#MerdekaTapi seringkali manusia terpenjara oleh pikiran mereka sendiri.

Apakah kamu setuju?

Pernahkan kamu mengalaminya?

Hal tersebut timbul karena adanya ketakutan atas kemungkinan–kemungkinan buruk yang secara alamiah muncul dari dalam pikiranmu. Itulah sebabnya kamu takut untuk melakukan segala hal karena takut salah atau disalahkan, takut orang lain berpikiran negatif tentang dirimu dan masih banyak lagi.

Keadaan yang seperti itu sebenarnya justru akan membatasi ruang gerakmu sehingga tidak bisa mengembangkan kualitas diri. Hari demi hari kamu akan semakin diliputi rasa putus asa dan semakin tertekan karena tidak mampu melakukan apa–apa.

Bukankah itu sangat manyakitkan dan merugikan diri sendiri?!

Lalu sebenarnya apa yang salah?

Siapa yang salah?

Cobalah berkaca dan kamu akan temukan jawaban disana.

Yang salah adalah pikiran, prasangka, ketakutan, kemungkinan buruk yang kamu ciptakan sendiri. Dan saatnya kini memotong tali temali yang membelenggumu dan bebaskan dirimu.

1. Saatnya membuang segala pikiran negatif

thinkpositive

thinkpositive via http://google.com

Pikiran adalah sumber dari segala hal yang menstimulus aktivitas dan perilaku seseorang. Saat hal–hal negatif bersarang pada pikiranmu, maka yang keluar dari pikiranmu adalah hal–hal yang negatif juga, termasuk rasa takut yang tidak berkesudahan.

Jangan biarkan pikiran negatif itu menghancurkan dirimu. Kini adalah saatnya untuk mengawali perjalanan barumu dengan pikiran yang positif agar hatimu menjadi lebih tenang. Jangan biarkan rasa takut menggerogoti kepercayaan dirimu. Jangan takut untuk melakukan hal–hal baru dan yakinlah bahwa segala sesuatu akan baik–baik saja.

2. Waktunya membuka diri

membukadiri

membukadiri via https://google.com

Advertisement

Membuka diri adalah langkah awal untuk memerdekakan dirimu dari pikiranmu sendiri. Biarkanlah perubahan terjadi, sebab perubahan akan menjadi bagian dari perjalananmu untuk menemukan tujuan dari hidupmu.

Jangan salah bahwa dengan membuka diri ada banyak sekali manfaat yang akan kamu peroleh antara lain kamu bisa menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain.

3. Menjalin koneksi bermanfaat

makeconnection

makeconnection via http://www.google.com

Membuka diri akan bermanfaat bagi dirimu untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain. Selain itu kamu akan mampu berbaur dan bersosialisasi dengan banyak orang, baik dalam komunitas tertentu atau yang lainnya.

Advertisement

Berada dalam sebuah komunitas atau koneksi pertemanan yang positif akan menstimulasi diri secara tidak langsung untuk bergerak menjadi pribadi yang positif juga.

4. Berani bermimpi

daretodream

daretodream via https://google.com

Pikiran yang bebas membiarkan kita berkelana dalam imaginasi yang tidak terbatas. Beranilah untuk bermimpi dan memulai satu langkah untuk mewujudkannya. Satu langkah itu akan mengantarkan pada langkah–langkah berikutmya yang akan membawamu semakin dekan dengan pencapaian.

Perjalananmu dalam berjuang meraih impian akan membawa pembelajaran tersendiri yang akan membuatmu mengerti bahwa apapun hasilnya kamu telah berhasil menaklukkan rasa takut yang membelenggu dirimu selama ini.

5. Break your limit!

breakthewall

breakthewall via https://png.pngtree.com

Runtuhkan semua dinding yang membelenggumu. Ini adalah titik awalmu untuk keluar darinya dan memulai satu langkah pasti untuk menuju tujuan hidupmu yang baru. Jangan ragu dan yakinlah bahwa setiap proses perjalanan hidupmu akan membawamu pada sebuah prestasi yang kamu perjuangkan selama ini.

Hapuslah rasa takut jika mengalami kegagalan, dan belajarlah bangkit dari kegagalan itu untuk menemukan keberanian berjuang lagi hingga tujuanmu tercapai.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya