Membina sebuah hubungan yang dewasa memang susah-susah gampang. Kamu seolah dipaksa untuk selalu mengalahkan ego saat ada pertengkaran atau mati-matian meminta maaf saat pasanganmu marah tak tertahankan. See? Inilah beberapa kenyataan yang harus dihadapi ketika kamu benar-benar mengaku dewasa, pun sedang menjalin hubungan yang dewasa juga.

Namun, nggak banyak orang yang sadar bahwa menjalani sebuah hubungan yang (katanya) dewasa haruslah penuh perjuangan bahkan hingga ‘berdarah-darah’. Termasuk, dengan sukarela meninggalkan perlakuan-perlakuan ini terhadap pasanganmu, SEKARANG JUGA! 

1. Memaksanya untuk ikut ke duniamu, walau sebenarnya dia sudah jelas bilang 'ah, nggak mau!'

jangan maksa ah!

jangan maksa ah! via https://unsplash.com

'Yang, malam ini temenin aku nonton konser jazz, ya…'

'Duh, aku kan udah bilang mau pergi ke ulang tahun temen aku, nggak bisa ikut kamu aku, Yang…'

'Jadi kamu gitu? Giliran aku minta temenin malah nolak semena-mena?'

'Semena-mena apanya, Yang? Kan aku udah bilang sebelumnya soal ini…'

Advertisement

Hari gini masih suka memaksakan kehendak? Duh, kayaknya kamu harus ke psikiater deh! Pahamilah bahwa nggak semuanya harus sesuai dengan keinginanmu, meski dia adalah pasanganmu sendiri. Lagipula, siapa sih kamu sehingga berhak mengatur segala jalan hidupnya? 🙂

2. Membandingkan pacarmu dengan pacar orang lain yang kamu anggap lebih sempurna. Ih, memangnya kamu ini siapa?

kamu pikir lucu?

kamu pikir lucu? via https://unsplash.com

Sama menyebalkannya dengan poin nomor satu, sikap semacam ini menandakan kalau kamu belum mengerti apa arti merdeka dalam sebuah hubungan. Nyatanya, kamu masih saja membandingkan pasanganmu sendiri dengan pasangan orang lain yang notabene nggak memberimu keuntungan apapun. Ya, ini hanya sebatas hobi nggak jelasmu saja, padahal pasanganmu sudah sering sakit hati karenanya.

Ubah sekarang juga perlakuan semacam ini!

3. Selalu menganggap niat seriusnya hanyalah bahan bercandaan. Padahal, kamu nggak tahu kan kalau dia sudah berjuang mati-matian?

hargain dong!

hargain dong! via https://unsplash.com

Advertisement

'Yang, yuk weekend ini ke rumahmu buat ketemu Bapak sama Ibu…'

'Ngapain sih, Yang? Kamu mau minta duit ke mereka?'

Mengenalkan orangtua ke pasanganmu bukanlah hal yang sulit, sebenarnya. Kamu pun jangan berpikir kalau mengenalkan pasanganmu ke orangtua hanya untuk tujuan menikah, tapi lebih dari itu. Jika memang niatan menikahmu masih beberapa tahun lagi, mengenalkan pasangan ke orangtua lebih kepada meminta restu dalam menjalani hubungan yang entah mau bertahan sampai kapan ini. Ya, jangan pernah anggap hal ini lelucon kalau kamu ngaku sudah dewasa!

4. Bagimu, fisik pacarmu adalah yang terpenting, sedangkan segala kebaikan yang telah dia beri cuma angin lalu. Yang begini nih yang harusnya ditenggelamkan Bu Susi!

fisik, fisik dan fisik

fisik, fisik dan fisik via https://unsplash.com

'Yang, dandan doooooong! Aku malu kalau ngajakin kamu tapi polosan gitu!'

'Aku udah pakai lipstik sama bedak lho ini, masih kurang?'

'Pakai kalung atau aksesoris gitu maksudku biar keliahatan lebih wah!'

'Duh, Yang…'

Tahukah kamu apa itu arti 'menerima apa adanya'? Yup, nggak semua orang dewasa memahami hal ini karena hati mereka masih sekeras batu. Sampai-sampai, segala kebaikan pasanganmu tertutupi oleh ambisimu untuk melihat fisiknya yang selalu ahrus sempurna. Terlebih kalau hubunganmu sudah berlangsung bertahun-tahun, perlakuan semacam ini hanya akan MENYESATKAN dan menjauhkanmu dari indahnya bahtera PERNIKAHAN!

5. Daripada terus-menerus memperlakukan pasanganmu dengan bodoh, kenapa kamu nggak ikutan kompetisi menulis yang bisa jadi ajang curhatmu saja? Gampang kok teknisnya!

bit.ly/merdekatapi

bit.ly/merdekatapi via https://www.instagram.com

Kamu nggak mungkin terus-terusan memperlakukan pasanganmu dengan bodoh kan? Nah, kini saatnya kamu membuktikan kalau kamu sudah jadi menjadi pribadi yang MERDEKA tanpa KOMPROMI dengan mengikuti kompetisi menulis #MerdekaTapi dari Hipwee berikut ini. Hadiahnya pun nggak kalah keren dengan kompetisi menulis sebelumnya, yakni sebuah handphone dan voucher belanja bernilai jutaan rupiah!

Info lebih lengkapnya bisa kamu klik di bit.ly/merdekatapi, ya…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya