Negara-negara di Britain terkenal sebagai tempat bagi banyak restoran terbaik dunia. Memang kuliner disini bukan merupakan makanan yang kaya rasa jika dibandingkan dengan makanan asia yang full bumbu. Tapi julukan comfort food bagi olahan disini pasti akan membuat kita penasaran untuk segera mencicipinya.

Buat kamu yang selama ini cuma mengenal fish and chips dan english full breakfast saja sebagai makanan asli sana, yuk simak beberapa ulasan mengenai makanan khas Britain lainnya untuk memperkaya khasanah kita tentang kudapan khas negeri ini.

1. Menikmati senja di London makin perfect ditemani eccles cake dan secangkir teh hangat

Mungkin sudah ada yang familiar dengan nama cake satu ini? Cake ini ada sejak akhir abad ke 18, toko eccles cake pertama kali dibuka pada tahun 1796 di seberang gereja St. Mary. Seperti namanya, eccles cake berasal dari daerah Eccles di Lanshire. Cake ini biasanya dihidangkan di festival-festival keagamaan ataupun upacara sakral.

Bentuk cake bulat, perpaduan rasa manis dan masam segar merupakan kekhasan dari kue berisi kismis yang dibalut puff pastry kemudian ditaburi gula di atasnya sebagai finishing garnish. Cake ini akan sempurna terhidang dengan secangkir teh sembari menikmati senja. Meskipun resep cake ini sempat pernah terlupakan, namun kemudian muncul kembali dan kini pabrik pengolahannya bisa didapati di pinggiran Kota Manchester, berjarak tak jauh dari daerah eccles cake ini lahir. Kunjunganmu ke Britain akan makin lengkap dengan menyantap cake ini bersama secangkir teh di sore hari.

2. Icip-icip cream soup asal Skotlandia, cullen skink

Advertisement

Penggemar cream soup akan dimanjakan lidahnya dengan olahan khas Daerah Cullen, Skotlandia ini, cullen skink atau biasa juga disebut dengan "The Smoky Soup of Scotland". Main ingredients dari cullen skink adalah ikan haddock asap dan juga kentang. Konon, pada awalnya sup ini berbahan dasar irisan daging sapi asap, namun karena harga daging yang mahal pada waktu itu, muncul kreatifitas pengolahnya untuk menggantinya dengan ikan haddock asap yang di daerah Cullen sangat melimpah ketersediaannya. Oh, ya sup ini cocok sekali dinikmati saat cuaca dingin. Penasaran kan dengan rasanya ?

3. Steak and Kidney Pie, makan steak sekaligus pie

Menyantap steak sekaligus pie

Menyantap steak sekaligus pie via https://www.lecreuset.co.za

Siapa pecinta steak? Pernah coba makan steak sekaligus juga pie? Nah coba deh steak satu ini. Britania raya merupakan salah satu negeri yang terkenal dengan olahan pie nya diseantero bumi. Kepopuleran pie di sana ditandai dengan adanya perhelatan rutin bertemakan pie, seperti British pie week dan juga British pie award.

Olahan pie di sinipun beraneka ragam, steak and kidney pie merupakan salah satu makanan tradisionalnya yang sejak abad ke 19 dinobatkan sebagai makanan khas nasional di Britain. Komposisinya bisa banget bikin kenyang nih. Potongan daging dan ginjal sapi yang disirami dengan brown sauce yang dibungkus dengan pastry kemudian dipanggang. Buat penggemar steak bisa banget coba makan steak dengan style lain dari pada yang lain ini.

4. Bebas pilih toping sesuai selera nih buat yang mau menyantap yorkshire pudding

Bisa ditambah toping sesuai selera

Bisa ditambah toping sesuai selera via https://recipethis.com

Advertisement

Jangan bayangkan dulu jika ini sejenis dessert yang rasanya manis. Meskipun namanya puding, tapi sebenarnya makanan ini bukan puding loh. Kalau dilihat justru mirip kue basah. Resepnya pertama kali muncul di tahun 1737 dan dipublish pada sebuah buku yang berjudul ‘The Whole Duty of a Woman’, namun pada waktu itu, olahan ini belum memiliki nama yorkshire pudding, baru kemudian di tahun 1747, Hannah Glasse mengolah resep yang sama dan dipublish pada bukunya ‘Art of Cookery’ dan diberi sebutan sebagai yorkshire pudding.

Bahan dasarnya cukup sederhana, tepung, telur, susu atau air. Toping dari yorkshire puding juga bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya. Yorkshire puding biasanya mudah ditemukan saat Sunday roast atau hidangan panganan tradisional di hari Minggu. Saat ini makin banyak muncul variasi yang lebih kreatif lagi dalam pengolahan yorkshire pudding, salah satu yang terkenal antara lain adalah ‘Toad in the Hole’, sosis yang dimasak dalam yorkshire puding berukuran besar dan disajikan dengan saus bawang. Nah, yang berkesempatan ke Britain, boleh loh icip-icip hidangan satu ini.

5. Scotch Egg, hidangan praktis untuk dibawa berlibur

Praktis dan bergizi

Praktis dan bergizi via https://www.nerdswithknives.com

Kuliner yang berasal dari Skotlandia ini merupakan olahan telur rebus yang dilapisi dengan daging ataupun kornet dan tepung roti kemudian digoreng atau dipanggang, wah, kaya protein banget, nih. Scotch egg pada mulanya merupakan perwujudan dari ide untuk membuat makanan yang praktis dibawa berpergian. Pada tahun 1738, terinspirasi oleh nargisi kofta (sejenis baso dari daerah Balkan) kemudian muncul ide untuk menumbuk daging dan melapisinya pada telur rebus. Nah, sampai sekarang bagi penduduk sana, scoctch egg selalu jadi list wajib bekal yang dibawa untuk pergi berlibur atau piknik. Tertarik mau menikmati makanan ini?

6. Cuaca dingin dan perut lapar akan terselamatkan oleh lanchashire hotpot

Menu simpel dan murah

Menu simpel dan murah via https://www.bbcgoodfood.com

Dish yang satu ini spesial dari daerah Lanchasire di barat laut Inggris. Di negara asalnya, lanchashire hotpot merupakan menu wajib untuk dihidangkan di acara pesta. Pada awalnya makanan ini muncul pada tahun 1795 dari sepucuk surat ‘Annals of agriculture’, yang menggambarkan sajian ini adalah kue untuk orang miskin, karena berisikan hanya remah sisa daging sapi atau domba dengan kentang yang hanya dibumbui garam dan lada. Resepnya kemudian ditulis ulang pada buku kumpulan resep ‘The English cookery book’ yang ditulis oleh J.H. Walsh pada tahun 1859.

Makanan satu ini termasuk simpel dalam proses pengolahannya dan terkenal murah. Menu lanchashire hotpot dihidangkan dalam sebuah hotpot berisi daging (pada umumnya yang digunakan adalah daging domba), bawang merah, dan kentang yang dipotong-potong tipis, kemudian dimasak selama semalaman dengan api kecil. Kalau cuaca di sana sedang dingin, cocok ya sepertinya menyantap hidangan ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya