Saat ini, merdeka memiliki arti yang luas. Bukan hanya bebas dari segala bentuk penjajahan, namun juga bebas mengekspresikan aktivitas yang kamu mau. Namun, bagaimana jika kebebasan berekspresi itu terhambat karena kondisi fisik yang tidak fit?

Untuk bisa merdeka menentukan segala keinginan dan mengekspresikan diri, tentu seseorang harus memiliki tubuh yang sehat. Tubuh sehat dapat ditandai dengan badan yang fit, terhindar dari ancaman penyakit, serta pikiran yang positif yang memiliki misi jauh ke depan. Seperti pepatah Romawi bilang, Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

Lalu, apa sih, yang bisa dilakukan untuk merengkuh kemerdekaan diri itu?

1. Perhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh

Perhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuh

Perhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuh via http://pixabay.com

Di zaman serba moderen dan cepat ini, tak dapat dipungkiri konsumen cukup sulit untuk menjamin asupan makanan menyehatkan yang masuk ke dalam tubuh. Maka tak heran kian beragam jenis penyakit bermunculan.

Salah satu tips untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah menghindari junk food dan memilih untuk memasak sendiri sebagai konsumsi sehari-hari. Tetap utamakan pilih sayur dan buah, ya. Dengan masak sendiri, kamu bisa menakar mana bumbu dan bahan yang sehat dan mana yang bukan.

2. Sempatkan berolahraga

Olahraga dapat memperbaiki mood dan membuat tubuh tetap fit

Olahraga dapat memperbaiki mood dan membuat tubuh tetap fit via http://pixabay.com

Advertisement

Sebagian besar dari kita malas berolahraga karena merasa tidak ada waktu. Padahal, jika mau memprioritaskan olahraga sebagai salah satu kebutuhan, lama-lama kamu akan terbiasa.

Menjamurnya makanan cepat saji serta kemudahan memesan makanan via online yang merajalela, menjadi salah satu faktor orang mager alias malas gerak. Ya gimana, apa-apa serba mudah. Eits, meski demikian, kamu harus tetap berolahraga demi kesehatanmu.

Tipsnya, jika pagi hingga sore habis untuk pekerjaan, bisa kok meluangkan waktu pagi hari sebelum beraktivitas. Lari pagi, misalnya. Atau, mengikuti gym dan senam di sore hari saat semua aktivitas harianmu selesai.

Advertisement

Dengan demikian, beberapa manfaat olahraga akan kamu dapat. Di antaranya membuat mood tetap terjaga, lebih bugar, serta terhindar dari ancaman berbagai penyakit.

3. Hindari konsumsi suplemen penambah energi

Konsumsi infused water

Konsumsi infused water via http://pixabay.com

Dengan dalih ingin tubuh tetap bugar dan fit, kerap kali seseorang mementingkan konsumsi suplemen sebagai penambah energi. Suplemen memang membantu tubuh fit dan bugar kembali. Namun, perlu digarisbawahi bahwa dalam jangka panjang hal ini tidak baik untuk tubuh.

Perlakukan tubuhmu sesuai yang seharusnya. Jika lelah menghampiri, istirahat adalah jawabannya. Bukan memilih konsumsi suplemen penambah energi agar fit kembali.

4. Istirahat yang cukup

Pastikan tubuhmu istirahat cukup agar bugar kembali

Pastikan tubuhmu istirahat cukup agar bugar kembali via http://pixabay.com

Banyak pakar kesehatan berpendapat tentang berapa lama tubuh manusia harusnya beristirahat dalam satu hari. Ada pendapat yang mengatakan 8 jam, 6 jam, ada pula yang mengatakan bahwa angka bukan patokan.

Lamanya kebutuhan istirahat bisa berbeda-beda tiap orang. Yang tepenting bukan berapa lama kamu istirahat. Tapi pastikan tubuhmu istirahat yang berkualitas.

5. Mengembangkan hobi

Menyalurkan hobi dapat mengurasi stres

Menyalurkan hobi dapat mengurasi stres via http://pixabay.com

Melakukan aktivitas bersama orang yang itu-itu saja seringkali membuat pikiranmu stagnan dan kurang berkembang. Untuk itu kamu perlu me-refresh pikiran dengan memperluas jaringan pertemanan. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa hal ini turut menyumbang kesehatan jiwa, lho.

Bergabunglah dengan komunitas sosial atau komunitas yang sesuai dengan hobi yang kamu gemari. Selain urusan pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran, setidaknya hobimu bisa tersalurkan dengan berkegiatan positif bersama komunitas.

Apa hobimu yang bisa membuat penat dan stres memudar? Masak? Traveling? Memancing? Membaca buku? Semua itu bisa kamu lakukan bersama komunitas maupun keluarga tersayang. Yuk segera lakukan.

6. Hindari stres dan pikiran negatif

Bergaul dengan orang-orang

Bergaul dengan orang-orang via http://pixabay.com

Stres bisa terjadi manakala target kerjamu tidak terpenuhi. Bisa juga karena banyaknya tuntutan yang muncul dari lingkungan. Fokus dan buatlah daftar prioritas aktivitas. Sehingga saat target satu selesai, kamu bisa merampungkan target yang lain.

Selain itu, hindari bergaul dengan orang-orang yang membuat sempit pikiranmu. Bergaullah dengan orang-orang yang memiliki aura dan energi yang positif. Sebab energi positif itu menular, lho. Begitu juga dengan energi negatif. Kamu nggak mau kan, kalau energimu habis untuk memikirkan hal-hal yang tidak penting.

7. Perbanyak konsumsi air putih

Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih via http://pixabay.com

Terakhir, pastikan sehari-hari tubuhmu tidak kekurangan cairan, ya. Sebab, di antara bahaya tubuh yang kekurangan cairan adalah mudah lapar, mudah lelah dan marah, kram otot, kurang konsentrasi, hingga sakit kepala. Efek berbahaya adalah munculnya gangguan ginjal. Jangan sampai bahaya itu mengancam hanya karena kamu malas konsumsi air putih.

Agar ginjal dapat menjalankan fungsinya dengan baik, idealnya seseorang minum air putih 2 liter dalam sehari, atau setara dengan 8 gelas.

Itulah 7 tips agar tubuh terhindar dari ancaman berbagai penyakit. Bagaimana bisa merdeka kalau ada banyak penyakit yang mengancam tubuhmu? Yuk, saatnya berubah mulai dari sekarang. #MerdekaTapi

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya