dengan ini, kamu bakal merasa lebih peka dan tergiat untuk bangun poda saat itu juga. Kalau perlu, buat volume nada alarm lebih keras lagi. Dan yang sangat penting, letakkan HP kamu jauh dari jangkauan kamu saat di tempat tidur, bisa di meja atau di tempat yang nggak bisa kamu pegang saat sedang tiduran, hal ini karena biasanya orang akan mematikan alarm-nya saat berbunyi, kan percuma?

Solusinya adalah dengan menjauhkan hp dari jangkauan kita saat tidur, dijamin kita akan beranjak untuk bangun apalagi kalau suaranya keras.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya