Mantan oh mantan, kepikiran mulu enggak bisa move on baru aja putus, eh dia sudah ada gandengan, aku kapan? Pernah nggak sih kepikiran kayak begini?

Kita udah merdeka 73 tahun masih mau aja galau. Sekarang era milenial yang syarat akan kompetisi dan juga keahlian. Kalau masih stagnan,  kamu bakal ketinggalan zaman. By the way dengan akselerasi yang baru, kamu bisa menjadi pemuda milenial yang kaya akan wawasan dengan bangkit pemikiran. Bangkit pemikiran itu apa ya?

Yuk simak poin-poin tips and trik agar kamu bangkit secara pemikiran dan bisa move on.

1. Merubah Pola Kebiasaan Hidup Dimulai dari Hal yang Kecil

Allah SWT berfiman: "Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang mengubahnya"(QS. Ar-Ra’d ayat 11)

Advertisement

Inspirasi dalam Al-qur’an membuat hati kita sejuk, seperti yang dijelaskan dalam qur’an tersebut, bahwa perubahan itu harus dimulai dalam diri. Untuk sesuatu yang baru kita harus berani mengubah pola kebiasaan.

Simple aja kok, misal menanam tanaman hijau, semakin rajin membaca atau berolahraga. Kegiatan sederhana semacam ini bisa membuat kamu bangkit secara pemikiran. Mendorong kamu untuk semangat meraih sesuatu akan mengalihkan kamu tentang sosok mantan.

2. Teman-Teman Shalih atau Shalihah Mendorong Kita Untuk Bangkit

Era digital saat ini pemuda sudah tidak sedikit lagi untuk menghadiri pengajian Islam, sekarang sudah banyak ustadz-ustadz gaul yang mencerahkan sekaligus mencerdaskan. Sekeliling kita akan tersuasanakan dengan teman-teman yang shalih-shalihah, hal ini akan membuat kamu berpikir mustanir atau berpikir cemerlang.

Advertisement

Makin alim, santun dan berakhlaqul karimah. Ini kunci bangkitnya pemikiran peduli betul untuk sungguh-sungguh memaknai kehidupan. Meskipun akan ada yang mencibir perubahanmu, tapi jangan khawatir teman-teman yang shalih-shalihah ini akan ada disampingmu.

3. Senang Untuk Berbagi Kebaikan

Coba perhatikan lagi sekelilingmu jika kamu masih juga belum move on, perhatikan orang-orang yang tidak se-beruntung dirimu. Merdeka tapi belum peka juga dengan lingkungan, menimbulkan sikap cuek pada dirimu.

Segeralah kamu berbenah, banyak yang membutuhkan uluran tanganmu. Ada sejumlah oramg yang hidup dalam kesederhanaan dan jauh dari sifat foya-foya, menyadarkanmu kalau kamu harus bangkit dan pantang menyerah.

4. Optimis dalam Berbagai Hal

Sikap optimis akan semakin tumbuh dengan berpikir positif, punya tujuan akan kemana hati baru selanjutnya berlabuh membuat hati kamu merdeka dan bahagia. Percayalah akan ada hal baik, jika kamu terus optimis. Pikiran akan menentukan mood kamu, maka berpikir positif akan mengobati luka lamamu.

Bangkit dalam mengarungi resiko yang lebih menantang lagi dan tidak terjebak dalam keputusasaan akan membuatmu bermetamorfosa sebagai pribadi yang punya prinsip "pemuda keren nggak gampang mewek"

5. Tentukan Visi Besarmu

Motivasi terbesar seseorang itu adalah dorongan dari manusia itu sendiri. Begitula kata motivato-motivator terkenal. Tiap-tiap kita adalah motivator diri. Jika punya visi misi yang besar akan membuatmu fokus untuk kamu tuju.

Pastinya bangkit dalam memikirkan masa depanmu yang lebih cerah. Bukan kah perjuangan pahlawan kita belum usai? Mari teruskan perjuangannya dengan sungguh-sungguh meraih cita-cita.

Nah, itulah sekilas tentang bangkit untuk beralih memikirkan sosok mantan. Untuk itu #MerdekaTapi terbayang oleh mantan, mari bung rebut kembali eh maksudnya bangkit kembali agar kamu banyak menginspirasi bagi banyak orang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya